14 Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kecantikan Tubuh

  • Whatsapp
manfaat jeruk nipis untuk kesehatan
Advertisement
Advertisement

Sanepo – Jeruk merupakan suatu buah-buahan yang menyegarkan. Ekstrak dari jeruk nipis ini mempunyai manfaat untuk kecantikan tubuh kita. Tanpa kita sadari banyak kandungan yang dapat merawat kecantikan kita setiap hari.

Jeruk mempunyai rasa asam, besar kecilnya jeruk nipis tergantung dari baik atau tidak nya proses pertumbuhan dari jeruk nipis tersebut. Jika jeruk mampuberkembang dengan baik maka jeruk yang akan dihasilkannya pun akan lebih besar dari pada jeruk yang berkembang secara kurang baik.

Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kecantikan

1. Bahan Untuk Diet

Advertisements

Jeruk nipis memiliki rasa asam dan manis yang alami, tetapi sangat rendah kalori sehingga cocok sebagai minuman untuk mereka yang ingin menurunkan berat badan. Mengandung asam sitrat, jeruk nipis merupakan pembakar lemak yang hebat.

Advertisements

Untuk menurunkan berat badan, konsumsi 1-2 sendok teh madu organik dengan setengah buah jeruk nipis segar. Campurkan ke dalam segelas air hangat. Minum secara teratur di pagi hari saat perut masih kosong untuk mendapatkan hasil maksimal dalam seminggu.

Baca juga: Tidak Hanya Untuk Mata, Manfaat Wortel Untuk Kesehatan

2. Mencegah Rambut Berminyak

Rambut berminyak bikin penampilan jadi lecek dan gak pede. Untuk mengatasinya, kamu hanya perlu satu jeruk nipis ukuran sedang lalu gosokkan pada kulit kepala sebelum keramas. Bilas dan lanjutkan mencuci rambut seperti biasanya.

Iklan

Rambut berminyak disebabkan karena kelenjar minyak yang memproduksi minyak terlalu banyak. Di sinilah manfaat jeruk nipis berperan sebagai penyerap minyak sehingga kulit kepala terasa lebih bersih serta segar.

Advertisements

3. Mengatasi Ketombe

Ekstrak jeruk nipis banyak digunakan untuk mengatasi masalah rambut seperti ketombe dan kerontokan. Caranya cukup mudah, basuhlah rambut dengan air hangat yang sudah dicampur dengan air perasan jeruk nipis.

Diamkan rambut sebentar dan bilas lagi dengan air dingin sampai bersih, dianjurkan untuk membilas rambut dengan sampo yang mengandung jeruk nipis, untuk menambah kesegaran.

Baca juga: 6 Manfaat Jahe Merah yang Tak Terduga Untuk Kesehatan

4. Mencerahkan Rambut

Air jeruk nipis memiliki sifat keringanan alami. Jika ingin warna rambut menjadi lebih cerah tanpa menggunakan bahan kimia, air jeruk nipis bisa menjadi pilihan. Yang perlu dilakukan adalah memberikan air jeruk nipis pada rambut dan duduk di bawah sinar matahari selama satu jam atau mengekspos rambut pada sinar matahari. Kemudian, bilas rambut. Cara ini akan membuat rambut menjadi lebih cerah.

Advertisements
Advertisements

5. Mencerahkan Wajah

Percaya nggak, manfaat jeruk nipis yang ini dijamin membuatmu tak lagi perlu skincare mahal. Caranya gampang banget. Campurkan segelas air hangat (suam-suam kuku) dengan madu dan perasan jeruk nipis. Campuran inilah yang nantinya digunakan untuk mencuci wajah secara rutin setiap pagi.

Iklan
Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kecantikan
Image by congerdesign from Pixabay

6. Membatu Percepat Pertumbuhan Rambut

Jeruk nipis bermanfaat dalam meningkatkan pertumbuhan rambut. Hal ini telah digunakan untuk mengobati kepala yang botak, rambut menipis dan kerontokan rambut masalah untuk usia sekarang. Nutrisi utama yang mendorong pertumbuhan rambut adalah vitamin C, yang hadir dalam jeruk nipis dalam jumlah besar. Air jeruk nipis dapat digunakan untuk mengoptimalkan pertumbuhan rambut.

Baca juga: 13 Manfaat dari Daun Kemangi Yang Jarang di Ketahui

7. Mencegah Jerawat

Munculnya jerawat disebabkan oleh pertumbuhan bakteri yang menyumbat kedalam pori-pori wajah kita. Hal ini dapat kita cegah menggunakan antibiotik. Jeruk nipis merupakan salah satu buah yang yang memiliki kandungan antibiotik secara alami. 

Advertisements

8. Mencegah Pembesaran Pori-Pori Kulit

Astringent sering digunakan dalam kecantikan dan perawatan kulit produk untuk meningkatkan penampilan kulit wajah. Jeruk nipis memiliki sifat astringent dan dapat digunakan untuk mengencangkan pori-pori. Hal ini untuk sementara mengurangi produksi minyak berlebih untuk membuat kulit lebih cerah.

9. Mengeluarkan Sel Kulit yang Mati

Kandungan asam sitrat pada kulit jeruk nipis dapat mengelupas sel-sel kulit mati. Karena manfaat jeruk nipis inilah sering digunakan dalam perawatan kecantikan di spa-spa serta perawatan alami rumahan yang murah meriah namun bermanfaat.

10. Mencegah Flek Hitam

Paparan sinar matahari yang berlebihan dapat menimbulkan flek hitam kulit. Jeruk nipis dapat digunakan untuk menghapus flek ini secara efektif. Yang perlu dilakukan adalah mencampur tepung dengan menambahkan beberapa air jeruk nipis ke dalam campurannya. Oleskan campuran ini secara merata pada kulit dan biarkan hingga kering. Cuci muka dengan air dan keringkan. Perawatan wajah ini harus dilakukan setiap minggu untuk hasil yang lebih baik.

Advertisements
Iklan

11. Membuat Ketiak lebih Cerah

Kamu hanya perlu menyiapkan satu buah jeruk nipis ukuran sedang. Potong menjadi dua bagian lalu gosokkan pada ketiak yang gelap selama 2-3 menit. Biarkan selama 10 menit lalu bilas dengan air sampai bersih. Lakukan perawatan rutin ini selama 3-4 kali dalam seminggu.

12. Mencegah Penuaan Dini

Advertisements

Perkembangan usia dan juga paparan sinar UV matahari, membentuk melanin yang berpengaruh terhadap warna pada kulit. Kemudian akumulasi melanin pada kulit ini, menimbulkan bintik-bintik gelap dan menimbilkan tanda-tanda penuaan. Untuk mendapatkan menfaat jeruk nipis untuk menghambat produksi melanin, dapat dilakukan dengan cara kupas jeruk nipis dan gosok pada kulit atau terapkan masker alami dengan kulit jeruk nipis, yang secara signifikan mengurangi pigmentasi berlebihan.

Baca juga: Manfaat Kopi Hitam Tanpa Gula Bagi Kesehatan

13. Mencegah Kurap dan Panu

Bersihkan segenggam akar landep dan tumbuk halus. Tambahkan air perasan jeruk nipis dan aduk rata. Gosokkan pada bagian kulit yang terkena kurap atau panu. Gunakan perban untuk membalut luka. Gantilah perban 2 kali sehari sampai sembuh.

Advertisements
Advertisements

14. Menambah Stamina Tubuh

Banyak suplement untuk tubuh yang menggunakan vitamin c sebagai bahan utamanya. Vitamin c dipercaya mampu meningkatkan daya imun tubuh. Jeruk nipis merupakan buah yang kaya akan vitamin c, kandungan flavanoid dalam jeruk nipis inilah yang menjadikan jeruk nipis sebagai antioksidan. 

Kandungan Jeruk Nipis

Kandungan dari jeruk nipis ini mengandung banyak vitamin dan mineral dan juga yang lainnya yang menjadi penyebab kenapa jeruk ini bermanfaat. Pada setiap 100gr Jeruk kurang lebih mengandung Kalsium 40 mg, Fosfor 22 mg, Zat besi 1 mg, Vitamin A 0 IU, Vitamin B1 0,04 mg, Vitamin C 27 mg, Lemak 0,1 gram, Karbohidrat 12,3 gram, Energi 37 kkal.

Iklan

Baca juga: Teh dari Bunga Rosella yang Bermanfaat Bagi Kesehatan

Advertisements

Efek Samping Mengkonsumsi Jeruk Nipis

Selain bermanfaat, jeruk nipis ini juga memiliki efek samping terutama bagi mereka yang mempunyai masalah pada pencernaanya. Penderita sakit maag tidak dianjurkan untuk meminum atau mengkonsumsi jeruk terlalu banyak karena kadar asam pada jeruk akan meningkatkan asam lambung pada penderitanya dan akan membuat perut menjadi begah dan sakit.

Kesimpulan

Itulah tadi manfaat jeruk nipis untuk kecantikan tubuh kita, disamping bermanfaat untuk kecantikan, jeruk nipis juga bermanfaat untuk kesehatan kita, perlu di ingat selalu jaga kesehatan saat ingin mengkonsumsi jeruk nipis dan buah buahan lainnya. Apalagi disaat yang seperti ini. Tetap jaga kualitas kesehatan kita. Semoga bermanfaat terimakasih.

Artikel Menarik Lainnya:

Advertisements

Advertisements
Advertisement

Pos terkait

Advertisement

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *