Wow! 6 Manfaat Jahe Merah yang Tak Terduga Untuk Kesehatan

  • Whatsapp
Manfaat Jahe Merah

Bagi ibu-ibu atau siapapun yang suka memasak pasti tidak asing dengan yang namanya jahe, memang manfaat dari jahe merah memanglah sangatlah banyak, selain menjadi bumbu masak bisa juga digunakan sebagai pewarna makanan dan masih banyak lagi.

Jahe merah memiliki warna merah pada bagian tubuh jahe, berbeda dengan jage biasa yang berwarna kuning seperti umumnya, manfaat jahe merah yang cukup baik untuk kesehatan kita mampu membantu kita dalam meningkatkan kualitas kesehatan, apa lagi di masa yang seperti ini.

Jahe merah yang biasanya ditemukan di dapur kita, ketika diekstrak menawarkan banyak manfaat kesehatan. Jahe merah baik untuk mengobati gejala-gejala gangguan pencernaan seperti ketidaknyamanan dibagian perut, seperti kembung, mulas dan mual. Jahe juga dapat meredakan nyeri otot, mengurangi demam, mencegah atau mengobati flu dan sakit tenggorokan.

advertisement

Manfaat Jahe Merah

1. Meningkatkan Performa Pria

Jahe mengandung antioksidan dan memiliki aktivitas androgenik. Sehingga, dalam beberapa penelitian ditemukan bahwa jahe dapat meningkatkan jumlah hormon testosteron sehingga dapat meningkatkan performa pria.

Baca juga: 13 Manfaat dari Daun Kemangi Yang Jarang di Ketahui

2. Mencegah Kolesterol Tinggi dan Jantung

Konsumsi jahe merah secara teratur terbukti mengurangi kadar kolesterol dan trigliserida yang menjadi penyebab penyakit jantung. Karena itu, jahe merah bisa digunakan sebagai suplemen harian dengan sejumlah manfaatnya.

3. Meredakan Nyeri Otot akibat Peradangan

Berbagai kandungan dalam jahe dapat bertindak sebagai antiperadangan sehingga dapat membantu Anda dalam melawan peradangan akut maupun kronis. Komponen aktif dalam jahe, seperti gingerol, gingerdione, dan zingeron dapat menghambat enzim siklooksigenase dan lipoksigenase. Sehingga dapat menurunkan leukotrien dan prostaglandin sebagai pemicu peradangan. Jahe merah juga mengandung oleoresin yang lebih tinggi dari jahe lainnya, di mana oleoresin juga dapat bekerja sebagai antiperadangan.

advertisement

4. Penambah Nafsu Makan dan Menyehatkan Lambung

Jahe merah bermanfaat menghilangkan gas tambahan di saluran usus yang membantu mengatasi mual selama kehamilan dan kemoterapi. Maka dari itu, jahe merah bisa meningkatkan nafsu makan.

Ekstrak minyak jahe merah dapat melindungi sistem pencernaan Anda dari bakteri, sehingga mencegah Anda dari masalah pencernaan, seperti sakit perut. Agen antibakteri yang ada dalam jahe dapat melawan bakteri jahat, seperti Escherichia coli, Salmonella enteriditis, dan  Staphylococcus aureus.

5. Menambah Imun Tubuh

Ekstral jahe merah bisa mencegah dan membunuh bakteri berbahaya dalam tubuh, sehingga sistem kekebalan tubuh akan jauh lebih kuat. Seperti kita ketahui bahwa antioksidan bermanfaat untuk melindungi sel-sel dari kerusakan yang disebabkan radikal bebas. Terlalu sering terpapar radikal bebas dapat menimbulkan berbagai penyakit, termasuk penuaan dini, rambut rontok, katarak, penyakit kardiovaskular, rheumatoid arthritis, dan kanker.

advertisement

6. Membantu Pengobatan Batuk

Secara tradisional, khasiat jahe merah sudah sejak dahulu digunakan sebagai obat untuk mengatasi batuk dan sakit tenggorokan. Biasanya, jahe ini dikonsumsi dalam bentuk teh. Kandungan jahe merah yang membuatnya berkhasiat adalah sifat jahe merah yang hangat mampu membantu mengatasi batuk dan radang tenggorokan.

Baca juga: Manfaat Kopi Hitam Tanpa Gula Bagi Kesehatan

Kandungan Jahe Merah

Terdapat beberapa kandungan kimia yang ada di dalam jahe merah ini yang sangat bagus untuk kesehatan kita, tentunya dengan cara mengkonsumsi yang benar dan bersih ya. Kandungan itu antara lain terdapat shogaol, gingerol, dan zingeron di dalam jahe merah. Selain itu, menurut Jahemerah.org, anda akan menemukan beberapa senyawa kimia dalam satu rimpang jahe merah. Terdapat capsaicin, farnesene, cineole, caprylic acid, aspartic, linolenic acid, gingerdione, dan masih banyak lagi senyawa kimia yang terkandung di dalam jahe merah.

Tips Mengkonsumsi Jahe Merah

advertisement

Mirip dengan jahe biasa, Kalian bisa mengonsumsi jahe merah seperti cara-cara pada umumnya. Berikut beberapa tips yang disadur dari laman resmi doktersehat.com bisa Anda terapkan saat akan mengonsumsi jahe merah:

  • Mengonsumsi jahe merah muda secara langsung.
  • Mengonsumsi jahe merah segar yang dihaluskan untuk bumbu masakan maupun bahan utama minuman rempah alami.
  • Memilih jahe merah kering atau bubuk yang telah untuk diseduh atau dibuat campuran minuman.
  • Mengonsumsi minyak jahe merah, dengan takaran dan cara penggunaan yang tepat.
  • Hindari menambahkan banyak gula atau pemanis buatan pada minuman jahe karena bisa mengganggu penyerapan zat antioksidan yang ada pada jahe.

Konsumsi secukupnya, batasi konsumsi jahe paling banyak 1-2 ruas ibu jari atau ½ -1 sendok makanan bubuk jahe merah dalam satu hari.

Artikel Menarik Lainnya:

advertisement

Teh dari Bunga Rosella yang Bermanfaat Bagi Kesehatan
Manfaat Lidah Buaya Untuk Wajah Jika Digunakan Setiap Hari
Manfaat Tak Terduga Baby Oil Untuk Kecantikan
Kenali Bahaya Makan Mie Instan yang Terlalu Sering
Suka Begadang? Simak Bahaya Begadang Bagi Kesehatan
Manfaat Buah Naga Merah Untuk Kesehatan Lambung Kita
10 Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan Kita
10 Manfaat Bunga Mawar Untuk Perawatan Kecantikan

Incoming Search Terms:

manfaat jahe merah dan madu
manfaat jahe merah untuk pria
manfaat jahe merah untuk syaraf
manfaat jahe merah untuk kecantikan
manfaat jahe merah untuk diet
manfaat jahe merah dan gula merah
manfaat jahe merah amh
cara mengkonsumsi jahe merah
manfaat jahe merah untuk kesehatan

advertisement

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *