10 Manfaat Bunga Mawar Untuk Perawatan Kecantikan

  • Whatsapp
Manfaat Bunga Mawar Untuk Kecantikan

Sanepo – Bunga mawar merupakan salah satu bunga yang indah, selain indah, bunga mawar juga mempunyai banyak manfaat untuk kecantikan kita. Meskipun batang dari bunga mawar itu berduri akan tetapi bunga-nya memiliki banyak manfaat.

Selain untuk memberikan hadiah kepada pasangan, tanpa kita sadari manfaat dari bunga mawar ini mampu meningkatkan kualias kesehatan kita secara signifikan. Selain dilihat dari sisi keindahan, kandungan dari bunga mawar ini juga perlu kita ketahui.

Kandungan Kimia Bunga Mawar

Komponen terbanyak dalam mahkota bunga mawar segar antara lan air (83-85%), vitamin, β-karoten, cyanins (antosianin), total gula 8-12%, minyak atsiri sekitar 0,01-1,00% (citronellol, eugenol, asam galat dan linalool). Pigmen antosianin bunga mawar merah mempunyai sifat sinergis dengan asam sitrat, yang terbukti berfungsi sebagai antioksidan

advertisement

Tidak banyak orang tahu beberapa bahan kimia yang terkandung dalam bunga mawar di antaranya tannin, geraniol, nerol, citronellol, asam geranik, terpene, flavonoid, pektin polyphenol, vanillin, karotenoid, stearopten, farnesol, eugenol, feniletilakohol, vitamin B, C, E,dan K.

Manfaat Bunga Mawar untuk Perawatan Kecantikan

Ada beberapa manfaat yang perlu kita ketahui guna untuk merawat kulit dan tubuh kita untuk terus tampil cantik. Beberapa manfaat tersebut sebagai berikut:

1. Mengatasi Mata Lelah

Manfaat bunga mawar yang pertama adalah dapat mengatasi mata lelah atau mata panda. Jika Anda memiliki keluhan pada mata, seperti misalnya mata lelah, Anda dapat mencoba air mawar sebagai solusinya. Caranya pun sederhana. Anda hanya perlu mengompres bagian mata dengan kapas yang sudah dibasahi air mawar, lalu diamkan selama sekitar 20 menit.

advertisement

2. Mengatasi Masalah Kewanitaan

Halangan merupakan masalah bulanan pada setiap wanita. Memang tidak semua wanita mengalami nyeri pada masa halangan. Namun, sebagian lagi selalu merasakan nyeri berlebihan dan tidak tertahankan setiap masa halangan. Bahkan, rasa sakit tersebut sulit diatasi.

Nah, kalau kalian selalu merasakan nyeri dan sakit saat halangan, kamu bisa menggunakan bunga mawar sebagai salah satu alternatif pilihan untuk mengurangi nyeri tersebut. Caranya cukup mudah, kamu bisa menyiapkan beberapa kuntum bunga mawar, cuci hingga bersih, lalu seduh dengan air panas. Setelah itu, saring dan ambil air tersebut untuk diminum dua kali sehari.

3. Mencerahkan Wajah

Manfaat bunga mawar yang ketiga adalah dapat mencerahkan kulit pada wajah. Kandungan vitamin A dan E pada mawar dapat membantu eksfoliasi di kulit wajah. Ditambah dengan sifat antioksidan dari air mawar yang dipercaya mampu memperkuat sel-sel kulit dan meregenerasi jaringan kulit.

advertisement

4. Menghilangkan Bekas Jerawat

Jerawat merupakan permasalahan yang sangat menyebalkan. Oleh karena itu, bunga mawar memiliki kandungan dan manfaat yang bisa menghilangkan jerawat dan bekasnya berkat kandungan anti bakterial properties yang dapat membatu melawan bakteri penyebab jerawat. Apalagi untuk jerawat yang lagi meradang, bunga mawar ini bisa membantu mengatasinya. Untuk mengatasi jerawat, kamu bisa membasuh atau membilas wajah dengan menggunakan air mawar secara rutin di pagi hari.

5. Mengobati Peradangan pada Kulit

Manfaat bunga mawar yang kelima adalah mampu meredakan peradangan pada kulit. Perasan dari bunga mawar memiliki kandungan polifenol dan flavonoid. Dua senyawa ini memiliki sifat antioksidan dan antiradang yang diketahui dapat mengurangi peradangan pada kulit. Sehingga dipercaya dapat meredakan gejala penyakit eksim dan rosacea.

Caranya, kalian bisa mengoleskan kapas yang sudah dibahasi air mawar pada area kulit yang bermasalah. kalian akan mendapatkan manfaat ini tidak hanya pada kulit wajah saja, tapi kulit bagian lainnya juga.

Bacaan Lainnya
advertisement

6. Mengurangi Rasa Stress

Manfaat Bunga Mawar

Tidak hanya air dan juga kandungannya saja yang banyak manfaat, akan tapi aroma bunga mawar juga ternyata membawa efek relaksasi yang menenangkan pikiran. Oleh karena itu, untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik serta maksimal, kalian bisa menambahkan aroma bunga mawar ke dalam ruangan tidur ataupun tempat-tempat favoritmu di rumah. Kalau tubuh kalian selalu dalam keadaan rileks, pasti kamu juga akan selalu mempunyai mood yang bagus bukan.

7. Mencegah Terjadinya Penuaan Dini

Manfaat bunga mawar yang ketujuh yaitu bisa mencegah terjadinya penuaan dini. Efek ini bisa didapat dari ekstrak air mawar, karena terdapat kandungan antioksidan dan zat pelembap yang ada di dalam air mawar. Suatu penelitian menjelaskan bahwa ekstrak air mawar dapat menghambat penuaan dini dengan cara mengurangi munculnya garis halus dan kerutan di wajah.

Antioksidan yang ada pada air mawar dipercaya memiliki efek untuk menangkal radikal bebas dan menghambat kerusakan kulit yang nantinya mengakibatkan kulit menjadi lebih cepat tua dan keriput.

advertisement

8. Menghilangkan Bau pada Mulut

Untuk kalian yang bermasalah pada bau mulut, sepertinya kalian bisa mencoba manfaat dari bunga mawar untuk menghilangkan permasalahan tersebut. Kalian bisa menghilangkan bau mulut dengan cara menggunakan beberapa kelopak bunga mawar ke dalam gelas berisikan air mineral yang sudah diberikan gula. Setelah didiamkan semalaman, gunakanlah air tersebut untuk berkumur di pagi hari. Kalau kamu mencoba hal tersebut secara rutin, masalah bau mulut kalian pun bisa terselesaikan.

9. Menghambat Pertumbuhan jerawat

Selain menghilangkan jerawat serta bekas jerawat, Ekstrak bunga mawar ini juga mampu menghambat serta mencegah pertumbuhan jerawat. Air mawar juga memiliki kandungan antiseptik dan antibakteri yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri yang menyebabkan jerawat, untuk merasakan manfaat bunga mawar ini, kalian bisa menggunakan air mawar sebagai toner ketika pagi dan malam hari, terutama setelah wajah dibersihkan. Caranya dengan membasahi kapas dengan air mawar lalu usapkan ke seluruh bagian wajah.

10. Melembabkan Kulit Kering

Manfaat dari bunga mawar yang terakhir adalah merawat kelembapan kulit. Kulit adalah jaringan terluar dalam tubuh yang berfungsi untuk menjalani berbagai macam tugas. Nah, mawar memiliki ekstrak yang berkhasiat untuk merawat kelembapan kulit dengan menjaga PH-nya agar tetap normal dan menjaga kandungan kadar minyak agar tidak berlebihan.

advertisement

Selain itu, air mawar pun juga berkhasiat untuk mencerahkan kulit karena memiliki kandungan vitamin A dan E yang berfungsi untuk pengelupasan sel kulit mati sehingga kulitmu akan terus beregenerasi.

Kesimpulan

Bunga Mawar memang memiliki banyak manfaat disamping itu, keindahan juga merupakan manfaat yang banyak sekali orang-orang manfaatkan, enah sebagai hiasan rumah, hadiah kepada orang spesial ataupun yang lainnya. Manfaatkan sesuatu yang ada di sekitarmu dengan ilmu pengetahuan, semoga bermanfaat. Terimakasih.

advertisement

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *