8+ Manfaat dan Batasan Konsumsi telur Asin Pada Ibu Hamil

  • Whatsapp
Manfaat telur Asin Pada Ibu Hamil
Advertisement
Advertisement

Ibu hamil memang perlu banyak mengkonsumsi makan-makanan yang lebih bergizi dari pada sebelum hamil, karena nutrisi yang di serap oleh ibu hamil akan dibagi dengan janin yang berada dalam kandungannya.

Banyak sekali mitos yang beredar bahwa jika ibu hamil meng-konsumsi telur asin akan menjadikan anaknya nanti saat lahir akan amis, itu 100% adalah mitos, justru kebalikan dari itu, ibu hamil dianjurkan untuk mengkonsumsi telur asin namun dibatasi setiap harinya.

Advertisements

Batasi Konsumsi Telur Asin

Disetiap kelebihan pasti ada kekurangan, sama halnya dengan telur asin. Di samping manfaatnya yang baik untuk kesehatan tubuh terutama ibu hamil, jika telur asin ini dikonsumsi terlalu banyak akan menimbulkan beberapa masalah kesehatan.

Advertisements

Kadar natrium yang tinggi membuat telur asin ini harus dibatasi dalam mengkonsumsinya. Menurut WHO natrium yang dibutuhkan tubuh setiap harinya hanyalah sekitar 5 gram natrium, sedangkan kadar natrium yang berada dalam telur asin sebesar 10 gram, jadi makanlah telur asin separuhnya saja.

Manfaat Telur Asin untuk Ibu Hamil

Kita kembali lagi membahas manfaat dari Telur Asin ini, banyak sekali manfaat dari telur asin ini, kandungan telur asin ini sendiri terdiri dari 137 kalori, 10,23 gr lemak, 656 mg kolesterol, 165 mg potasium, 1,08 gr karbohidrat, 9,51 gr protein dan 10 gr Natrium. Oleh karena itu berikut manfaat dari Telur Asin:

1. Sumber Vitamin E

Telur asin kaya akan vitamin E. Yang berarti, kandungan dari vitamin E ini dapat membantu merawat kesehatan kulit sang Ibu yang rentan mengalami masalah seperti kulit kering, stretch mark, dan jerawat.

Bacaan Lainnya

Advertisements

Hal tersebut bisa dicegah jika Ibu mampu mencukupi tubuh dengan asupan vitamin E. Sehingga telur asin sangat cocok untuk dikonsumsi oleh Ibu hamil. Selain itu, kandungan vitamin E di dalam telur asin juga berfungsi sebagai antioksidan tubuh, manfaat vitamin E untuk ibu hamil juga dapat membantu memperlancar pencernaan dan metabolisme tubuh.

2. Mencegah Anemia pada Ibu Hamil

Hal ini dikarenakan kandungan zat besi yang ada di dalam telur asin yang bisa membantu tubuh dari ibu hamil untuk mengatasi gejala-gejala anemia seperti pusing, mual dan kelelahan.

Selain itu, fungsi lain zat besi ialah membentuk sel darah merah (eritrosit) dan mengatarkan oksigen ke seluruh tubuh. Dengan jumlah sel darah merah yang cukup maka suplai oksigen dan nutrisi ke janin juga akan lancar, sehingga pertumbuhan dan perkembangan janin pun akan optimal.

Advertisements
Advertisements

3. Sumber Vitamin A

Selain kaya akan Vitamin E, telur asin juga kaya akan vitamin A dari sekian banyak vitamin yang ada. Sehingga sangat baik apabila dikonsumsi oleh Ibu hamil dikarenakan kandungan vitamin A untuk ibu hamil tersebut dapat menjaga pertumbuhan visual (penglihatan/mata) pada janin, menangkal toksin serta radikal bebas, memperkuat kesehatan tulang dan gigi, dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Tentunya daya tahan tubuh yang dimaksud ini ialah daya tahan tubuh sang Ibu dari berbagai serangan patogen yang menyebabkan timbulnya penyakit yang nantinya juga akan mempengaruhi kesehatan janin (bayi) dalam kandungannya.

4. Membantu Perkembangan Bayi

Dikarenakan terdapat asam amino yang terkandung dalam protein yang berfungsi sebagai pembangun sel-sel tubuh, penting bagi ibu hamil mengonsumsi makanan kaya protein untuk membantu bayi berkembang secara normal.

Advertisements

5. Kandungan Zat Besi yang Tinggi

Manfaat telur Asin
8+ Manfaat dan Batasan Konsumsi telur Asin Pada Ibu Hamil

Khususnya pada Ibu hamil yang mengalami anemia juga dapat diobati dengan cara mengkonsumsi telur asin secara rutin dan teratur. Hal ini dikarenakan manfaat telur asin bagi ibu hamil memiliki kandungan manfaat zat besi untuk ibu hamil yang tinggi dan berfungsi sebagai pemberi energi.

6. Kadar Kalsium yang Tinggi

Advertisements

Telur asin juga memiliki kandungan kalsium yang tinggi. Sehingga sangat baik dikonsumsi bagi Ibu hamil agar kebutuhan kalsium dalam tubuh terpenuhi dan terhindar dari resiko terkena osteoporosis (tulang keropos), pegal-pegal maupun nyeri pinggang.

Selain itu juga, selama masa kehamilan kandungan kalsium bagi ibu hamil juga dibutuhkan 1,5 kali lipat lebih banyak daripada wanita biasa (tidak hamil). Yang mana asupan kalsium yang lebih banyak tersebut digunakan untuk membantu pertumbuhan tulang dan sistem sendi pada bayi di dalam kandungannya.

Advertisements

7. Mengandung Omega 3

Kandungan asam lemak omega 3 ini berasal dari banyaknya kandungan protein yang terdapat di dalam telur asin. Yang mana bisa peningkatan kemampuan kognitif (kecerdasan) yang berasal dari terpenuhinya kandungan asam lemak omega 3 ini.

8. Sumber Protein

Seperti yang telah   diketahui oleh banyak orang bahwa telur merupakan makanan dengan kandungan utamanya berupa protein, termasuk telur asin. Bahkan dibandingkan dengan manfaat susu bagi ibu hamil dan daging merah, telur asin masih jauh lebih kaya akan kandungan proteinnya, yaitu sekitar 1,5 kali lipat lebih tinggi.

Kandungan protein yang kaya tersebut dapat dimanfaatkan untuk mencegah bayi terlahir dengan kondisi berat badan rendah, membantu pembentukan organ dan pertumbuhannya, mencegah spina bifida (cacat tabung saraf), dan juga merangsang perkembangan kognitif (kecerdasan) janin sejak berada dalam kandungan.

Advertisements
Advertisements

Kesimpulan

Manfaat dari telur asin memang sangat banyak terutama bagi ibu hamil, mitos dari ibu hamil yang memakan telur asin maka anaknya akan amis saat lahir segera lupakan dan buat calon anak anda lahir dengan normal dan gizi yang tercukupi. Konsumsi Telur Asin sewajarnya, 1 atau 1/2 saja sudah cukup untuk perhari karena kadar narium yang inggi. semoga bermanfaat.

Advertisements
Advertisement

Pos terkait

Advertisement

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *