Teh dari Bunga Rosella yang Bermanfaat Bagi Kesehatan

  • Whatsapp
Manfaat Teh Bunga Rosella Bagi Kesehatan
Advertisement
Advertisement

Teh merupakan minuman yang segar dan menyehatkan, namun apa kalian tahu tentang teh dari bunga rosella?. Manfaat Teh bunga Rosella bagi kesehatan masih banyak yang tidak mengetahui ini, karena teh yang umum adalah dari daun teh hijau.

Banyak sekali jenis teh yang mempunyai manfaat sendiri-sendiri, salah satunya teh dari bunga rosella ini, sebelum kita masuk ke manfaat dari teh bunga rosella ini, mari kita simak dahulu apakah manfaat dari teh yang satu ini.

Advertisements

Kandungan Teh Bunga Rosella

Kandungan dari bunga rosella ini mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan kita, beberapa kandungan dari bunga rosella ini adalah sebagai berikut:

Advertisements

dikutip dari sehatq.com, bunga rosella banyak diolah menjadi teh yang secara alami tidak mengandung kalori dan kafein, seperti teh tradisional pada umumnya. Warna merah pada bunga rosella dipercaya didapat dari kandungan antosianin (senyawa turunan polifenol) yang memang terdapat pada tumbuhan berwarna mencolok.

Selain kandungan di atas, manfaat bukan rosella juga datang karena adanya vitamin dan mineral di dalamnya. Dalam 57 gram bunga rosella terdapat 123 mg kalsium, 0,84 mg zat besi, 6,8 mg vitamin C, 29 mg magnesium, 6,45 g karbohidrat, 21 mg fosfor, 119 mg potasium, 0,016 mg vitamin B2, dan sedikit Vitamin A.

Manfaat Teh Bunga Rosella Bagi Kesehatan

1. Mencegah Terkena Radical Bebas

Teh bunga rosella dipercaya kaya zat antioksidan yang ampuh melawan radikal bebas yang mampu merusak sel-sel tubuh. Bunga Rosella ini juga baik untuk melindungi kulit dan tubuh dari berbagai polutan.

Bacaan Lainnya

Advertisements

2. Menjaga Organ Hati

Salah satu studi yang dilakukan terhadap 19 orang yang mengalami kelebihan berat badan menemukan bahwa mengonsumsi ekstrak bunga rosella selama 12 minggu beruntun dapat meningkatkan fungsi hati. Lebih tepatnya, kandungan dalam bunga rosella dapat memecah lemak pada hati sehingga menurunkan risiko terjadinya gagal hati.

3. Melawan Bakteri dalam Tubuh

Manfaat dari bunga rosella juga ampuh dalam melawan dan mengatasi infeksi yang disebabkan oleh bakteri dalam tubuh. Serangan E. coli yang menyebabkan diare bisa diatasi dengan herbal ini. Termasuk bronkitis, pneumonia, ataupun infeksi saluran kemih.

4. Mencegah Peradangan

Bunga rosella memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Vitamin C yang ada di dalam bunga rosella bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, kandungan vitamin C ini juga bersifat anti bakteri dan anti inflamasi.

Advertisements
Advertisements

Maka dari itu, manfaat dari bunga rosella bisa untuk mengobati beberapa penyakit yang disebabkan karena infeksi bakteri atau adanya peradangan. Bunga rosella bisa meredakan nyeri haid, demma, batuk, pilek, dan lainnya.

5. Mengontrol Tekanan Darah

Senyawa dalam bunga rosella juga berkhasiat mengontrol tekanan darah sistol dan diastol. Riset terhadap 65 orang penderita hipertensi yang minum teh rosella turun tekanan darah sistoliknya dalam 6 minggu.

6. Mengontrol Kolesterol

Manfaat Teh Bunga Rosella Bagi Kesehatan
Teh dari Bunga Rosella yang Bermanfaat Bagi Kesehatan

Konsumsi teh rosella bagus untuk jantung, bukan hanya karena dapat menurunkan tekanan darah, namun juga mampu menstabilkan kolesterol dalam tubuh. Sebuah studi menemukan bahwa meminum teh bunga rosella dapat menaikkan kadar kolesterol baik (HDL) dan menurunkan kolesterol jahat (LDL).

Advertisements

7. Terapi Stres

Advertisements

Bunga rosella ternyata juga memiliki manfaat terhadap kondisi tubuh secara psikis. Manfaat bunga rosella bisa untuk mengurangi rasa cemas dan depresi atau terapi stres karena suatu hal tertentu. Ini dikarenakan rosella mengandung flavonoid.

Flavonoid yang terkandung di dalam bunga rosela memiliki sifat antidepresan. Pengonsumsian bunga rosela baik dalam bentuk teh maupun olahan lainnya bisa membuat Anda merasa lebih tenang dan santai.

8. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Kondisi kesehatan saluran pencernaan sangat memengaruhi kesehatan tubuh secara menyeluruh. Saluran pencernaan yang sehat juga akan membuat tubuh menjadi lebih sehat. Oleh sebab itu, kesehatan saluran pencernaan harus tetap dijaga. Bunga rosella bisa meningkatkan dan menjaga kesehatan saluran pencernaan. Mengkonsumsi bunga rosela bisa melancarkan buang air besar sehingga bisa mengatasi sembelit atau sulit buang air besar.

Advertisements

Kesimpulan

Di Indonesia sendiri rosella sering di jadikan Teh cara pembuatan nya pun tidak sulit. Untuk mendapatkan teh rosela, bunga yang sudah dipetik, dijemur di bawah terik matahari selama 1-2 hari agar memudahkan pemisahan lidah kelopak dengan bijinya.

Kemudian cuci dengan air bersih dan jemur kembali selama 3-5 hari. Remas kelopaknya, jika sudah menjadi bubuk artinya kadar air telah mencapai 4-5%. Seduh 2-3 gram teh rosela dengan air mendidih hingga larut dan air berubah menjadi kemerahan. Untuk diet, penderita batuk, atau diabetes gunakan gula rendah kalori seperti gula jagung.

Semoga Bermanfaat Terimakasih.

Advertisements
Advertisements
Advertisements
Advertisement

Pos terkait

Advertisement

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *