12+ Manfaat Kacang Tanah Rebus Bagi Kesehatan

  • Whatsapp
Manfaat Kacang Tanah Rebus

text-align-justify">Mungkin memang banyak di antara kita yang tidak tahu akan manfaat kacang tanah rebus bagi kesehatan kita semua, tanpa kita sadari kadang kita hanya memandang sisi negatif dari setiap makanan, di samping mempunyai kekurang, makanan seperti kacang tanah juga memiliki banyak manfaat loo.

Kandungan Kacang Tanah

text-align-justify">Apakah anda semua tahu apa saja kandungan dari kacang tanah ini? Jika belum mengetahui, 73Gram Kacang Tanah mengandung :

  • Kalori: 427 kalori
  • Protein: 17,3 gram
  • Serat: 5,9 gram
  • Lemak jenuh: 5 gram
  • Mangan: 76 persen
  • Vitamin B3: 50 persen
  • Magnesium: 32 persen
  • Folat: 27 persen
  • Vitamin E: 25 persen
  • Vitamin B1: 22 persen

text-align-justify">Banyak bukan? Dari setiap kandungan tersebut memiliki manfaat tersendiri yang mungkin belum kita sendiri belum ketahui apa manfaatnya. Maka dari itu kali ini Sanepo.com akan memberikan informasi tentang Manfaat Kacang Tanah yang disarankan untuk direbus karena mengurangi kadar minyak dan menjaga kandungan yang ada didalamnya.

advertisement

Manfaat Kacang Tanah Rebus

Banyak sekali manfaat dari kacang tanah, selain mengandung banyak protein yang akan menambah energi kita, masih banyak lagi manfaat dari kacang tananh ini antara lain:

1. Mengurang Resiko Terkena Batu Empedu

text-align-justify">Study menyebutkan bahwa nutrisi yang terkandung di dalam kacang tanah baik untuk menurunkan risiko terkena penyakit batu empedu. Kacang-kacangan yang satu ini juga bermanfaat mencegah risiko berbagai infeksi pada kantung empedu, hati maupun organ dalam tubuh lainnya.

2. Mencegah Kram pada Penderita Diabetes

text-align-justify">Kacang tanah membantu mencegah kram pada penderita diabet tertuama saat malam hari. Kacang tersebut mengandung mineral dan kaya vitamin B. Di samping itu, khasiatnya juga membantu mengatur gula yang terdapat dalam darah.

advertisement

3. Mencegah Penyakit Kanker

Manfaat Kacang Tanah

text-align-justify">Saat ini, penyakit kanker masih menjadi salah satu penyakit yang paling ditakuti. Untuk mencegah risiko penyakit kanker, pola hidup sehat, olahraga dan istirahat cukup sangat penting untuk dilakukan. Lalu tambahkan untuk mengkonsumsi kacang tanah karena makanan ini mengandung asam p-coumaric yang baik dalam membantu mencegah risiko kanker dan membunuh sel kanker.

4. mengurangi Resiko Serangan jantung

text-align-justify">Kacang tanah ini juga mengandung asam lemak esensial, reservatol, serta banyak kandungan antioksidan lainnya. Guna yang berfungsi untuk mencegah penyakit jantung dan menjaga kerusakan yang di akibatkan oleh radikal bebas.

5. Mengurangi Rasa Stress dan Depresi

text-align-justify">Sebagai salah satu makanan yang mengandung trytophan, kacang tanah dipercaya baik untuk mencegah serta mengatasi stres hingga depresi. Makanan yang gurih ini juga bermanfaat untuk membuat perasaan menjadi lebih bahagia, nyaman dan tenang.

advertisement

6. Meringankan Kembung saat PMS

text-align-justify">Saat terjadi PMS, kebanyakan perempuan pasti mengeluh perut terasa kembung. Pastikan Anda memilih untuk memakan kacang rebus karena kacang rebus mengandung biotin, vitamin B1 dan B6 yang baik.

7. Mencegah Terjadinya Penuaan Dini

text-align-justify">Awet muda memang didambakan semua orang, maka dari itu dengan mengkonsumsi kacang tanah secara rutin setiap hari maka akan mencegah terjadinya penuaan dini. Kandungan vitamin E pada kacang tanah sangat baik membantu mencegah risiko penuaan dini, keriput pada kulit dan kusam. Vitamin B pada kacang tanah bahkan dipercaya membuat kulit lebih bersinar dan awet muda.

8. Mengurangi Resiko Muncul Jerawat

Manfaat Kacang Tanah Rebus Bagi Kesehatan

text-align-justify">Banyak mitos diluar sana bahwa kacang tanah adalah salah satu penyebab munculnya jerawat pada wajah, justru sebaliknya, kacang bagus untuk kulit, sehingga bisa menangkal munculnya jerawat diwajah ataupun ditubuh.

Bacaan Lainnya
advertisement

9. Mengurangi Kadar Gula Darah

text-align-justify">Bagi kalian yang mengalami kenaikan kadar gula darah (hiperglikemia) atau bermasalah dengan gula darah, kacang tanah bisa dimanfaatkan sebagai asupan nutrisi untuk mengurangi kadar gula darah dalam tubuh. Peneliti percaya jika kacang tanah bermanfaat menurunkan gula darah karena mengandung mangan yang bisa menyerap kelebihan kalsium maupun glukosa.

10. Membangun Mood yang Bagus

text-align-justify">Seperti pada poin 5 tadi, selain mengurangi stress dan depresi, kandungan dalam kacang tanah mampu menumbuhkan mood yang baik untuk kita. Kalau sedang galau, obatnya tidak hanya makan cokelat. Kalian bisa makan kacang karena penuh dengan protein. Manfaat yang paling dicari yaitu dapat meningkatkan suasana hati bahagia, sehingga bikin nyaman saat beraktivitas.

11. Membuat Stabil Kolesterol

Kenapa begitu? karena Kacang tangan mengandung mono asam lemak tidak jenuh yang bermanfaat untuk menjaga kestabilan kolesterol. Ini juga bermanfaat mencegah risiko serangan jantung atau penyakit mematikan lainnya.

advertisement

12. Bagus Bagi Janin

text-align-justify">Kacang tanah mengandung sumber probiotik sehingga bagus untuk menjaga bakteri di usus. Khusus ibu hamil, harus makan banyak kacang rebus, karena janin dalam perut juga akan terjaga dari risiko infeksi dan alergi saat lahir kelak.

Kesimpulan

text-align-justify">Kacang memang memiliki banyak manfaat, namun konsumsilah secara wajar dan jangan mengkonsumsinya secara berlebihan. Semua makanan atau apapun yang kita konsumsi tidak baik untuk kesehatan jika kita mengkonsumsinya secara berlebihan. Sekian artikel dari Sanepo.com kali ini, semoga bermanfaat.

advertisement

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *