Tidak Hanya Untuk Mata, Manfaat Wortel Untuk Kesehatan

  • Whatsapp
Manfaat Wortel

text-align-justify">Sanepo – Wortel merupakan sayuran yang sering kita gunakan untuk memasak, selain untuk mata ada banyak manfaat wortel yang baik untuk kesehatan tubuh kita. Wortel memiliki kandungan yang berkhasiat jika kita konsumsi sehari-hari.

text-align-justify">Banyak yang mengkonsumsi wortel secara mentah dan ada juga yang mengkonsumsinya secara matang, jika ditanya sehat mana? dua-duanya baik saja jika diproses secara baik. Jika mau mengkonsumsi secara mental pastikan wortel tercuci secara bersih, dan jika ingin dikonsumsi secara matang, jangan terlalu memasaknya terlalu lama agar kandungan yang ada didalam wortel tidak hilang.

Manfaat Wortel Untuk Kesehatan

1. Mencegah Demensia

text-align-justify">Alzheimer merupakan salah satu jenis dari Demensia, yaitu penyakit yang lebih dikenal dengan pikun, karena penderita alzheimer akan mengalami penurunan fungsi otak yang juga dapat menyebabkan penurunan daya ingat. Mencegah alzheimer dapat dilakukan dengan banyak mengkonsumsi makanan sayur dan buah yang mengandung antioksidan yang tinggi. Dengan mengkonsumsi wortel yang di rebus juga dapat dijadikan salah satu cara pola makan yang dapat mencegah risiko alzheimer, karena wortel rebus memiliki kandungan antioksidan yang tinggi.

2. Bermanfaat Bagi Pencernaan

text-align-justify">Wortel merupakan salah satu sumber serat yang bagus yang membantu dalam mengatur gerakan usus dan membantu pencernaan. Manfaat wortel juga baik untuk mengatasi sembelit dan refluks asam. Selain itu, serat ini membantu menurunkan berat badan dan menghindari meningkatnya kadar gula dalam darah.

Baca juga: 6 Manfaat Jahe Merah yang Tak Terduga Untuk Kesehatan

3. Bagus untuk Kesehatan Kulit

text-align-justify">kenapa bagus untuk kulit? karena kandungan vitamin A yang terdapat pada wortel, terutama pada wortel yang telah direbus, tidak hanya baik untuk kesehatan mata. Ekstrak dari vitamin A dan juga betakaroten dalam wortel rebus dapat menangkal radikal bebas yang dapat menjadikan kulit kusam. Dengan vitamin A dan juga betakaroten dalam wortel rebus, kulit akan terlindungi dan menjadi cerah serta halus.

4. Mengurangi Resiko Stroke

text-align-justify">Menurut sebuah penelitian yang dilakukan di Harvard University, seseorang yang mengonsumsi lebih dari enam wortel seminggu cenderung terhindar dari stroke dibandingkan dengan mereka yang hanya mengonsumsi satu wortel dalam sebulan, atau kurang dari itu.

Manfaat Wortel Untuk Kesehatan

5. Mencegah Kanker Paru-paru

text-align-justify">Peningkatan kadar pada keroten dalam wortel yang direbus sangat berkhasiat untuk mengatasi masalah kanker paru-paru. Peningkatan kadar keroten dengan cara direbus inilah yang dapat membantu menurunkan perkembangan sel kanker dan juga dapat membunuh sel kanker agar tidak berkembang di dalam tubuh.

Baca juga: 13 Manfaat dari Daun Kemangi Yang Jarang di Ketahui

6. Menyehatkan Paru-paru

text-align-justify">Tidak hanya mampu mencegah dan mematikan sel kanker yang terdapat dalam paru-paru, wortel rebus juga dapat membantu mematikan racun dan kotoran di dalam paru-paru. Seperti paru-paru pada orang yang sering terkena polusi udara berlebih yang sangat kotor dan memiliki berbagai kandungan racun di dalamnya, bisa dibersihkan dengan rutin menkonsumsi wortel rebus.

7. Menumbuhkan Rambut

text-align-justify">Manfaat dari mengonsumsi wortel 3 hingga 4 ons jus wortel setiap hari dapat menstimulasi pertumbuhan rambut dan menebalkan rambut kita. Vitamin C dan Vitamin E dalam wortel mampu meningkatkan sirkulasi di kulit kepala, sehingga meningkatkan pertumbuhan rambut dan mencegah penuaan dini pada rambut.

8. Menyehatkan Gigi dan Tulang

text-align-justify">Manfaat wortel berikutnya adalah mampu menyehatkan gigi dan tulang. Wortel memiliki kadungan vitamin K yang cukup tinggi sehingga sayuran yang satu ini bisa membantu menyehatkan gigidan tulang. Wortel juga sangat baik untuk rutin dikonsumsi oleh lansia agar terhindar dari osteoporosis.

9. Sumber Vitamin dan Mineral

text-align-justify">Wortel ini dikenal sebagai sumber vitamin A yang sangat tinggi. Kandungan vitamin A dalam wortel sebesar 12000 Sl. Wortel juga memiliki banyak kandungan zat lain di dalamnya, antara lain kalori, lemak, hidrat arang, kalsium, fosfor, beta karoten, zat besi, vitamin B1 dan vitamin C.

Baca juga: Manfaat Kopi Hitam Tanpa Gula Bagi Kesehatan

10. Baik Vagi Janin

text-align-justify">Khasiat wortel tidak hanya baik untuk mata, ternyata vitamin A yang banyak terkandung dalam wortel juga dapat membantu memperkuat janin. Maka dari itu, ibu hamil sangat disarankan untuk mengonsumsi wortel secara rutin agar kandungannya tetap kuat.

11. Menyehatkan Mata

text-align-justify">Salah satu manfaat wortel bagi kesehatan yang pastinya sudah diketahui oleh banyak orang. Wortel merupakan sayuran yang baik untuk mata. Kandungan karoten dan vitamin A mampu membantu mencegah terjadinya rabun senja dan memperbaiki penglihatan yang lemah.

12. Baik untuk Kesehatan Mulut

text-align-justify">Ternyata bukan hanya mata saja yang mendapat dampak positif dari manfaat wortel dan jus wortel, melainkan juga mulut. Beberapa mineral yang terkandung dalam wortel memiliki sifat antibakterial yang mampu mencegah timbulnya lubang serta kerusakan pada gigi. Tak hanya itu, sayuran yang mengandung riboflavin ini juga dapat membantu menghilangkan plak atau noda pada gigi yang muncul setelah makan.

Baca juga: Teh dari Bunga Rosella yang Bermanfaat Bagi Kesehatan

Kandungan Wortel

text-align-justify">Dikutip dari Wikipedia.org kandungan dari wortel yaitu vitamin A yang baik untuk kesehatan mata. Mengkonsumsi wortel baik untuk penglihatan pada mata, terutama bisa meningkatkan pandangan jarak jauh. Selain vitamin A, wortel juga mengandung vitamin B1, B2, B3, B6, B9, dan C, kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, dan sodium.

Kesimpulan

text-align-justify">Wortelmemanglah mempunyai banyak manfaat untuk tubuh kita jika kita mengkonsumsinya secara rutin, tentunya dengan kebersihan yang terjamin, pastikan wortel yang akan dimasak atau di konsumsi bersih. Jangan masak terlalu lama agar vitamin dan kandungan lainnya dalam wortel tidak terurai. Semoga bermanfaat terimakasih.

Artikel Menarik Lainnya:

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *