Hebat! 13 Manfaat dari Daun Kemangi Yang Jarang di Ketahui

  • Whatsapp
Manfaat dari Daun Kemangi Yang Jarang di Ketahui
Advertisement
Advertisement

Sanepo – Daun kemangi merupakan daun yang biasa digunakan untuk lalapan ataupun bumbu makanan, manfaat dari daun kemangi untuk kesehatan wanita yang jarang diketahui oleh beberapa orang diluar sana membuat daun kemangi ini diabaikan oleh beberapa orang.

Kadang selera yang menentukan orang untuk mengkonsumsi daun kemangi, namun sadar atau tidak manfaat dari daun kemangi ini akan baik untuk kesehatan kita khususnya untuk para wanita.

Advertisements

Apa aja sih kandungan dari daun kemangi ini yang dibilang bermanfaat itu? berikut adalah kandungan dari daun kemangi yang bermanfaat untuk kesehatan kita:

Kandungan Daun Kemangi

Berikut adalah kandungan dari 10ogram daun kemangi antara lain seperti Energi: 22 Kkal, Serat: 1.6 gram, Protein: 3.15 gram, Vitamin B6: 0.155 mikrogram, Vitamin C: 18 miligram, Vitamin E: 0.80 gram, Kalsium: 177 miligram, Zat besi: 3.17 miligram, Fosfor: 56 miligram, Kalium: 295 miligram, Zinc: 0.81 miligram, Karbohidrat: 2.65 gram, Lemak: 0.64 gram, Air: 92.06 gram, Folat: 68 mikrogram

Advertisements

Baca juga: Manfaat Kopi Hitam Tanpa Gula Bagi Kesehatan

Manfaat Daun Kemangi Untuk Kesehatan Wanita

1. Menangkal Virus dan Bakteri

Manfaat dari daun kemangi yang pertama adalah menangkal virus dan infeksi. Telah ditemukan bahwa dalam minyak astiri kemangi, terdapat sifat antimikroba yang berguna untuk melawan berbagai virus, bakteri dan jamur.

Bacaan Lainnya

Advertisement

2. Mengobati Keputihan

Kandungan senyawa eugenol memiliki khasiat yang mengatasi jamur penyebab keputihan. Maka dari itu bagi wanita yang mengalami keputihan tidak usah bingung untuk mengatasinya, cukup dengan mengkonsumsi dun kemangi segar secara rutin.

3. Mengobati Athritis

Arthritis merupakan penyakit yang kerap menjadi penyebab akan cacat fisik. Daun kemangi diketahui mengandung beta-caryophyllene, yang bisa mengobati nyeri yang efektif. Mereka pun menjadi bahan kimia anti-inflamasi yang dapat membantu menenangkan sensasi terbakar pada persendian yang muncul karena arthritis. Suatu penelitian yang diujikan pada tikus membuktikan bahwa, mereka bebas artritis setelah mengkonsumsi daun kemangi secara rutin.

Iklan

4. Memperlancar Pencernaan

Menurut buku Healing foods yang di terbitkan oleh DK publishing, daun kemangi dapat mengoptimalkan proses pencernaan dalam tubuh manusia. Daun kemangi mampu mengurangi rasa kembung dan bahkan bisa membunuh parasit dan cacing di perut. Kandungan dalam daun kemangi juga bisa membantu menyeimbangkan zat asam di dalam tubuh manusia serta dapat menjaga tingkat pH tubuh.

Advertisements

5. Mempercepat Proses Penyembuhan Luka

Manfaat dari Daun Kemangi Yang Jarang di Ketahui
Hebat! 13 Manfaat dari Daun Kemangi Yang Jarang di Ketahui

Daun kemangi mempunyai beberapa sifat seperti, antivirus, antijamur, dan pereda nyeri. Sebab khasiat itulah, daun kemangi sering digunakan untuk mempercepat proses penyembuhan luka dan mencegah timbulnya infeksi pada luka. Namun, sampai sekarang penelitian tentang manfaat daun kemangi untuk penyembuhan luka masih sebatas studi pada hewan. Manfaatnya sebagai obat luka untuk manusia masih diperlukan pengkajian lebih lanjut.

Advertisements

6. Membantu Tulang Berkembang

Dalam masa pertumbuhan, kalsium sangat diperhatikan guna mempercepat pertumbuhan dan menguatkan tulang. Selama ini, mungkin hanya susu yang sering dikonsumsi, namun kandungan kalium dan fosfor pada daun kemangi sangat baik dalam pembentukan tulang. Jika sudah menginjak remaja dan tua, berguna untuk mencegah terjadinya tulang keropos.

Baca juga: Teh dari Bunga Rosella yang Bermanfaat Bagi Kesehatan

6. Mengurangi Depresi dan Stres

Cocok buat kalian yang sering galau, gelisah, depresi dan sebagainya. Manfaat dari daun kemangi yang ke enam adalah membantu melawan depresi yang disebabkan oleh rasa gelisah atau kecemasan di dalam hati. Daun kemangi dapat menjadi antidepressant yang baik dalam fungsi kerja otak. Kandungan daun kemangi mampu merangsang neurotransmitters yang dapat merangsang hormon yang membuat kita merasa senang dan bahagia.

7. Mencegah Pembengkakan dan peradangan

Manfaat daun kemangi yang ada dalam ekstraknya, juga diyakini efektif untuk membantu kurangi peradangan dan pembengkakan di tubuh. Manfaat ini sudah terbukti dari satu penelitian yang menyatakan bahwa mengoleskan ekstrak daun kemangi, dapat membantu mengurangi pembengkakan sampai 73%, pada 24 jam setelah pemakaian. Hal ini disebabkan oleh kandungan beta-caryophyllene pada daun kemangi sebagai agen antiinflamasi.

Advertisements

8. Mencegah Sariawan dan Bibir Pecah-pecah

Jika dibiarkan sariawan akan mengurangi nafsu makan, karena tiap akan mengkonsumsi makanan pasti bibir akan terasa perih. Maka dari itu, gunakan daun kemangi untuk mengatasinya, cukup dengan cara menambahkan daun kemangi sebagai lalapan saat makan.

9. Menyegarkan Kulit

Minyak daun kemangi dipercaya berkhasiat untuk membersihkan kulit dari dalam. Ia menjadi pembersih kulit terbaik dan sangat sesuai bagi mereka pemilik kulit berminyak. Ia pun dapat membantu menyingkirkan minyak dan kotoran yang menyumbat pori-pori.

Iklan

10. Mencegah Panu

Advertisements

Jika memiliki panu di bagian tubuh, daun kemangi bisa dijadikan solusi untuk menghilangkan panu. Haluskan daun kemangi yang sudah dicuci, kemudian tambahkan sedikit kapur sirih, lalu oleskan pada bagian tubuh yang terkena panu.

Baca juga: Manfaat Lidah Buaya Untuk Wajah Jika Digunakan Setiap Hari

11. Mengurangi Resiko Kanker

Penelitian klinis di bidang nutrisi dan kanker menjelaskan bahwa daun kemangi mengandung phytochemical. Kandungan phytochemical mampu membantu tubuh untuk mencegah kanker. Beberapa kanker yang bisa dicegah antara lain, kanker mulut, kanker hati, kanker kulit dan kanker paru, yang disebabkan oleh pengaruh bahan kimia.

Advertisements

12. Membantu Membersihkan Darah Serta Kesehatan Jantung

Daun kemangi dapat membantu membersihkan darah dengan cara melepaskan racun dari dalam tubuh. Daun kemangi juga dapat membantu mengontrol tekanan darah, kandungan antioksidan eugenol dalam kemangi membantu mengurangi kadar kolesterol dan kadar glukosa darah, sehingga mengurangi risiko penyakit jantung.

13. Menambah Kekebalan Tubuh

Daun kemangi mengandung antioksidan yang dapat membantu melawan beberapa penyakit. Kandungan dua antioksidan larut air, yang dikenal dengan sebutan orientin dan viceninare, berfungsi sebagai pelindung sel darah putih dan menjaga kekebalan tubuh. Antioksidan yang terkandung dalam daun kemangi juga dapat melindungi tubuh dari radikal bebas serta menjaga sel DNA.

Advertisements

Kesimpulan

Daun kemangi memang banyak sekali manfaatnya, namun harus tetap di perhatikan tentang kebersihan dari daun tersebut, pasikan saat akan mengkonsumi daun sudah tercuci dengan bersih dan jangan lupa cuci tangan sebelum mengkonsumsi makanan, tetap jaga kesehatan dimasa pandemi dan seterusnya. Semoga sehat terus, semoga bermanfaat!

Artikel Menarik Lainnya:

Advertisements
  1. Kenali Bahaya Makan Mie Instan yang Terlalu Sering
  2. Suka Begadang? Simak Bahaya Begadang Bagi Kesehatan
  3. Manfaat Buah Naga Merah Untuk Kesehatan Lambung Kita
  4. 10 Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan Kita
  5. 10 Manfaat Bunga Mawar Untuk Perawatan Kecantikan
  6. 8+ Manfaat dan Batasan Konsumsi telur Asin Pada Ibu Hamil
  7. 12+ Manfaat Kacang Tanah Rebus Bagi Kesehatan
  8. 12 Manfaat Susu Beruang Bear Brand Bagi Kesehatan Tubuh
  9. Waspada Beberapa Penyakit Akibat Perubahan Iklim

Advertisements
Advertisement

Pos terkait

Advertisement

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *