Suka Begadang? Simak Bahaya Begadang Bagi Kesehatan

  • Whatsapp
Bahaya Begadang
Advertisement
Advertisement

Begadang merupakan hal yang kurang baik untuk kesehatan, bahaya yang ditimbulkan dalam “jangka panjang” juga sangat tidak baik. Kualitas Kesehatan juga akan menurun jika terus-terusan begadang sampai pagi. Tidak ada alasan untuk begadang selama kita bisa disiplin dengan waktu kerja.

Disiplin dalam artian jika waktunya untuk isirahat ya tetap digunakan untuk istirahat meskipun apapun alasanya, bukan berarti dilarang untuk begadang dalam bekerja, namun jika terus-terusan begadang akan menjadi terbiasa dan “menganggap” begadang adalah hal yang biasa.

Advertisements

Bahaya Begadang Bagi Kesehatan

Terdapat banyak resiko dari pada keuntungan jika kita begadang secara terus menerus, entah begadang dengan tujuan bekerja atau malah untuk bermain game online bersama rekan-rekan. Berikut adalah bahaya jika kita terus menerus begadang:

1. Mudah Stress

Begadang akan membuat kita kurang tidur dan ini berpengaruh besar terhadap perasaan dan emosi kita. Orang yang tidur cukup terbukti lebih bahagia dengan pasangannya karena emosinya lebih terkontrol. Dengan emosi yang tidak terkontrol maka akan membuat kita mudah stres dalam menjalani sebuah kehidupan.

Advertisements

2. Muka Pucat dan Muncul Mata Panda

Ciri fisik yang sering muncul dan terlihat jika Anda sering begadang adalah muka kita yang terlihat lebih pucat, tidak cerah, sayu, lelah, serta muncul lingkaran hitam di bawah mata (mata panda). Selain itu, begadang akan menimbulkan serta mempercepat munculnya banyak kerut di sekitar mata.

Menurut penelitian dari Phil Gehrman, PhD, CBSM, yaitu Asisten Profesor Psikiatri dan Direktur Klinis dari Program Behavioral Sleep Medicine Universitas Pennsylvania, Philadelphia mengemukakan bahwa kurang tidur dari enam jam sehari menyebabkan tubuh lebih banyak melepaskan hormon stres dan kortisol.

Bacaan Lainnya

Advertisement

Kortisol dalam jumlah banyak akan berakibat memecah zat kolagen dan protein dalam kulit. Kurang tidur juga berakibat tubuh lebih sedikit mengeluarkan hormon pertumbuhan, padahal hormon tersebut sangat dibutuhkan pada saat masa pertumbuhan. Hormon pertumbuhan hanya diproduksi pada saat tidur dalam keadaan tenang, nyaman dan lelap.

Iklan

3. Kelelahan Pada Siang Hari

Gangguan kesehatan paling nyata terlihat adalah yang kita rasakan jika keseringan begadang adalah insomnia atau susah tidur, hal ini dikarenakan kita sudah terbiasa dengan begadang dan pada waktu malam sering tidak tidur atau kita bisa menjadi susah tidur saat malam karena terbiasa bekerja. Akibatnya, jam tidur Anda pun jadi terganggu sehingga sulit mendapatkan tidur yang berkualitas.

Advertisements

4. Nampak Tua

Kurang tidur di usia muda akan membuat Anda terlihat lebih tua dari usia asli. Karena garis-garis halus, kerutan, warna kulit tidak merata, dan kendurnya kelembaban kulit yang muncul.

Advertisements

5. Pusing Serta Sulit Konsentrasi

Kurang tidur juga menyebabkan hilang fokus dan kurang konsentrasi. Ketika kita bangun dari tidur dimana waktu tidur tersebut kurang dari enam jam, maka kita akan cenderung bangun dalam keadaan pusing dan tidak bersemangat, lesu serta tidak bergairah. Kurang tidur juga menyebabkan Anda lebih sulit berkonsentrasi, akibatnya kita akan menjadi pelupa.

6. Daya Tahan Tubuh yang Menurun

Bahaya Begadang untuk Kesehatan
Suka Begadang? Simak Bahaya Begadang Bagi Kesehatan

Efek samping dari kebiasaan begadang adalah daya tahan tubuh yang menurun. Daya tahan atau sistem imun dan kekebalan tubuh kita. Contoh nyata dari akibat terlalu sering begadang adalah kita lebih mudah terserang flu, demam, batuk, meriang, tidak enak badan, dan lain sebagainya. Itu merupakan contoh untuk penyakit ringan yang bisa dengan mudah menyerang tubuh Anda.

Masih banyak penyakit yang bisa menyerang tubuh kita karena daya tubuh Anda menurun seperti penyakit stroke, gangguan ginjal, hati dan paru-paru, obesitas, hipertensi, dan lain sebagainya. Ketika begadang, tubuh akan diforsir untuk terus beraktifitas atau bekerja sampai larut malam, padahal pada kenyataannya tubuh memerlukan waktu untuk istirahat dan memperbarui sel-sel tubuh serta membuang racun di dalam tubuh. Jika waktu istirahat kita kurang, otomatis kerja tubuh juga tidak sempurna sehingga efek sampingnya adalah daya tahan tubuh Anda menurun.

Advertisements

7. Aktivitas Terhambat Karena Timbul Penyakit

Advertisements

Aktivitas kita akan terhambat karena timbunan penyakit yang disebabkan oleh kebanyakan begadang.  Sebuah studi yang dimuat dalam American Journal of Epidemiology mengungkapan bahwa bekerja lembur, dengan berkurangnya waktu tidur malam, dapat meningkatkan risiko penyakit jantung hingga 80 persen. Dari hasil studi tersebut ditemukan bahwa karyawan yang sering bekerja lembur secara signifikan rentan menderita serangan jantung dan stroke. 

Penyebabnya dikatakan oleh Ketua studi Dr Marianna Virtanen, peneliti dari Institut Finlandia, bahwa orang yang sering lembur rentan mengalami kombinasi stres, tekanan darah tinggi, dan diet tidak sehat, sehingga akhirnya menyebabkan masalah jantung.

Iklan

8. Pola Makan Tidak Akan Teratur

Pola hidup begadang akan membuat kita selalu melewatkan sarapan karena kita akan bangun siang keesokan harinya. Akibatnya pola makan Anda menjadi terganggu dan tidak teratur. Untuk menerapkan pola hidup sehat, salah satunya adalah menjaga pola makan secara teratur dan bergizi. Dengan begadang, pola makan kita akan jauh dari kata teratur dan sehat.

9. Gampang Ngantuk

Kebiasaan begadang berakibat kita mudah mengantuk keesokan harinya ketika kita bangun tidur. Hal ini terjadi akibat kebutuhan istirahat kita belum tercukupi secara baik dan sempurna selama tujuh sampai delapan jam sehari. Kurang tidur sangat berbahaya bagi kesehatan kita. Implikasi yang sering terjadi adalah mudah mengantuk ketika siang hari. Mengantuk sangat berbahaya ketika kita sedang mengemudi.

Advertisements

10. Hormon Pertumbuhan akan Menurun

Hormon-hormon pertumbuhan paling banyak diproduksi pada saat kita tidur. Pada saat kita tidur, tubuh memperbarui dan memperbaiki sel-sel tubuh kita yang rusak. Jika kita membiasakan budaya hidup begadang, kita telah memangkas waktu tidur kita sehingga secara otomatis kita juga membatasi produksi hormon yang dihasilkan tubuh kita. Banyak efek negatif yang timbul akibat tubuh kekurangan hormon.

Kesimpulan

Begadang memang susah kita tinggalkan, apalagi kita sudah terbiasa, atau pula kita ada kerjaan yang tidak bisa di toleransi, namun kesehatan adalah yang utama, begadang akan membuat kesehatan tidak bagus, maka dari itu sebisa mungkin jauhi begadang agar bisa beraktivitas seperti orang normal lainnya. Semoga bermanfaat. Terimakasih.

Advertisements
Advertisements
Advertisement

Pos terkait

Advertisement

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *