6 Vitamin yang Berperan dalam Mencerahkan Kulit

6 Vitamin yang Berperan dalam Mencerahkan Kulit
6 Vitamin yang Berperan dalam Mencerahkan Kulit

SANEPO – Wajah yang cerah merupakan impian bagi banyak orang. Oleh sebab itu, banyak sekali orang yang mencoba berbagai cara untuk mendapatkan wajah yang cerah, mulai dari mengaplikasikan bahan alami, mengurangi aktivitas di luar ruangan, dan masih banyak lagi.

Namun tahukah Anda, sebenarnya ada beberapa vitamin yang berperan dalam mencerahkan kulit. Apa sajakah jenis-jenis vitamin tersebut?

Yuk kita simak bersama pembahasan lengkap mengenai 6 vitamin yang berperan dalam mencerahkan kulit di bawah ini!

6 Vitamin yang Berperan dalam Mencerahkan Kulit

Vitamin C

Vitamin pertama yang berperan dalam mencerahkan kulit adalah vitamin C. Sejak dahulu, vitamin C memang banyak ditambahkan sebagai kandungan dari produk perawatan kulit wajah atau bahkan suplemen pemutih kulit.

Nutrisi anti-inflamasi dan antioksidan dari vitamin C ini dikenal dapat memperbaiki warna dan tekstur kulit, menghidrasi kulit, dan mengurangi tanda-tanda penuaan.

Menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung vitamin C tidak hanya dapat mencerahkan kulit Anda tetapi juga melindungi dari kerusakan kulit yang disebabkan oleh paparan sinar matahari dan radikal bebas berbahaya.

Vitamin D

Selain dikenal akan manfaatnya dalam menjaga kesehatan tulang, ternyata vitamin D juga memainkan peran integral dalam perlindungan dan peremajaan kulit.

Selain itu, vitamin D juga dapat mencerahkan, meningkatkan sistem kekebalan kulit dan membantu menghancurkan radikal bebas yang dapat menyebabkan penuaan dini

Vitamin E

Vitamin E memang selalu erat kaitannya dengan kesehatan kulit. Hal ini memang benar adanya, karena kandungan vitamin E terbukti dapat membantu membersihkan kulit wajah dengan menghilangkan kotoran dari serta membantu meningkatkan elastisitas kulit.

Selain itu, vitamin E juga berfungsi untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV, menjaga kelembapan, sekaligus mencerahkan kulit kusam.

Vitamin K

Sebenarnya ada banyak manfaat dari vitamin K untuk kulit. Pertama, vitamin K terbukti mampu mencerahkan warna kulit sekitar mata, sehingga masalah mata panda dapat teratasi.

Selain itu, vitamin K juga berguna dalam menjaga elastisitas kulit. Dalam sebuah uji coba yang dilakukan, dapat diketahui bahwa orang-orang yang menggunakan perawatan kulit mengandung vitamin K mengalami peningkatan elastisitas kulit dan pudarnya lingkaran mata hitam dalam waktu tiga minggu.

Selain itu, vitamin K juga dapat mendukung penyembuhan kulit. Penelitian lebih lanjut telah menemukan bahwa vitamin K efektif untuk mempercepat penyembuhan alami dan proses perbaikan pada kulit yang rusak.

Vitamin B Kompleks

Sesuai dengan namanya, vitamin B kompleks merupakan kombinasi dari beberapa jenis vitamin B yang berbeda-beda seperti vitamin B1, B2, B3, B5, B6, B7, B9, dan B12.

Keseluruhan senyawa B kompleks terbukti memberikan banyak manfaat bagi kulit wajah, seperti mengobati kulit merah, teriritasi, berjerawat atau kering, mengatasi munculnya garis-garis halus dan kerutan, membantu memperbaiki warna kulit, membuat kulit lebih bercahaya, menyeimbangkan minyak alami, serta mendukung pertahanan alami kulit.

Selain itu, vitamin B kompleks juga dapat menjaga kulit agar tetap terhidrasi dan kenyal, mengatasi jerawat hormonal dan peradangan, merevitalisasi kulit dari penuaan, meningkatkan pancaran kulit, serta membantu mengurangi bintik hitam pada wajah.

Vitamin A

Selain dikenal dalam menjaga kesehatan mata, ternyata vitamin A juga memiliki manfaat lain yaitu menjaga kesehatan kulit khususnya dalam menghilangkan kerutan, mengencangkan kulit, mengurangi munculnya garis-garis halus, merangsang produksi kolagen, meningkatkan elastisitas kulit, mengurangi hiperpigmentasi dan kerusakan akibat sinar matahari, dan membantu mencegah kerusakan sel, penuaan kulit, dan penyakit kulit.

Tak hanya itu saja, vitamin A juga dapat meningkatkan pergantian sel kulit, mengatasi jerawat, mengecilkan pori-pori, dan menghasilkan warna kulit yang lebih merata secara keseluruhan.

Penutup

Demikianlah tadi telah kami rangkum penjelasan lengkap mengenai ragam vitamin yang berperan dalam mencerahkan kulit.

Sebenarnya, ragam vitamin ini banyak terkandung di berbagai produk perawatan kulit yang dapat dengan mudah ditemukan secara luas.

Oleh sebab itu untuk mendapatkan kulit wajah yang lebih cerah, pilihlah produk perawatan yang mengandung jenis-jenis vitamin di atas.***