Tata Cara & Bacaan Niat Sholat Dhuha Lengkap Dari Awal Sampai Akhir

  • Whatsapp
bacaan sholat dhuha
Advertisement
Advertisement

Sanepo – Kali ini kita akan membahas tentang bacaan sholat dhuha lengkap dari awal sampai dengan akhir, maka dari itu sebelum membahas tentang sholat dhuha ada baiknya silahkan untuk membaca artikel kita sebelumnya di Tata Cara Sholat 5 Waktu Lengkap Dengan Bacaanya.

Memahami Sholat Dhuha memanglah sangat baik dan sangat kita butuhkan, karena ini merupakan sunnah rasul yang sangat dianjurkan untuk dilaksanakan, sholat dhuha dilakukan dari terbitnya fajar hingga sebelum masuk waktu dzuhur. Biasanya dilakukan antara jam 8 pagi sampai dengan jam 11 siang.

Advertisements

Tata Cara dan Bacaan Sholat Dhuha

1. Niat Sholat Dhuha

أُصَلِّيْ سُنَّةَ الضُّحَى رَكْعَتَيْنِ لِلهِ تَعَالَى

“Ushalli sunnatad dhuhā rak‘ataini lillāhi ta‘ālā”.

Advertisements

Artinya: “Aku menyengaja sembahyang sunnah Dhuha dua rakaat karena Allah SWT”.

2. Tata Cara Sholat Dhuha

  • Niat
  • Takbiratul Ikhram, Setelah itu Membaca Do’a Iftitah.
  • Membaca Surat Al-Fatihah.
  • Membaca Surat Ad-Dhuha
  • Ruku’ dengan Tuma’ninah
  • I’tidal dengan Tuma’ninah
  • Sujud dengan Tuma’ninah
  • Duduk di antara dua sujud
  • Sujud ke Dua dengan Tuma’ninah
  • Berdiri (Rakaat kedua)
  • Membaca Surat Al-Fatihah.
  • Membaca Surat As-Syams.
  • Ruku’ dengan Tuma’ninah
  • I’tidal dengan Tuma’ninah
  • Sujud dengan Tuma’ninah
  • Duduk di antara dua sujud
  • Sujud ke Dua dengan Tuma’ninah
  • Tasyahud Akhir
  • Salam
  • Membaca Do’a Setelah Sholat Dhuha.

3. Do’a Setelah Sholat Dhuha

اَللّٰهُمَّ اِنَّ الضُّحَآءَ ضُحَاءُكَ وَالْبَهَاءَ بَهَاءُكَ وَالْجَمَالَ جَمَالُكَ وَالْقُوَّةَ قُوَّتُكَ وَالْقُدْرَةَ قُدْرَتُكَ وَالْعِصْمَةَ عِصْمَتُكَ

Bacaan Lainnya

Advertisement

اَللّٰهُمَّ اِنْ كَانَ رِزْقِى فِى السَّمَآءِ فَأَنْزِلْهُ وَاِنْ كَانَ فِى اْلاَرْضِ فَأَخْرِجْهُ وَاِنْ كَانَ مُعَسَّرًا فَيَسِّرْهُ وَاِنْ كَانَ حَرَامًا فَطَهِّرْهُ وَاِنْ كَانَ بَعِيْدًا فَقَرِّبْهُ بِحَقِّ ضُحَاءِكَ وَبَهَاءِكَ وَجَمَالِكَ وَقُوَّتِكَ وَقُدْرَتِكَ آتِنِىْ مَآاَتَيْتَ عِبَادَكَ الصَّالِحِيْنَ

Iklan

“Allahumma innad-duhaa’a duhaa’uka wal bahaa’a bahaa’auka wal-jamaala jamaaluka wal-quwwata quwwatuka wal-qudrota qudratuka wal-‘ismata ‘ismatuka.”

“Allaahumma in kaana rizqii fis-samaa’i fa anzilhu, wa in kaana fil-ardi fa akhrijhu, wa in kaana mu’assiran fa yassirhu, wa in kaana haraaman fa tahhirhu wa in kaana ba’iidan fa qarribhu bi haqqi duhaa’ika wa bahaa’ika wa jamaalika wa quwwatika wa qudratika, aatinii maa aataita ‘ibaadakash-shalihiin.”

Advertisements

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya waktu Dhuha adalah waktu Dhuha-Mu, keagungan adalah keagungan-Mu, keindahan adalah keindahan-Mu, kekuatan adalah kekuatan-Mu, penjagaan adalah penjagaan-Mu”

“Ya Allah, apabila rezekiku berada di atas langit maka turunkanlah, apabila berada di dalam bumi maka keluarkanlah, apabila sukar mudahkanlah, apabila haram sucikanlah, apabila jauh dekatkanlah dengan kebenaran Dhuha-Mu, kekuasaan-Mu (wahai Tuhanku), datangkanlah padaku apa yang Engkau datangkan kepada hamba-hamba-Mu yang sholeh”

Advertisements

Keutamaan Sholat Dhuha

1. Menghapus Dosa

Sesuai dengan sabda Raulullah SAW:

“Barang siapa yang mengerjakan sholat Dhuha dan mampu menjaganya setiap waktu, niscaya Allah mengampuni dosa-dosanya. Sekalipun dosa-dosanya itu banyak seperti buih di lautan.” (HR Tirmidzi dari Abu Daud Ra)

2. Pahalanya Sama dengan Bersedekah

Sebagaimana Sabda Rasulullah SAW berikut ini:

Advertisements

“Setiap pagi ada kewajiban untuk tiap-tiap persendian bersedekah. Tiap-tiap tasbih itu sedekah, tiap-tiap tahlil sedekah, tiap-tiap tahmid sedekah, tiap-tiap takbir sedekah, tiap-tiap menganjurkan kebaikan sedekah, tiap-tiap mencegah yang mungkar sedekah dan cukup menggantikan semua itu dengan dua rakaat shalat Dhuha.” (HR Muslim).

Menjalankan ibadah sholat dhuha diketahui dapat menggantikan kewajiban bersedekah karena memiliki perhitungan amal yang sama, sehingga jika kamu melakukan sholat dhuha setiap hari. Itu juga berarti kamu mengeluarkan sedekah setiap harinya.

Iklan

Jadi meskipun kita tidak memiliki cukup uang, kita tetap bisa bersedekah dengan melakukan sholat dhuha. Sungguh Allah SWT Maha mengerti dan Maha mencintai makhluk-Nya.

3. Dicukupkan Hartanya

Salah satu keutamaan sholat Dhuha adalah dicukupkan hartanya dan diberi rezeki yang barokah. Sebagaimana Firman Allah SWT dan sebuah Hadist Riwayat Ahmad sebagai berikut:

Advertisements
Advertisements

“Wahai anak Adam, janganlah engkau luput dari empat rakaat di awal harimu, niscaya akan Aku cukupkan untukmu (rezeki) di sepanjang hari itu.” (HR. Ahmad).

4. Lebih Mendekatkan Kita Kepada Allah SWT

Allah sangat mencintai orang-orang yang suka bersuci (wudlu). Sesuai dengan Qur’an Surat Al-Baqarah Ayat 222 yang bunyinya seperti ini:

Advertisements

وَيَسْـَٔلُونَكَ عَنِ ٱلْمَحِيضِ ۖ قُلْ هُوَ أَذًى فَٱعْتَزِلُوا۟ ٱلنِّسَآءَ فِى ٱلْمَحِيضِ ۖ وَلَا تَقْرَبُوهُنَّ حَتَّىٰ يَطْهُرْنَ ۖ فَإِذَا تَطَهَّرْنَ فَأْتُوهُنَّ مِنْ حَيْثُ أَمَرَكُمُ ٱللَّهُ ۚ إِنَّ ٱللَّهَ يُحِبُّ ٱلتَّوَّٰبِينَ وَيُحِبُّ ٱلْمُتَطَهِّرِينَ

“Wa yasalụnaka 'anil-maḥīḍ, qul huwa ażan fa'tazilun-nisāa fil-maḥīḍi wa lā taqrabụhunna ḥattā yaṭ-hurn, fa iżā taṭahharna fa`tụhunna min ḥaiṡu amarakumullāh, innallāha yuḥibbut-tawwābīna wa yuḥibbul-mutaṭahhirīn”.

Advertisements

Artinya: Mereka bertanya kepadamu tentang haidh. Katakanlah: “Haidh itu adalah suatu kotoran”. Oleh sebab itu hendaklah kamu menjauhkan diri dari wanita di waktu haidh; dan janganlah kamu mendekati mereka, sebelum mereka suci. Apabila mereka telah suci, maka campurilah mereka itu di tempat yang diperintahkan Allah kepadamu. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertaubat dan menyukai orang-orang yang mensucikan diri.

Iklan

Kesimpulan

Sholat Dhuha memanglah mempunyai banyak keutamaan, maka dari itu mari kita tunaikan sholat Dhuha sesering mungkin dan jadikan itu sebagai kebiasaan kita sehari-hari, selain sholat dhuha, Sholat 5 Waktu jangan sampai kita tinggalkan, dan usahakan juga untuk menunaikan sholat Tahajud. Allah mencintai hamba-Nya yang selalu ingan dan menjalankan perintah yang telah dan diperintahkan oleh Allah SWT. Dengan begitu, InsyaAllah kita akan dijauhkan dari larangan Allah SWT. Aamiin, semoga bermanfaat terimakasih.

Artikel Kesehatan Untuk Anda:


Advertisements
Advertisements
Advertisement

Pos terkait

Advertisement

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *