Pengaplikasian Ilmu Akhlak Tasawuf di Era Pandemi

  • Whatsapp
Ilmu Akhlak Tasawuf di Era Pandemi
Advertisement
Advertisement

Pengaplikasian Ilmu Akhlak Tasawuf di Era Pandemi – Memasuki tahun 2020 kemarin, khalayak internasional dikagetkan dengan sebuah fenomena wabah yang sangat masif dan berdampak besar pada tatanan dunia.

COVID-19 sedikit banyak sudah mengubah dunia yang kita kenal selama ini kepada bentuk yang tidak bisa dibayangkan.

Advertisements

Tidak hanya memporak-porandakan sektor kesehatan, pandemi ini juga ikut mempengaruhi banyak sektor lain seperti perekonomian, politik, ketahanan pangan, transportasi, dan lain sebagainya.

Advertisements

Lalu bagaimanakah Islam menyikapi fenomena ini?  Disitulah letak urgensi dari pengaplikasian ilmu akhlak tasawuf di era pandemi.

Ilmu Akhlak Tasawuf di Era Pandemi

Untuk melihat hakikat dari ajaran ilmu akhlak dan tasawuf sendiri, perlu adanya penekanan pada definisi serta makna harfiah yang membangunnya.

Iklan

Jika dilihat dari unsur bentukan katanya, kalimah ‘akhlaq’ berasal dari Bahasa Arab yang merupakan isim mashdar (infinitif) dari kalimah ‘akhlaqa, yukhliqu, ikhlaqan’.

Bacaan Lainnya
Advertisement
Advertisements

Baca juga: Tiga Amalan Yang Dapat Menghindarkan Diri dari Wabah

Jika dilihat dari wazan (referensi) tsulasa masjid: af’ala, yuf’ilu, if’alan, maka makna yang dimilikinya sepadan dengan perangai (al-Sajiyah), kelakuan/tabiat/watak (ath-Thabi’ah), kelaziman/kebiasaan (al-‘adat), adab terpuji (al-Maru’ah) dan agama perdamaian (al-Din as-Salam).

Sedangkan ‘tasawuf’ sendiri menurut KBBI memiliki arti yaitu: “ajaran, cara, dsb., untuk mengenal dan mendekatkan diri kepada Allah SWT.” Atas dasar itu, hakikat dari ilmu akhlaq tasawuf adalah cara bagaimana seorang insan dapat membentuk suatu sifat yang senantiasa mendekatkan diri pada Allah SWT.

Dari hakikat tersebut, bisa dilihat arah urgensi dari pengaplikasian ilmu akhlak tasawuf di era pandemi.

Advertisements
Advertisements

Dilihat pada tingkatannya sendiri, ilmu tasawuf dibagi menjadi tiga tingkatan: falsafi, akhlaki, dan amali. 

Iklan

Masing-masing dari tingkatan tersebut memiliki tujuan yang sama yaitu mengupayakan diri untuk selalu dekat dengan Allah SWT melalui ‘pembersihan’ dari perbuatan-perbuatan tercela dan ‘menghiasinya’ dengan perlakuan-perlakuan terpuji.

Meski begitu, kesemuanya memiliki pendekatan yang berbeda: falsafi menekankan pendekatan akal pikiran (rasionalitas); akhlaki menekankan tiga pendekatan sifat: takhali (menghindari perbuatan buruk), tahalli (memperbanyak perbuatan terpuji), dan tajalli (terbukanya ‘pembatas’ antara manusia-Allah SWT); serta amali, menekankan pada pendekatan amaliyah (ibadah).

Advertisements

Berbagai hal inilah yang dalam artikel kali ini akan dibahas secara lebih seksama pada kaitannya dengan pengaplikasian ilmu akhlak tasawuf di era pandemi.

Baca juga: 10 Hewan ini Dijamin Allah Masuk Surga Tanpa Hisab

Pengaplikasian Ilmu Akhlak Tasawuf di Era Pandemi

Peran Ilmu Akhlaq Tasawuf Dalam Menghadapi Pandemi

Mengenai pembahasan pengaplikasian ilmu akhlak tasawuf di era pandemi, Ibnu Khaldun berpendapat bahwa setiap manusia dibekali oleh Tuhan dengan akal pikiran, hati, dan panca indera.

Dalam menjaga ketiga potensi tersebut agar dapat bekerja secara harmonis, sehat jiwa dan raga, bersih, serta berdaya guna, diperlukan tiga ilmu berbeda: fiqih, untuk menyucikan anggota tubuh melalui thaharah (bersuci);

Advertisements
Iklan

filsafat, berperan dalam meluruskan akal pikiran (rasional); serta, tasawuf yang difokuskan untuk menjaga dimensi kebatinan (esoterik) manusia agar selalu bersih.

Ketiga potensi di atas juga turut di bahas dalam surah Al-Mulk (67): 23 yang berbunyi dan artinya:

Advertisements

قُلْ هُوَ ٱلَّذِىٓ أَنشَأَكُمْ وَجَعَلَ لَكُمُ ٱلسَّمْعَ وَٱلْأَبْصَٰرَ وَٱلْأَفْـِٔدَةَ ۖ قَلِيلًا مَّا تَشْكُرُونَ (٢٣)

Advertisements
Advertisements

Dia-lah yang menciptakan kamu dan menjadikan bagi kamu pendengaran, penglihatan dan hati, (tetapi) amat sedikit kamu bersyukur.” (QS Al-Mulk [67]: 23)

Melalui ilmu akhlaq tasawuf, seseorang diharapkan dapat memiliki sifat dan perangai yang baik, yang mana dapat dilihat pada pengaplikasian ilmu akhlak tasawuf di era pandemi.

Iklan

Dengan nilai-nilai tersebut, lantas seorang insan akan paham bahwa segala kejadian serta ketentuan yang ada merupakan ketetapan dari Allah SWT dan perlu disikapi secara bijaksana.

Advertisements

Menerima segala sesuatunya dengan hati yang bersih dan lapang, akan membuat seseorang dapat lebih mudah bersyukur dalam kondisi apapun. Semua itu dilakukannya secara sadar, awas, dan dari dorongan dirinya pribadi serta bukan karena paksaan.

Baca juga: 6 Fakta Ka’bah, Para Ilmuan Nasa Pun Terkejut

Pada kaitannya dengan pengaplikasian ilmu akhlak tasawuf di era pandemi, seseorang lantas akan menerima segala sesuatu yang berhubungan ataupun disebabkan oleh pandemi COVID-19 ini dengan hati terbuka.

Paham segala sesuatunya datang dari Allah SWT, menyikapinya dengan mawas diri, serta senantiasa bersyukur dan rela menerima segala keputusan-Nya.

Advertisements

Atas dasar itulah, diharapkan ilmu akhlaq tasawuf dapat membantu setiap muslim agar lebih bijaksana dalam menghadapi berbagai kesulitan yang ada. Dan itulah pembahasan artikel mengenai pengaplikasian ilmu akhlak tasawuf di era pandemi. Jangan lupa untuk membaca artikel-artikel islami lain dari kami ya!

Iklan

Bagikan Kebaikan dengan Informasi Islami:

  1. Mintalah Doa Kepada Orang Ini, Setara Doa Malaikat
  2. Inilah Ciri Golongan Orang Tersesat Dalam Surat Al-Fatihah
  3. Dinosaurus Dalam Islam, Di Sebutkan dalam Al-Qur’an?
  4. Kenali Tanda-Tanda dari Allah Bahwa Dia Adalah Jodohmu
  5. Ternyata Benar, Larangan Mencabut Uban Dalam Islam
  6. Kumpulan Doa dan Dzikir Lengkap Setelah Sholat Fardhu
  7. Sholat Jum’at: Syarat, Bacaan, Doa dan Keutamaannya
  8. Aplikasi Al-Qur’an Terjemahan Untuk PC, Linux, Mac, IOS dan Android
  9. Cara Sholat Taubat Serta Bacaan Niat, Waktu Untuk Melaksanakannya
  10. Cara Sholat Istikharah Beserta Bacaan Niat dan Waktunya
  11. Tata Cara & Bacaan Niat Sholat Dhuha Lengkap Dari Awal Sampai Akhir
  12. Keutamaan & Panduan Sholat Tahajud Lengkap dengan Bacaannya

Advertisements
Advertisement

Pos terkait

Advertisement

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *