Tiga Amalan Yang Dapat Menghindarkan Diri dari Wabah

  • Whatsapp
Amalan Saat Pandemi

text-align-justify">Tiga Amalan Yang Dapat Menghindarkan Diri dari Wabah – Pembahasan mengenai COVID-19 tentu sangat aktual dan hangat diperbincangkan dewasa ini. Wabah itu sendiri menjangkiti begitu banyak jiwa secara global hingga akhirnya pada Rabu, 11 Maret 2020, World Health Organization (WHO), menyatakan bahwa COVID-19 merupakan sebuah pandemi global.

text-align-justify">Tidak sedikit aspek-aspek kehidupan yang turut merasakan efek dari pandemi virus bernama Corona ini, seperti krisis fasilitas kesehatan, kondisi perekonomian yang semakin sulit, kontak dan interaksi yang dibatasi, dsb. Fenomena ini seakan menguji keimanan setiap umat – berusaha untuk senantiasa bersyukur meski menghadapi cobaan yang begitu berat.

Bacaan Lainnya

Tiga Amalan Yang Dapat Menghindarkan Diri dari Wabah

text-align-justify">Seyogianya dalam agama Islam sendiri, diajarkan bagi setiap muslim agar selalu bersyukur dan tidak mudah menyerah akan keadaan meski sesulit apapun. Umat muslim juga senantiasa diingatkan bahwa segala sesuatunya adalah fana dan hanya milik Allah SWT, sehingga diri jangan sampai diperbudak oleh hal-hal keduniawian, sebagaimana firman-Nya yang artinya:

text-align-right">يَٰٓأَيُّهَا ٱلنَّاسُ إِنَّ وَعْدَ ٱللَّهِ حَقٌّ ۖ فَلَا تَغُرَّنَّكُمُ ٱلْحَيَوٰةُ ٱلدُّنْيَا ۖ وَلَا يَغُرَّنَّكُم بِٱللَّهِ ٱلْغَرُورُ (٣٥): ٥ ۞

text-align-justify">“Hai manusia, sesungguhnya janji Allah adalah benar, maka sekali-kali janganlah kehidupan dunia memperdayakan kamu dan sekali-kali janganlah syaitan yang pandai menipu, memperdayakan kamu tentang Allah.” QS. Al-Fatir (35): 5

Baca juga: 10 Hewan ini Dijamin Allah Masuk Surga Tanpa Hisab

text-align-justify">Selain itu umat muslim juga diajarkan agar selalu bersabar dalam berbagai upaya mendekatkan diri kepada Allah SWT, yang mana difirmankan pada Qur’an Surah Al-Imran (3) ayat 186 yang berbunyi dan artinya:

text-align-right">۞ لَتُبْلَوُنَّ فِىٓ أَمْوَٰلِكُمْ وَأَنفُسِكُمْ وَلَتَسْمَعُنَّ مِنَ ٱلَّذِينَ أُوتُوا۟ ٱلْكِتَٰبَ مِن قَبْلِكُمْ وَمِنَ ٱلَّذِينَ أَشْرَكُوٓا۟ أَذًى كَثِيرًا ۚ وَإِن تَصْبِرُوا۟ وَتَتَّقُوا۟ فَإِنَّ ذَٰلِكَ مِنْ عَزْمِ ٱلْأُمُورِ (٣): ١٨٦

text-align-justify">Artinya: Kamu sungguh-sungguh akan diuji terhadap hartamu dan dirimu. Dan (juga) kamu sungguh-sungguh akan mendengar dari orang-orang yang diberi kitab sebelum kamu dan dari orang-orang yang mempersekutukan Allah, gangguan yang banyak yang menyakitkan hati. Jika kamu bersabar dan bertakwa, maka sesungguhnya yang demikian itu termasuk urusan yang patut diutamakan.

text-align-justify">Atas dasar itulah, meski dunia sedang mengalami krisis dikarenakan pandemi COVID-19 ini, setiap muslim agar senantiasa istiqamah dalam menjalani kehidupan serta terus bertawakal kepada-Nya dengan selalu berdoa dan melakukan amalan yang dapat menghindarkan diri dari wabah.

text-align-justify">Selain itu, beberapa contoh ayat diatas juga menyuratkan secara jelas bahwasanya semua hal dari yang terpenting sampai yang paling remeh sekalipun, hanya pantas dipintakan kepada Allah SWT. Penekanan atas bermuaranya segala suatu hal hanya kepada-Nya juga tertuang pada suatu hadith qudsi yang diriwayatkan oleh Al-Baihaqi yang berbunyi:

text-align-right">سَلُوا اللَّهَ كُلَّ شَيءٍ حَتَّى الشِّسعَ

text-align-justify">“Mintalah kepada Allah bahkan meminta tali sendal sekalipun
(HR. Al Baihaqi dalam Syu’abul Iman 2/42, Al Albani: Silsilah Adh Dha’ifah no. 1363).

text-align-justify">Baca juga: 6 Fakta Ka’bah, Para Ilmuan Nasa Pun Terkejut

Maka dari pada itu, sudah sepatutnya para muslim juga meminta perlindungan dari mara bahaya dan kemalangan wabah COVID-19 ini hanya kepada Allah SWT. Maka dalam artikel kali ini akan dibahas tiga amalan yang dapat menghindarkan diri dari wabah.

Tiga Amalan Yang Dapat Menghindarkan Diri dari Wabah

1.) At-Taubah (9) Ayat 128-129

text-align-right">لَقَدْ جَآءَكُمْ رَسُولٌ مِّنْ أَنفُسِكُمْ عَزِيزٌ عَلَيْهِ مَا عَنِتُّمْ حَرِيصٌ عَلَيْكُم بِٱلْمُؤْمِنِينَ رَءُوفٌ رَّحِيمٌ ۞  فَإِن تَوَلَّوْا۟ فَقُلْ حَسْبِىَ ٱللَّهُ لَآ إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ ۖ عَلَيْهِ تَوَكَّلْتُ ۖ وَهُوَ رَبُّ ٱلْعَرْشِ ٱلْعَظِيمِ (٩): ١٢٩ – ١٢٨ ۞

text-align-justify">(128) “Sungguh telah datang kepadamu seorang Rasul dari kaummu sendiri, berat terasa olehnya penderitaanmu, sangat menginginkan (keimanan dan keselamatan) bagimu, amat belas kasihan lagi penyayang terhadap orang-orang mukmin.” (129) “Jika mereka berpaling (dari keimanan), maka katakanlah: ‘Cukuplah Allah bagiku; tidak ada Tuhan selain Dia. Hanya kepada-Nya aku bertawakkal dan Dia adalah Tuhan yang memiliki Arsy yang agung.”

2.) Doa Rasulullah agar dihindarkan dari penyakit-penyakit berbahaya

text-align-right">اللَّهُمَّ إنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ البَرَصِ، والجُنُونِ، والجُذَامِ، وَسَيِّئِ الأسْقَامِ

Ya Allah, aku berlindung kepadamu dari penyakit lepra, gila, kusta, dan penyakit-penyakit buruk.” (HR. Abu Dawud).

Baca juga: Mintalah Doa Kepada Orang Ini, Setara Doa Malaikat

3.) Shalawat Lima Pusaka (Li Khomsatun Uthfi Biha)

text-align-right">لِي خَمْسَةٌ أُطْفِئ بِهاَ ۞ حَرَّ الوَباَءِ الحاَطمَة ۞ المُصْطَفَى وَالمُرتَضَى ۞ وَابْناَهُماَ وَفَاطِمَة

text-align-justify">“Aku berharap diselamatkan dari panas derita wabah yang bikin sengsara dengan wasilah derajat luhur lima pribadi mulia yang aku punya: Baginda Nabi Muhammad al-Mushthafa SAW, Sayyidina Ali al-Murtadla dan kedua putra (Hasan dan Husain), serta Sayyidatina Fathimah Azzahra, binti Rasulillah SAW.” 

text-align-justify">Itu saja pembahasan artikel tiga amalan yang dapat menghindarkan diri dari wabah. Jangan lupa untuk membaca artikel-artikel islami lain dari kami ya!

Bagikan Kebaikan dengan Informasi Islami:

  1. Ternyata Benar, Larangan Mencabut Uban Dalam Islam
  2. Kumpulan Doa dan Dzikir Lengkap Setelah Sholat Fardhu
  3. Sholat Jum’at: Syarat, Bacaan, Doa dan Keutamaannya
  4. Aplikasi Al-Qur’an Terjemahan Untuk PC, Linux, Mac, IOS dan Android
  5. Cara Sholat Taubat Serta Bacaan Niat, Waktu Untuk Melaksanakannya
  6. Cara Sholat Istikharah Beserta Bacaan Niat dan Waktunya
  7. Tata Cara & Bacaan Niat Sholat Dhuha Lengkap Dari Awal Sampai Akhir
  8. Keutamaan & Panduan Sholat Tahajud Lengkap dengan Bacaannya
  9. Tata Cara Sholat 5 Waktu Super Lengkap Dengan Bacaanya

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *