Cara Sholat Istikharah Beserta Bacaan Niat dan Waktunya

  • Whatsapp
Cara Sholat Istikharah
Advertisement
Advertisement

Sanepo – Cara Sholat Istikharah dilakukan pada 3 waktu yaitu di waktu setelah habis sholat isya’ sampai dengan jam 10.30, jam 10.30 sampai dengan jam 01.30 dan yang ketiga dari jam 01.30 sampai akan masuk waktu subuh.

Sholat Istikharah merupakan sholat sunnah dengan tujuan lebih mendekatkan diri dan meminta petunjuk dari Allah SWT, sholat sunnah ini bisa di lakukan minimal dua rakaat sampai dengan 12 rakaat dengan mengulangnya sebanyak 6kali.

Bacaan dan Cara Sholat Istikharah

Advertisements

Hal pertama yang harus disiapkan dalam diri sebelum menunaikan ibadah sholat istikharah ini adalah niat dari hati dan memohon ampunan kepada Allah SWT, serta meminta petunjuk dari-Nya dan benar benar yakin hanyalah Allah yang mampu menolong siapapun itu tanpa terkecuali.

1. Bacaan Niat Sholat Istikharah

Sebelum melakukan niat, sudah seharusnya kita berwudlu terlebih dahulu, setelah berwudlu jangan lupa untuk menyiapkan diri serta tempat yang bersih. Jika sudah siap semuanya barulah kita niat untuk melakukan sholat istikharah.

Advertisements

Niat Sholat Istikharah:

أصلى سنة الإستخارة ركعتين لله تعالى

Bacaan Lainnya

Advertisement

“Ussholli sunnatan istikhoroti rak’ataini lillahi ta’ala”

Artinya: Saya berniat sholat sunnah istikharah dua rakaat karena Allah Ta’ala.

Iklan

Baca juga: Tata Cara & Bacaan Niat Sholat Dhuha Lengkap Dari Awal Sampai Akhir

2. Runtutan Sholat Istikharah

Berikut adalah Cara Sholat Istikharah sebagai berikut:

Advertisements
Cara Sholat Istikharah
Cara Sholat Istikharah Beserta Bacaan Niat dan Waktunya

Itulah Runtutan dari Sholat Istikharah yang pokok untuk dilakukan, jika menginginkan lebih dari 2 rakaat bisa diulang-ulang setelah itu kita lanjutkan dengan berdo’a.

Advertisements

Baca juga: Keutamaan & Panduan Sholat Tahajud Lengkap dengan Bacaannya

3. Do’a Setelah Sholat Istikharah

اَللّٰهُمَّ اِنِّى اَسْتَخِيْرُكَ بِعِلْمِكَ وَاَسْتَقْدِرُكَ بِقُدْرَتِكَ وَاَسْئَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ الْعَظِيْمِ. فَاِنَّكَ تَقْدِرُ وَلَآاَقْدِرُ وَلَآاَعْلَمُ وَاَنْتَ عَلاَّمُ الْغُيُوْبِ. اَللّٰهُمَّ اِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ اَنَّ هَذَااْلاَمْرَ (silahkan mengadu kepada Allah SWT atas segala permasalahan) خَيْرٌلِّىْ فِىْ دِيْنِىْ وَمَعَاشِىْ فَاقْدُرْهُ لِىْ وَيَسِّرْهُ لِىْ ثُمَّ بَارِكْ لِىْ فِيْهِ وَاِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ اَنَّ هذَااْلاَمْرَشَرٌّلِّىْ فِىْ دِيْنِىْ وَمَعَاشِىْ وَعَاقِبَةِ اَمْرِىْ وَعَاجِلِهِ وَآجِلِهِ فَاصْرِفْهُ عَنِّىْ وَاصْرِفْنِيْ عَنْهُ وَاقْدُرْهُ لِيَ الْخَيْرَحَيْثُ كَانَ ثُمَّ رَضِّنِىْ بِهِ

Advertisements

“Allaahumma inni astakhiiruka bi’ilmika wa astaqdiruka biqudratika wa as aluka min fadlikal ‘aziimi fa innaka taqdiru wa laa aqdiru wa laa a’lamu wa anta ‘allaamul guyuub. Allaahumma in kunta ta’lamu anna haadzal amro (silahkan mengadu kepada Allah SWT atas segala permasalahan) khairul lii fii diinii wa ma’aasyi faqdurhu lii wa yassirhu lii tsumma baarik lii fii hi wa in kunta ta’lamu anna haadzal amro syarrun lii fii diinii wa ma’aasyii wa ‘aaqibati amrii wa ‘aajlihii fashrifhu ‘annii wasrifnii ‘anhu waqdurhu liyal-khaira haitsu kaana tsumma rodh-dhinii bihi.”

Artinya: “Ya Allah, aku meminta petunjuk kebaikan-Mu dengan ilmu-Mu, aku memohon keputusan-Mu dengan qudrat-Mu dan aku meminta dengan karunia-Mu yang besar, karena sesungguhnya Engkau yang berkuasa sedangkan aku tida berkuasa. Engkau Yang Maha Mengetahui sedangkan aku tidak mengetahui dan Engkau Yang Maha Mengetahui segala yang gaib. Ya Allah, sekiranya engkau ketahui bahwa (silahkan mengadu kepada Allah SWT atas segala permasalahan) baik untukku dalam agamaku, kehidupanku, dan akhir dari perkaraku ini, maka takdirkanlah ia untukku, mudahkanlah ia, lalu berkahilah aku padanya. Ya Allah, dan sekiranya engkau mengetahui buruk bagiku dalam agamaku, kehidupanku, dan akhir dari perkaraku ini, maka hindarkanlah aku darinya, kemudian takdirkanlah untukku kebaikan bagaimanapun adanya, lalu berilah aku keridhaan dengannya.” (HR. Ahmad & Bukhari).

Advertisements

Baca juga: Tata Cara Sholat 5 Waktu Super Lengkap Dengan Bacaanya

Kesimpulan

Berikut tadi adalah Cara Sholat Istikharah serta bacaan niat yang mungkin sedang teman-teman cari, Sholat sunnah merupakan sholat yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW dengan dalil dari Jabir bin Abdullah radhiyallahu‘anhuma, ia berkata “bahwa Rasulullah SAW mengajarkan kami cara mengerjakan sholat istikharah dalam segala urusan, sebagaimana beliau mengajarkan kami Surat Alquran.”

Rasulullah SAW bersabda, “Jika salah seorang di antara kalian hendak melakukan sesuatu, hendaklah terlebih dahulu mengerjakan sholat dua rakaat selain sholat fardlu…” (HR. Ahmad, Al-Bukhari, Ibn Hibban, Al-Baihaqi dan yang lainnya)

Iklan

Artikel Kesehatan Untuk Anda:

Advertisements
Advertisement

Pos terkait

Advertisement

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *