Cara Sholat Taubat Serta Bacaan Niat, Waktu Untuk Melaksanakannya

  • Whatsapp
Cara Sholat Taubat Lengkap
Advertisement
Advertisement

Disaat kita ingin melakukan sholat taubat karena tersadar akan dosa-dosa yang telah kita perbuat. Segeralah melakukannya selagi kita masih mampu untuk bertaubat. Jangan tunda walau ibarat 1 detik pun. Sholat sunah yang ini bisa dilakukan dari 2 rakaat, 4 rakaat sampai dengan 6 rakaat.

Sholat Taubat merupakan sholat sunah namun wajib dilakukan guna untuk memohon ampun kepada Allah SWT, terlepas manusia tidak pernah luput dari yang namanya dosa. Sholat Taubat bisa dilakukan di waktu mulai dari terbit fajar kedua hingga terbit matahari, saat terbit matahari hingga matahari naik sepenggalah, saat matahari persis di tengah-tengah hingga terlihat condong, mulai dari sholat Ashar hingga matahari tenggelam, ketika menjelang matahari tenggelam hingga benar-benar sempurna tenggelamnya.

Advertisements

Cara Sholat Taubat Serta Bacaan

1. Niat Sholat Taubat

أُصَلِّي سُنَّةَ التَّوْبَةِركعتين مستقبل القبلة لله تعالى

Advertisements

“Usholli sunnatat taubati rok’ataini mustaqbilal qiblati lillahitaala”.

Artinya: Saya niat shalat sunnah taubat dua rakaat karena Allah.

Iklan

2. Cara Sholat Taubat

Berikut adalah runtutan dari sholat taubat yang bisa teman-teman pejari:

Bacaan Lainnya
Advertisement
Advertisements
Cara Sholat Taubat Lengkap

3. Doa Setelah Sholat Taubat

Doa setelah Sholat Taubat bisa dilakukan semampunya, yang intinya kita benar benar mengakui kesalahan kita, benar benar tidak ingin melakukannya kembali serta benar benar memohon ampun kepada Allah SWT atas segala dosa yang telah kita perbuat.

Namun kita juga bisa membaca beberapa doa untuk menambah kemantapan hati kita, yang pertama kita bisa membaca doa Sayyidul Istighfar sebagai berikut:

اَللَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّيْ ، لَا إِلٰـهَ إِلاَّ أَنْتَ خَلَقْتَنِيْ وَأَنَا عَبْدُكَ ، وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ ، أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ ، أَبُوْءُ لَكَ بِنِعْمتِكَ عَلَيَّ ، وَأَبُوْءُ بِذَنْبِيْ فَاغْفِرْ لِيْ ، فَإِنَّهُ لَا يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلاَّ أَنْتَ

Advertisements
Advertisements

Allahumma Anta Rabbii La Ilaha Illa Anta Khalaqtanii wa Ana ‘Abduka wa Ana ‘Ala ‘Ahdika wa wa’dika Mastatha’tu A’udzu Bika Min Syarri Ma Shana’tu Abu’U Laka Bini’matika ‘Alayya wa Abu’U Bidzanbii Faghfirli Fa Innahu La Yaghfiru Adz Dzunuba Illa Anta“.

Iklan

Artinya: Ya Allah, Engkau adalah Rabbku, tidak ada Ilah yang berhak diibadahi dengan benar selain Engkau. Engkau yang menciptakan aku dan aku adalah hamba-Mu. Aku menetapi perjanjian untuk taat kepada-Mu dan janji balasan-Mu sesuai dengan kemampuanku. Aku berlindung kepada-Mu dari keburukan perbuatanku, aku mengakui nikmat-Mu kepadaku dan aku mengakui dosaku kepada-Mu, maka ampunilah aku. Sebab tidak ada yang dapat mengampuni dosa selain Engkau.

Yang kedua bisa membaca doa Istighfar Nabi Adam sebagai berikut:

Advertisements

رَبَّنَا ظَلَمْنَا أَنْفُسَنَا وَإِنْ لَمْ تَغْفِرْ لَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُونَنَّ مِنَ الْخَاسِرِينَ

“Rabbanaa zhalamnaa anfusanaa wa-in lam taghfir lanaa watarhamnaa lanakuunanna minal khaasiriina.”

Artinya: “Ya Tuhan kami, kami telah menzalimi diri kami sendiri. Jika Engkau tidak mengampuni kami dan memberi rahmat kepada kami, niscaya kami termasuk orang-orang yang rugi.”

Advertisements
Iklan

Dan yang terakhir membaca doa Istighfar Rasulullah Arab:

رَبِّ اغْفِرْ لِي وَتُبْ عَلَيَّ إِنَّكَ أَنْتَ تَوَّابُ رَحِيْمٌ

Advertisements

“Rabbigfirlii Watub’alayya Innaka Anta Tawwabur Rahiim”

Advertisements
Advertisements

Artinya: “Ya Allah ampuni aku dan terimalah taubatku, sesungguhnya Engkau Maha penerima taubat dan maha penyayang.”

Anjuran Untuk Sholat Taubat

Sebagai mana terdapat dalam Al-Qur’an dari surat At-Tahrim ayat 8, dengan arti sebagai berikut:

Iklan

“Hai orang-orang yang beriman, bertaubatlah kepada Allah dengan taubatan nasuhaa (taubat yang semurni-murninya). Mudah-mudahan Rabbmu akan menutupi kesalahan-kesalahanmu dan memasukkanmu ke dalam jannah yang mengalir di bawahnya sungai-sungai.”

Advertisements

Tidak hanya itu, anjuran untuk melakukan sholat Taubat juga tercermin dari Hadis Rosulullah Sholallahu Alaihi Wassalam, diriwayatkan oleh Abu Dawud, Ahmad, dan Tirmidzi yang berbunyi:

“Apabila ada orang yang melakukan suatu perbuatan dosa, kemudian dia berwudhu dengan sempurna, lalu dia mendirikan shalat dua rakaat, dan selanjutnya dia beristighfar memohon ampun kepada Allah, maka Allah pasti mengampuninya.”

Kesimpulan

Sholat Taubat memang merupakan sunnah untuk dilakukan, namun kita sebagai manusia yang tak pernah luput dari dosa juga wajib memohon ampunan Kepada Allah SWT yang salah satunya adalah melakukan sholat taubat. Maka dari itu, selama kita masih diberikan kesempatan untuk bertaubat, mari kita memohon ampun atas segala dosa yang telah kita perbuat. Semoga bermanfaat terimakasih.

Advertisements

Artikel Kesehatan Untuk Anda:

Iklan
Advertisements
Advertisements
Advertisement

Pos terkait

Advertisement

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *