Tips Merawat Kulit yang Berminyak

  • Whatsapp
Cara Mengatasi Kulit Berminyak
Advertisement
Advertisement

Tips Merawat Kulit Berminyak – Tips Kecantikan, Sebelum membahas mengenai cara merawat kulit yang berminyak, ada baiknya untuk anda mengetahu penyebab kulit berminyak.

Pada umumnya, kulit berminyak timbul akibat produksi sebum yang berlebihan. Sebum merupakan bahan berminyak yang secara alami diproduksi oleh kulit. Produksi sebum yang berlebihan mengakibatkan terjadinya penyumbatan pada pori-pori kulit dan membuat pori-pori menjadi membesar.

Advertisements

Hal tersebut juga menyebabkan akumulasi sel-sel mati dan memudahkan untuk terjadinya pembentukan jerawat. Selain itu, kulit berminyak juga dapat mengganggu dan merusak penampilan anda.

Advertisements

Maka dari itu, penting untuk mengetahui cara untuk merawat kulit berminyak bagi orang yang mempunyai jenis kulit tersebut. Tujuan dari cara merawat kulit berminyak ini tak lain untuk mengurangi produksi sebum yang berlebihan. Berikut ini adalah beberapa cara untuk merawat kulit berminyak.

Baca juga: Cara Alami untuk Mengobati Flu, Pilek dan Influenza

Bersihkan Wajah

‘Perawatan kulit berminyak’ dimulai dengan menggunakan pembersih. Namun, tidak semua pembersih akan bekerja untuk mengurangi minyak. Anda memerlukan pembersih yang mengandung asam salisilat yaitu beta-hidroksi asam yang menghambat tingkat produksi sebum atau bisa juga menggunakan pembersih yang menggunakan sari jeruk nipis. Pembersihan harus dilakukan dua kali sehari (dan bahkan lebih dalam kondisi panas dan lembab).

Bacaan Lainnya

Harus diperhatikan bahwa untuk perawatan kulit berminyak anda harus menggunakan produk kecantikan yang bebas minyak, oleh karena itu selalu baik untuk memeriksa bahan-bahan dari produk sebelum Anda benar-benar membelinya. Hal ini khususnya penting jika produk ditandai sebagai ‘cocok untuk semua jenis kulit’, bukan ‘produk perawatan kulit berminyak’.

Advertisements

Baca juga: Cara Ampuh Meningkatkan Stamina yang Hilang

’Perawatan kulit berminyak’ itu juga tergantung pada tingkat jumlah minyak pada wajah anda, jika Anda tidak terlalu berminyak, anda masih mungkin cocok terhadap produk kecantikan yang berlabel” cocok untuk semua jenis kulit. Namun untuk kulit sangat berminyak, hanya produk perawatan kulit berminyak yang sebaiknya digunakan.

Gunakan Toner

Dalam perawatan kulit berminyak, anda sebaiknya secara rutin menggunakan Toner berbasis alkohol (untuk kulit yang sangat berminyak). Ini dapat menjadi langkah kedua dalam perawatan kulit berminyak Anda rutin yaitu setelah pembersihan. Namun, penggunaan berlebihan dapat merusak kulit Anda.

Gunakan Pelembab

Advertisements

Langkah berikutnya dalam perawatan kulit berminyak dapat rutin pelembap ringan. Sekali lagi, tergantung dari tingkat produksi minyak pada wajah anda, anda harus menentukan apakah Anda perlu menyertakan ini dalam perawatan kulit rutin anda, karena pelembab memiliki banyak kandungan yang sangat baik untuk perawatan pulit.

Advertisements
Advertisements

Jika Anda memutuskan untuk menyertakan pelembap, pastikan untuk menggunakan pelembab yang bebas minyak dan khusus untuk jenis kulit berminyak.

Baca juga: 10 Makanan Sehat Membuat Gemuk Badan

Gunakan Masker

Anda juga dapat menggunakan masker tanah liat (sekali seminggu) atau masker wajah yang mengandung sari jeruk sebagai perawatan kulit berminyak rutin mingguan anda.

Dalam hal tindakan ini tidak memberikan hasil yang diinginkan, konsultasikan dengan dokter kulit yang baik untuk meminta nasihat. Dokter Specialis kulit akan memberikan resep dengan bahan-bahan yang lebih kuat dalam produk perawatan kulit berminyak seperti vitamin A krim, retinoid, belerang krim dll, yang dapat membantu mengatasi masalah-masalah kulit berminyak.

Advertisements

Baca juga: 8 Cara Tepat Mengatasi Depresi atau Stress

Advertisements
Advertisement

Pos terkait

Advertisement

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *