Manfaat Kopi Untuk Cantik Dan Awet Muda

  • Whatsapp
Manfaat Kopi
Advertisement
Advertisement

Manfaat Kopi – Anda bisa menghindari berbagai masalah kecantikan hanya dengan mengonsumsi makanan yang tepat. Mengonsumsi makanan sehat bukan hanya dapat membantu mengecilkan lingkar pinggang dan meningkatkan sistem imun tubuh.

Tapi juga mendapatkan manfaat nyata untuk kecantikan kulit seperti mencegah keriput, membuat rambut berkilau dan memperkuat kuku tak mudah patah.

Advertisements

Secangkir kopi setiap pagi bukan hanya akan membuat Anda lebih bersemangat, tapi kopi juga memiliki kandungan bioaktif yang dapat melindungi kulit dari melanoma (kanker kelima yang paling banyak di Amerika Serikat),

Advertisements

Para peneliti menemukan bahwa orang-orang yang mengonsumsi kopi, berisiko lebih rendah terserang penyakit tersebut. Mereka yang minum empat cangkir kopi per hari berisiko 20 persen lebih rendah terkena melanoma ganas selama periode 10 tahun dibanding dengan mereka yang tidak minum kopi.

Kaya akan Kandungan Antioksidan

Berbagai bahan alami dapat digunakan sebagai paduan masker, mulai dari buah, sayur, hingga biji-bijian, termasuk kopi. Selain aromanya yang menenangkan, biji kopi sendiri adalah bahan yang kaya akan kandungan antioksidan alami bernama quinines, yang akan  menjadi makin aktif setelah dipanggang.

Meski manfaat kopi yang dioleskan pada kulit sebagai masker belum terbukti, namun yang pasti antioksidan sendiri sangat dibutuhkan kulit untuk menangkal radikal bebas agar tetap awet muda.

Bacaan Lainnya

Advertisements

Radikal bebas adalah sebutan untuk sel-sel rusak yang dapat menyebabkan kondisi negatif tertentu. Dari luar tubuh, radikal bebas dapat ditimbulkan dari asap rokok dan radiasi sehingga menyebabkan penuaan kulit lebih dini.

Membuat Masker Kopi Sendiri

Berbagai bahan dapat dipadukan ke dalam masker kopi. Yogurt, susu, minyak zaitun, atau madu dapat ditambahkan jika Anda memiliki kulit kering. Sedangkan lemon dapat dipadukan untuk membantu mengatasi kulit berminyak.

Kopi Dan Cokelat

Advertisements
Advertisements

Jika kopi dipadukan dengan bubuk cokelat, masker ini dapat mengurangi bengkak pada area sekitar mata dan wajah, mencerahkan kulit sehingga tidak lagi terlihat kusam. Oleh karena klaim manfaat ini, bubuk kopi telah menjadi bahan favorit paduan dalam masker kecantikan

Berikut adalah resep yang dapat Anda coba sendiri di rumah. Bahan-bahan yang perlu dipersiapkan, antara lain:

  • 2 sendok makan madu untuk kulit kering, atau jus lemon jika kulit Anda berminyak.
  • 4 sendok makan bubuk atau biji kopi yang telah dihaluskan.
  • 4 sendok makan bubuk cokelat tanpa paduan pemanis/gula.
  • 8 sendok makan susu atau yogurt tanpa rasa, santan, atau susu almond. Anda juga dapat menggunakan telur, minyak zaitun, atau minyak kelapa asli.

Cara membuatnya pun cukup mudah. Ikuti instruksi di bawah ini.

Advertisements

Campurkan bubuk kopi dan bubuk cokelat, serta tambahkan susu hingga terbentuk adonan masker. Jika ingin masker yang kental, penggunaan susu dapat dibatasi.

  • Tambahkan madu lalu aduk hingga tercampur merata
  • Sapukan pada wajah dan leher yang telah dibersihkan.
  • Biarkan mengering.

Untuk membersihkan wajah dari masker, tekan kain basah halus yang sudah direndam dalam air hangat ke wajah Anda hingga masker mengendur dan terlepas.

Hindari menggosokkan kain tersebut ke wajah, terutama jika kulit Anda tergolong sensitif.  Selain itu jika kopi masih berupa biji yang harus digiling, pastikan biji tersebut tergiling halus sehingga tidak melukai wajah.

Advertisements

Meski manfaat kopi untuk kulit belum terbukti secara ilmiah, namun mengingat bahan-bahannya yang alami dan mudah didapat, tidak ada salahnya mencoba masker kopi di atas. Tapi bila ternyata kulit Anda alergi terhadap masker ini, segeralah memeriksakannya ke dokter.

Kopi dan Susu

Advertisements

Kopi dan susu adalah paduan klasik yang pastinya tidak asing di telinga, baik sebagai minuman atau campuran makanan. Ternyata, kopi dan susu juga bisa menjadi tim kompak untuk mencerahkan kulit.

Susu memiliki kandungan dan nutrisi yang tepat untuk menyegarkan kulit kering dan meluruhkan sel-sel kulit mati. Lactid acid dalam susu juga aktif mencerahkan kulit dan juga menenangkan kulit yang terkena iritasi ringan.

Advertisements
Advertisements

Penggunanan kopi dan susu sebagai masker 3-4 kali seminggu akan menjadikan kulit cerah alami, lebih putih dan bebas dari bercak-bercak hitam.

Bahan-bahan

  • 1 sendok makan kopi bubuk tumbuk kasar (coarse ground)
  • 1 sendok teh susu segar

Cara Membuat

  • Campur kedua bahan hingga memiliki tekstur yang diinginkan.
  • Oleskan ke wajah dengan lembut menggunakan kuas make-up.
  • Biarkan selama 15-20 menit atau hingga masker benar-benar kering.
  • Bilas dengan air dingin dan oleskan pelembab sesuai jenis kulit Anda.
  • Kopi dan lemon

Kopi dan lemon sama-sama mengandung asam yang efektif mengurangi minyak berlebih pada kulit wajah. Lemon dan madu juga sudah dikenal sebagai antiseptik alami yang bisa membunuh bakteri, jamur dan mikroba lain penyebab jerawat.

Kandungan kafein pada kopi akan membantu meredakan bengkak dan bercak kemerahan yang disebabkan oleh jerawat. Gunakan masker ini secara teratur 2 kali seminggu, dan ucapkan selamat tinggal pada wajah berjerawat Anda.

Advertisements

Bahan-bahan

1 sendok makan kopi bubuk (fine ground)
2 sendok makan air perasan jeruk lemon
1 sendok teh madu

Cara Membuat

  • Basahi bubuk kopi dengan beberapa tetes air dingin.
  • Tambahkan air lemon dan madu, aduk rata.
  • Oleskan masker ke wajah hingga merata, hindar daerah sensitif seperti sekitar mata dan mulut.
  • Biarkan selama 15 menit dan bilas wajah dengan air dingin.
  • Tambahkan pelembab sesuai kebutuhan kulit Anda.

Demikian sedikit ulasan tentang manfaat masker kopi untuk kecantikan ini, semoga bermanfaat dan dapat memberikan wawasan serta pengetahuan untuk kita semua pada jenjang menjaga kesehatan dan kecantikan berikutnya.

Advertisements
Advertisements
Advertisement

Pos terkait

Advertisement

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *