4 Cara Menjalin Kerjasama yang Baik dalam Tim Agar Selalu Kompak

  • Whatsapp
Cara Menjalin Kerjasama yang Baik

Cara menjalin kerjasama yang baik dalam tim semestinya bisa dilakukan bersama-sama. Setiap orang yang berada dalam tim kerja harus terlibat untuk mendukung terciptanya kerja sama yang baik sehingga suasana kerja bisa kondusif.

Kerja sama yang baik menjadi salah satu faktor keberhasilan dalam suatu perusahaan. Sayangnya menjalin kerja sama tim memang tidak semudah kelihatannya. Perlu usaha yang cukup banyak sehingga kooperasi dapat berjalan dengan baik.

Cara Menjalin Kerjasama yang Baik dalam Tim Kerja

Kerja sama tim yang baik dan solid akan membantu meningkatkan produktivitas dalam bekerja. Hal tersebut juga menjadi tantangan tersendiri dalam perusahaan.

advertisement

Bukan perkara yang gampang dalam menciptakan suatu tim yang solid karena setiap orang yang menjadi anggota tentu mempunyai kemampuan dan kepribadian yang berbeda-beda. Lantas bagaimana caranya agar kerjasama dalam tim bisa terjalin dengan baik? Simak beberapa tips berikut ini!

1.  Menjaga Komunikasi

Membangun komunikasi merupakan cara membangun kerjasama yang baik. Komunikasi menjadi hal mendasar yang harus dijaga dalam suatu hubungan, termasuk dalam kerja sama tim. Jangan mengangap sepele dan meremehkannya, karena komunikasi akan menjadi penentu baik dan buruknya perjalanan kerja yang kamu bangun bersama tim.

Apabila komunikasi sesama anggota tim kurang baik dan macet, dapat dipastikan kerja sama yang dibangun akan menjadi berantakan. Oleh sebab itulah penting sekali untuk menjalin komunikasi secara intensif.

advertisement

Harapan dibangunnya komunikasi yang baik yakni agar seluruh anggota tim dapat memahami dan mengerti target dan tugas yang harus mereka laksanakan. Komunikasi yang baik antar tim tidak harus dilakukan dengan tatap muka.

Sudah banyak media sosial yang dapat digunakan untuk menajga komunikasi dan menjalin hubungan kekerabatan agar kerja sama bisa tetap terjaga. Kamu dan anggota tim lainnya dapat menggunakan media seperti WhatsApp, telegram, Line, dan beberapa pilihan media lainnya.

Kalian dapat memanfaatkan fasilitas yang telah tersedia untuk membangun dan menjalin komunikasi intensif. Dengan begitulah saat bekerja di kantor, kalian menjadi lebih mudah memahami karakteristik masing-masing sehingga target yang telah ditetapkan oleh atasan dapat dikoordinasikan dengan baik.

advertisement

Baca Juga: 4 Cara Menghilangkan Penyakit Bohong Termudah yang Bisa Dilakukan

2. Saling Percaya

Saling percaya merupakan cara menjalin kerjasama yang baik dalam sebuah tim. Adanya kepercayaan yang ditanamkan satu sama lain oleh anggota tim dapat menjadikan kerja sama semakin solid.

Karena kesuksesan tim juga dipengaruhi oleh rasa saling percaya sehingga akan lebih mudah bagi anggota dalam menjalankan tugasnya sesuai dengan yang telah ditentukan. Namun, bila tidak ada kepercayaan satu sama lain, akhirnya setiap anggota hanya akan bekerja secara individual karena khawatir karier yang dibangun akan dirusak oleh rekan satu timnya.

advertisement

Adanya rasa percaya dapat menjadi penegas bahwa setiap orang mempunyai tugas yang berbeda-beda tingkat kesulitannya. Tetapi hal tersebut tidak bisa menghalangi kerja sama tim untuk mencapainya.

Sehingga rekan satu tim akan semakin bersemangat untuk mencapai target yang telah ditetapkan. Dengan begitu pula anggota tim akan lebih yakin bahwa bagaimana pun tugas berat yang mereka miliki, mereka pasti bisa keluar sebagai pemenang karena tugas yang diemban sudah disesuaikan dengan kemampuannya masing-masing.

3. Memiliki Visi dan Misi yang Sama

Cara menjalin kerjasama yang baik dalam tim juga membutuhkan adanya visi dan misi yang sama. Jika setiap anggota dalam tim memiliki visi dan misi yang berbeda-beda, tentu saja mereka akan sulit untuk mencapai suatu tujuan karena keinginan yang mereka miliki pun sudah berbeda.

advertisement

Kerja sama pun akan sulit dilakukan sebab tidak ada kecocokan antar anggota. Bahkan tidak mustahil terjadi perdebatan hingga perselisihan bila tidak ditemukan visi dan misi yang sama dalam suatu tim.

Karenanya mulai dari pimpinan hingga seluruh anggota tim harus mempunyai visi dan misi yang sama sehingga apa pun yang akan dilakukan dapat menunjang tercapainya tujuan yang telah ditetapkan. Milikilah visi dan misi untuk tim dan bukan untuk individu agar kalian bisa berjalan bersama untuk mencapai apa yang telah diinginkan.

Baca Juga: 4 Cara Mengetahui Kelebihan Diri Sendiri Agar Lebih Produktif

advertisement

4. Mengadakan Kegiatan Bersama

Ternyata mengadakan kegiatan bersama bisa menjadi cara menjalin kerjasama yang baik dalam suatu tim. Mungkin kamu sudah sering mendengar istilah bahwa tidak saling mengenal maka tak akan saling menyayangi.

Begitu pun dengan tim kerja yang kamu miliki di perusahaan. Mana mungkin kalian bisa menjalin kerja sama dengan baik bila tidak saling mengenali dan memahami satu sama lain?

Meskipun memiliki kesibukan yang berbeda-beda di luar jam kerja, tetapi kalian perlu menjalin pertemanan yang baik. Untuk membangun kerja sama yang solid kalian perlu melakukan kegiatan bersama, termasuk berbagai hal di luar pekerjaan.

advertisement

Kalian dapat memulai kegiatan dari yang paling sederhana, seperti makan siang bersama. Kegiatan ini bisa dilakukan di kantor atau justru mengunjungi salah satu rumah rekan kerja yang sebelumnya telah disepakati.

Kalian juga bisa melakukan olahraga bersama atau melakukan berbagai hal menyenangkan lainnya saat weekend. Hal-hal seperti ini akan menjalin chemistry kerja sama yang solid dan kuat antar sesama tim.

Membangun kerja sama akan sangat menyenangkan dan cukup menantang untuk dilakukan. Bisakah kamu menjadi bagian dari tim yang solid?

advertisement

Beberapa cara menjalin kerjasama yang baik ini akan menjadikan kalian lebih semangat dalam mencapai target yang sudah diberikan oleh atasan. Temukan juga referensi lainnya di Sanepo untuk menambah wawasanmu!

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *