4 Cara Mengambil Keputusan yang Baik Agar Tidak Salah Langkah

  • Whatsapp
Cara Mengambil Keputusan yang Baik

Cara mengambil keputusan yang baik menjadi langkah yang susah-susah gampang. Tetapi kamu harus berani untuk mengambil keputusan, baik karena sesuatu yang sangat penting atupun hal-hal sepele.

Banyak yang merasa takut untuk mengambil langkah tersebut karena setiap keputusan selalu mempunyai risiko masing-masing. Dan apabaila salah dalam memutuskan, bisa jadi risiko yang harus ditanggung terlalu besar dan menyulitkan. Tetapi kamu tidak perlu terlalu khawatir terhadap hal itu.

Cara Mengambil Keputusan yang Baik Agar Tidak Salah

Meskipun terkadang merasa takut, tetapi mau bagaimana pun kamu tidak bisa terus-menerus mengikuti perkataan orang lain. Kedepannya kamu harus berani mengambil keputusan sendiri dan bertanggung jawab atas pilihanmu.

advertisement

Dengan cara seperti itulah kamu akan terbiasa menjadi orang yang lebih dewasa. Berikut beberapa cara mengambil keputusan yang baik agar kamu tidak salah langkah.

1. Memahami Permasalahannya

Dalam mengambil keputusan yang tepat kamu perlu memahami konteks permasalahannya terlebih dahulu. Keputusan pasti dibuat ketika ada suatu perkara tertentu, bukan? Kamu perlu mencoba memahami secara mendalam terkait permasalahan tersebut.

Tidak langsung mengambil keputusan secara langsung, sebaiknya kamu memikirkan dampak positif dan negatifnya terlebih dahulu. Pahami juga kemungkinan risiko yang bisa saja terjadi. Itu akan berguna dalam proses mempertimbangkan solusi yang hendak diambil.

advertisement

Apabila sudah paham dan merasa sedikit lebih tenang, segeralah untuk mengambil keputusan. Jangan sampai menunggu terlalu lama karena itu hanya akan merugikanmu sekaligus membuang-buang waktu.

Baca Juga: 4 Cara Membangkitkan Semangat dalam diri, Super Ajaib!

2. Tidak Perlu Gegabah

Cara mengambil keputusan yang baik adalah dengan tidak gegabah. Keputusan yang ditentukan dengan tergesa-gesa tidak akan menguntungkan. Tetapi sebaliknya, hal tersebut justru akan menimbulkan penyesalan atau permasalahan baru.

advertisement

Namun demikian, tidak berarti  kamu bisa bersantai-santai dan menganggap bahwa memutuskan segala sesuatu harus menunggu waktu yang tepat. Karena waktu yang tepat sebenarnya kamu sendiri yang menciptakan setelah berhasil menentukan keputusannya.

Semakin lama memikirkan keputusan hanya akan membuat kamu semakin takut untuk melangkah. Akibatnya kamu pun jadi tidak lekas bertindak dan permasalahanmu akan terus berlanjut.

Terus menunda-nunda hanya akan menyudutkanmu dalam permasalahan yang sama. Tidak ada perkembangan yang bisa membuatmu tenang jika terlalu santai untuk memutuskan.

advertisement

Cobalah untuk lebih berani dan lebih yakin bila keputusanmu sudah baik. Kamu pasti mampu menghadapinya setelah mengambil keputusan tertentu.

3. Meminta Saran Orang Lain

Tidak ada salahnya untuk bercerita dan meminta saran dari orang lain yang sudah berpengalaman. Ini adalah cara mengambil keputusan yang baik sehingga kamu bisa memiliki beberapa pertimbangan sebelum menentukan pilihan.

Cara yang satu ini terbilang cukup membantu dan efektif. Pasalnya setiap orang selalu memiliki sudut pandang yang berbeda-beda dalam menilai suatu permasalahan.

advertisement

Apabila kamu berkenan mendengarkan pendapat-pendapat dari orang lain, tentu saja wawasanmu akan semakin luas dan bertambah. Kamu pun akan semakin mudah dalam menentukan keputusannya dengan tepat dan benar.

Jadikan nasihat ataupun pendapat orang lain sebagai bahan pertimbangan untukmu. Sehingga kamu tidak terlalu bingung untuk memutuskan suatu perkara.

4. Jangan Mengambil Keputusan Saat Emosional

Cara mengambil keputusan yang benar dan tepat tidak bisa ditentukan secara emosional. Usahakan bersikap tenang terlebih dahulu sehingga kamu akan lebih mudah berpikir dengan logis.

advertisement

Oleh sebab itulah sebaiknya kamu memang tidak memutuskan sesuatu di saat sedang bersedih ataupun marah. Karena dalam keadaan seperti ini biasanya pilihan yang kamu tentukan hanya bersifat spontan dan cenderung berasal dari kecerobohanmu sendiri sehingga itu tidak akan menguntungkan.

Keputusan yang kamu pilih pun tidak akan pernah rasional dan bisa menimbulkan penyesalan baru. Jadi sebaiknya kamu menunggu suasana hati dan pikiranmu merasa lebih baik.

Kemudian ketika sudah merasa lebih tenang, cobalah menentukan keputusan dengan kepala dingin. Dengan begitu kamu akan mudah untuk melalui masa-masa sulit tertentu.

advertisement

Menentukan keputusan memang bukanlah perkara yang sederhana. Tetapi kamu masih bisa mencoba untuk menemukan solusi yang tepat dengan suasana hati dan pikiran yang tenang.

Baca Juga: 4 Cara Menjadi Diri Sendiri dan Tidak Pemalu yang Harus Kamu Lakukan

Inilah cara mengambil keputusan yang baik agar kamu tidak salah langkah. Cobalah menjadi lebih berani dalam mengambil keputusan agar tidak terjebak dalam suatu permasalahan dalam waktu yang lama. Jangan lupa untuk selalu mengunjungi Sanepo agar bisa menemukan referensi inspirasi lainnya.

advertisement

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *