4 Cara Meminta Tolong yang Baik Kepada Orang Lain Agar Tetap Sopan

  • Whatsapp
Cara Meminta tolong yang baik

Cara meminta tolong yang baik kepada orang lain perlu dilakukan agar tetap terlihat sopan. Setidaknya dengan cara yang baik itulah kamu mempunyai kesempatan lebih besar untuk mendapatkan bantuan.

Sebagai makhluk sosial tidak mungkin kamu bisa hidup sendiri tanpa bantuan dari orang lain. Sekecil apa pun permasalahan ataupun kebutuhanmu, tentu akan memerlukan bantuan orang lain entah itu sahabat, teman, keluarga, atau pasangan.

Cara Meminta Tolong yang Baik Kepada Orang Lain

Ketika membutuhkan bantuan, hal yang akan kamu lakukan adalah meminta pertolongan. Namun, kamu tidak boleh melupakan etika ketika meminta tolong walaupun orang yang ingin kamu minta pertolongan adalah mereka yang sangat dekat denganmu.

advertisement

Lantas bagaimana sebenarnya cara meminta tolong yang benar kepada orang lain?

1. Melihat Kondisi Orang yang Akan Dimintai Tolong

Meskipun kamu sedang terdesak dan perlu meminta tolong, tapi kamu juga harus memperhatikan tentang orang yang akan dimintai tolong. Apakah dia orang yang tepat dan bisa memberikan bantuan kepadamu atau tidak.

Kamu juga perlu mengetahui apakah orang tersebut sedang mempunyai permasalahan yang lebih rumit darimu atau tidak. Jangan sampai kamu meminta bantuan dari orang lain yang ternyata kondisinya lebih lemah daripada kamu.

advertisement

Hal seperti ini hanya akan membuatnya merasa terbebani. Bahkan, bila dia tidak mampu membantu pasti perasaannya akan sangat tidak enak kepadamu. Pada akhirnya justru dialah yang akan merasa bersalah karena tidak mampu memberikan bantuan seperti yang kamu harapkan.

Baca Juga: 4 Cara Berubah Menjadi Lebih Baik dan Dewasa Termudah

2. Mempersiapkan Sikap yang Baik

Salah satu cara meminta tolong yang baik dan sangat penting adalah dengan mempersiapkan sikap sebaik mungkin. Orang lain akan memperhatikan bagaimana caramu meminta bantuan kepadanya.

advertisement

Usahakan agar kamu selalu bersikap sopan, friendly, berkomunikasi dengan baik, serta menggunakan tata bahasa yang tepat dan jelas. Hindari terlalu berbelit-belit karena hal tersebut dapat menimbulkan kebosanan ketika sedang berinterasksi dengan orang yang kamu  inginkan pertolongannya.

Pada intinya kamu perlu berusaha untuk membuat percakapan kalian menjadi menarik dan nyaman. Ketika suasananya sudah mulai mencari, barulah kamu bisa membicarakan keperluanmu dengan lebih serius. Katakan dengan jelas mengenai tujuanmu meminta tolong.

3. Jangan Mendesak

Cara meminta tolong yang baik agar tidak membuat orang lain merasa risi adalah dengan bersikap tenang. Hindari mendesaknya seakan-akan kamu adalah yang paling penting dan harus diprioritaskan.

advertisement

Kamu tidak boleh memberikan tekanan ataupun desakan kepada orang yang kamu mintai pertolongan agar segera menuruti apa yang kamu inginkan. Pikirkanlah kembali bahwa setiap orang mempunyai urusan pribadinya masing-masing.

Tidak menutup kemungkinan orang yang kamu datangi justru mempunyai permasalahan yang lebih serius. Oleh karenanya kamu harus bersikap sopan, sabar, dan mulailah berbicara menggunakan bahasa yang halus untuk meminta tolong.

Baca Juga: 4 Cara Mengambil Keputusan yang Baik Agar Tidak Salah Langkah

advertisement

4. Perhatikan Waktu

Meskipun kamu tidak tahu kapan akan berada pada kondisi yang terdesak, tetapi tetap saja ketika ingin meminta tolong kamu harus memperhatikan waktu. Terkadang membutuhkan bantuan memang bisa datang kapan saja.

Akan tetapi kamu perlu menghargai waktu yang dimiliki orang lain juga sebelum mengganggunya untuk meminta bantuan. Selama keperluanmu tidak terlalu mendesak dan mengancam kehidupanmu, usahakan untuk tetap memilih waktu yang tepat agar orang lain tidak merasa terganggu hingga marah kepadamu.

Pastinya kamu tidak akan meminta tolong pada orang yang sedang tidur apalagi bad mood, kan? Tidak juga bila orang tersebut sedang sibuk atau bersedih. Karenanya kamu harus memilh waktu yang tepat agar bisa mendapatkan pertolongan yang sesuai dengan harapan.

advertisement

Itulah beberapa cara meminta tolong yang baik kepada orang lain. Meskipun sepele, tetapi beberapa hal tersebut tidak boleh sampai kamu abaikan begitu saja. Kamu juga bisa terus mengunjungi Sanepo untuk menemukan berbagai referensi lainnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *