Daftar Aplikasi yang Diblokir Kemendikbud serta Cara Membukanya

  • Whatsapp
Daftar Aplikasi yang Diblokir Kemendikbud serta Cara Membukanya
Daftar Aplikasi yang Diblokir Kemendikbud serta Cara Membukanya
Advertisement
Advertisement

Aplikasi yang Diblokir Kemendikbud Serta Cara Membukanya – Pemerintah telah menutup beberapa akses aplikasi tertentu setelah pengoptimalan pemberian kuota umum internet secara gratis.

Namun, bila Anda tetap ingin bisa masuk ke aplikasi tersebut, Anda dapat menyimak daftar aplikasi yang diblokir Kemendikbud serta cara membukanya:

Advertisements

Daftar Aplikasi yang Diblokir Kemendikbud

Setelah Kemendikbud menyalurkan subsidi kuota gratis tahun 2021, pembelajaran daring mengalami kemajuan pesat. Banyak masyarakat yang merasa terbantu dan berterima kasih akan kehadiran subsidi kuota gratis ini.

Advertisements

Akan tetapi, ada beberapa permasalahan yang menuai kritik dari para siswa. Salah satunya adalah kendala ketika kuota yang digunakan ternyata hanya diperuntukkan untuk mengakses aplikasi tertentu saja.

Seperti yang diketahui, Kemendikbud hanya memperbolehkan siswa menggunakan kuota belajar untuk aplikasi yang mendukung pembelajaran daring. Beberapa diantaranya adalah Google Docs, Ruang Guru, Google Meet, Zoom Video Conference, Edmodo, Duolingo, Zenius, dan lain sebagainya.

Lantas, sudahkah Anda tahu aplikasi apa saja yang telah diblokir oleh Kemendikbud? Ternyata, subsidi kuota belajar dari Kemendikbud tidak dapat mengakses sejumlah aplikasi, seperti Facebook, Twitter, TikTok, Instagram, dan lain sebagainya yang diblokir oleh Kemenkominfo.

Bacaan Lainnya

Advertisements

Pembatasan akses ini dilakukan agar subsidi kuota gratis yang diberikan dapat digunakan secara optimal dan tepat guna. Selain itu, hal ini juga bertujuan agar para siswa dapat lebih fokus dalam mengikuti pembelajaran daring di rumah masing-masing.

Baca juga: Newapps.tech Instagram/Privategram: Lihat Akun Private IG Terbaru 2021

Panduan Buka Aplikasi TikTok yang Diblokir dengan VPN

TikTok merupakan salah satu aplikasi yang populer di segala kalangan. Para pengguna aplikasi TikTok pasti kecewa saat mengetahui fakta terkait kuota subsidi Kemendikbud yang tidak dapat digunakan untuk mengakses TikTok.

Advertisements
Advertisements
Advertisements

Namun, Anda tenang saja. Ternyata, ada alternatif lain agar Anda tetap bisa membukanya. Ingin tahu bagaimana caranya? Ikuti beberapa langkah dibawah ini:

  1. Lakukan riset dan unduh VPN terbaik pilihan Anda
  2. Selanjutnya, instal VPN pada perangkat yang dapat mengakses internet secara optimal
  3. Pastikan perangkat atau ponsel yang Anda gunakan sudah siap
  4. Bukalah koneksi baru
  5. Lalu, cari server yang jaraknya jauh atau dari luar Indonesia
  6. Sambungkan internet ke server pilihan Anda
  7. Cek alamat IP dan pastikan VPN sudah terhubung
  8. Masuklah ke aplikasi TikTok. Kini, Anda sudah dapat mengaksesnya dengan kuota pemerintah

Baca juga: Kenapa Blitz IG Tidak Menyala, Ini Dia Masalahnya!

Trik Buka Aplikasi Instagram yang Diblokir dengan VPN

Instagram juga menjadi salah satu aplikasi yang diblokir Kemendikbud dan Kominfo. Ditutupnya izin akses untuk aplikasi ini membuat Anda tidak bisa mendapat layanan dari sosial media ini. Pelajari cara ini untuk dapat membukanya kembali:

Advertisements
  1. Unduh VPN yang tersedia di Play Store
  2. Pastikan untuk memilih VPN 1.1.1.1
  3. Apabila muncul deskripsi mengenai VPN, cukup ketuk opsi “Lewati”
  4. Setelah berhasil mengunduh dan membukanya, Anda akan dimintai persetujuan. Kemudian, ketuk “Ok”
  5. Selanjutnya, Anda akan diarahkan pada ikon yang dibawahnya bertuliskan “Terputus”. Anda harus menggeser ikon tersebut agar dapat “Terhubung”
  6. Akan muncul ikon pada layar atas perangkat Android Anda. Ini menandakan VPN sudah terhubung dan berjalan pada latar layar Android Anda
  7. Silahkan ketuk “Kembali” untuk keluar dari VPN
  8. Cobalah untuk membuka aplikasi yang diblokir
  9. Instagram sudah bisa diakses menggunakan kuota pemerintah dengan bantuan VPN

Selain itu, Anda juga bisa melihat kuota yang terpakai atau durasi penggunaan VPN dengan cara ketuk informasi “Tersambung VPN 1.1.1.1” di layar. Untuk memutus koneksi VPN, silahkan ketuk “Putuskan” atau apabila ingin membatalkanya ketuk “Batal”.

Dengan mengetahui aplikasi yang diblokir Kemendikbud serta cara membukanya, Anda dapat lebih bebas dan leluasa dalam menggunakan kuota subsidi pemerintah. Akan tetapi, Anda juga harus waspada karena penggunaan VPN bisa membahayakan data pribadi Anda.

Advertisements
Advertisements
Advertisement

Pos terkait

Advertisement

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *