Cara Membagi Wifi Menjadi 2 Router Yang Bisa Kamu Lakukan Dengan Mudah

  • Whatsapp
Cara Membagi Wifi Menjadi 2 Router Yang Bisa Kamu Lakukan Dengan Mudah
Cara Membagi Wifi Menjadi 2 Router Yang Bisa Kamu Lakukan Dengan Mudah

Kaali ini tim sanepo akan membahas beberapa cara membagi wifi menjadi 2 router dan menghubungkannya, bisa kamu lakukan dengan beberapa metode pada artikel ini.

Di era di mana teknologi digital berada pada puncaknya, kamu dapat dengan mudah menghubungkan dua router WiFi secara nirkabel tanpa koneksi kabel apa pun.

Meskipun sebagian besar jaringan komputer rumah hanya menggunakan satu router Wifi, menambahkan router Wifi kedua masuk akal dalam beberapa situasi.

advertisement

kamu dapat menggunakan router Wifi kedua untuk meningkatkan jaringan kabel untuk mendukung perangkat nirkabel.

Untuk itu tim sanepo akan menjelaskan cara membagi wifi menjadi 2 router dan menghubungkannya.

Terkadang sulit untuk meletakkan kabel fisik dari satu ruangan ke ruangan lain karena penampilannya yang berantakan. kamu tidak puas dengan situasi sampai tidak di bawah tanah.

advertisement

Jika kamu mencari peluang untuk menghubungkan Dua Router Wifi satu sama lain untuk meningkatkan sinyal atau jangkauan wi-fi, maka kamu dapat melakukannya.

Yang perlu kamu lakukan hanyalah menghubungkan dua router WiFi secara nirkabel dengan menggunakan jaringan Ethernet atau mode Bridge.

Metode ini sangat berguna untuk sambungan jarak jauh di mana kabel fisik tidak memungkinkan untuk disambungkan, karena masalah panjang dan kelayakan.

advertisement

Manfaat koneksi Dua Router Wifi Secara Nirkabel (Ethernet)

Metode ini tidak hanya menghemat kabel, tetapi juga menghemat waktu untuk meletakkan kabel fisik dan memberi kamu konektivitas bebas perawatan.

Sangat cocok untuk situasi, di mana ada beberapa pekerjaan konstruksi yang sedang berlangsung di stasiun rumah atau kantor.

Memanfaatkan platform terkemuka dari jaringan Ethernet untuk menghubungkan dua router Wi-Fi secara nirkabel dan mengganti kabel fisik dengan koneksi jembatan nirkabel.

Bacaan Lainnya
advertisement

Ini adalah solusi untuk laptop, PC dan perangkat lain yang memiliki port Ethernet.

Tanpa banyak basa basi lagi, mari kita simak beberapa cara membagi wifi menjadi 2 router yang bisa kamu lakukan juga.

Cara Membagi Wifi Menjadi 2 Router

1. menggunakan kabel Ethernet

cara membagi wifi menjadi 2 router

Ini dapat melewati Wi-Fi sama sekali dan terhubung ke router kamu menggunakan kabel. Kabel selalu merupakan pilihan yang lebih baik daripada nirkabel, tanpa kemungkinan putus atau sinyal lemah.

advertisement

Plus, kamu dapat mematikan Wi-Fi router kamu saat kamu membutuhkan koneksi internet kecepatan penuh untuk panggilan Zoom tersebut dan mencegah anak-anak kamu dan perangkat lain menggunakan bandwidth apa pun.

2. Aktifkan guest jaringan

Kabel Ethernet tidak ada gunanya jika kamu ingin menggunakan ponsel atau tablet di jaringan kedua. bahkan jika itu model lama

menawarkan jaringan tamu yang menyediakan akses internet untuk tamu tetapi tidak ada cara untuk melihat-lihat jaringan rumah kamu dan mengakses perangkat apa pun yang terhubung dengannya.

advertisement

kamu harus masuk ke antarmuka web perute (di browser) untuk mengetahui apakah ia memiliki pilihan untuk jaringan tamu. Biasanya itu dinonaktifkan secara default.

Tetapi di mana jaringan tamu didukung, mereka biasanya juga memiliki pengaturan di mana kamu dapat membatasi berapa banyak bandwidth yang dapat digunakan tamu.

Misalnya, jika kamu memiliki koneksi broadband 20Mbps, menyetel jaringan tamu agar memiliki 10% dari bandwidth yang tersedia memberikan 2Mbps untuk dibagikan kepada semua pengguna tamu.

advertisement

kamu akan dapat mengatur nama jaringan kata sandi terpisah untuk jaringan ini dan itu hanya kasus menghubungkan semua perangkat anak-anak.

kamu (dan perangkat rumah pintar lainnya) ke jaringan baru dan ‘melupakan’ jaringan lama sehingga mereka tidak bisa sambungkan kembali dengannya.

cara membagi wifi menjadi 2 router yang lebih mudah adalah dengan mengubah kata sandi jaringan lama.

advertisement

3. Gunakan adaptor powerline dengan Wi-Fi

Cara membagi wifi menjadi 2 router menggunakan adaptor powerline dengan Wi-Fi

Jika tidak ada metode di atas yang berlaku untuk kamu, maka opsi terakhir kamu adalah membeli lebih banyak perangkat keras.

kamu dapat membeli router baru yang menawarkan jaringan tamu, atau bahkan sistem Wi-Fi mesh.

Kit mesh sangat meningkatkan jangkauan dan kecepatan Wi-Fi di sebagian besar rumah dan banyak yang dilengkapi dengan kemampuan untuk menjeda Wi-Fi untuk perangkat tertentu.

advertisement

Pilihan lainnya adalah membeli powerline kit dengan Wi-Fi, seperti Tenda PH5 yang ditunjukkan di bawah ini.

Colokkan adaptor non-Wi-Fi ke soket listrik di dekat router kamu dan sambungkan keduanya dengan kabel Ethernet.

4. Jaringan Wi-Fi rumah kedua

Colokkan adaptor lain (setelah memasangkan, jika perlu) ke soket daya lain di rumah kamu dan itu akan membuat jaringan Wi-Fi baru tempat kamu dapat menghubungkan perangkat yang sedang kamu gunakan.

advertisement

Seperti cara membagi wifi menjadi 2 router menggunakan kabel Ethernet di atas, jika kamu ingin menghentikan orang untuk menggunakan internet kamu dengan streaming Netflix dan YouTube, cukup nonaktifkan Wi-Fi di router kedua kamu, jaringan nirkabel baru kamu akan terus berfungsi.

Penutup

Demikian informasi seputar cara membagi wifi menjadi 2 router yang bisa kamu lakukan, kamu juga dapat membaca postingan sebelumnya tentang cara menyambungkan router ke router.

advertisement

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *