Kenapa Blitz IG Tidak Menyala, Ini Dia Masalahnya!

  • Whatsapp
Kenapa Blitz IG Tidak Menyala, Ini Dia Masalahnya!
Kenapa Blitz IG Tidak Menyala, Ini Dia Masalahnya!

Kenapa Blitz IG Tidak Menyala – Belakangan ini, banyak pengguna Instagram yang bertanya-tanya, kenapa blitz IG tidak menyala? Pasalnya, banyak pengguna yang mendapat masalah akibat blitz HP-nya tidak menyala saat membuka instastory.

Padahal, blitz kamera Instagram sangat penting untuk memberikan pencahayaan saat menjepret gambar di Instagram atau merekam video ketika kondisi gelap. Pada dasarnya, kejadian seperti ini memang cukup jarang terjadi. Jika ingin tahu lebih lengkap, yuk simak penjelasan di bawah ini:

Bacaan Lainnya

Fungsi Blitz di Instagram

Pada dasarnya, blitz di Instagram berfungsi untuk menambah intensitas cahaya apabila Anda mengambil foto di ruangan yang gelap. Dimana, fungsi ini sebenarnya sama seperti kamera belakang dan flash di handphone Anda.

Namun, perbedaannya fungsi blitz di Instagram lebih bagus karena akan tampak lebih terang dan tidak blur ketika upload.

Penyebab Blitz IG Tidak Menyala

Jika Anda ingin tahu, kemungkinan ada beberapa alasan kenapa blitz IG tidak menyala. Alasan yang paling sering ditemukan adalah karena terjadi error pada aplikasi.

Selain itu, blitz tidak menyala juga dapat disebabkan karena aplikasi Instagram Anda belum di-update. Lantas, bagaimana cara memperbaikinya?

Cara Mengatasi Blitz IG Yang Tidak Menyala

Cara Mengatasi Blitz IG Yang Tidak Menyala
Cara Mengatasi Blitz IG Yang Tidak Menyala

Terdapat beberapa cara yang mungkin bisa Anda coba untuk mengatasi permasalahan ini. Berikut beberapa tips yang dapat Anda terapkan:

1. Pastikan Blitz Kamera Tidak Bermasalah

Ketika Anda mengambil foto dengan menggunakan flash di Instagram, tapi tiba-tiba tidak bisa digunakan, maka bisa jadi kejadian ini disebabkan oleh permasalahan pada flash kamera Instagram. Untuk mengetahuinya, Anda bisa cek flashlight dengan aplikasi bawaan di handphone.

Namun, apabila masalah tak kunjung usai, solusinya adalah membawa handphone Anda ke tempat service untuk perbaikan flash.

2. Gunakan Kamera Bawaan

Jika kamera flash di Instagram Anda mengalami error, coba gunakan flashlight pada kamera belakang handphone Anda terlebih dahulu. Biasanya, cara ini dapat memancing kondisi blitz yang error di Instagram.

Namun, jika masalah masih tetap tidak terpecahkan, jangan terlalu memaksakannya. Anda masih bisa upload instastory atau postingan ke Instagram meskipun tanpa blitz.

3. Update Aplikasi Instagram

Setiap aplikasi pasti perlu melakukan pembaruan untuk menambah fitur. Bahkan, update yang dilakukan dapat memperbaiki error pada aplikasi. Maka dari itu, coba update aplikasi Instagram Anda di Play Store atau App Store terlebih dahulu.

Setelah melakukan pembaruan aplikasi Instagram, silahkan Anda login kembali. Kemudian, coba gunakan kamera belakang dan flash di aplikasi Instagram. Periksa apakah blitz sudah berjalan seperti biasa atau tidak.

Baca juga: Cara Menganti Server Di Among Us dengan Mudah

4. Bersihkan Cache

Layaknya update, setiap aplikasi juga membutuhkan pembersihan cache secara rutin. Jika sampah aplikasi terlalu menumpuk, aplikasi dapat mengalami error. Apalagi, bobot aplikasi Instagram terbilang cukup besar.

Bila Anda menghapus atau membersihkan cache pada aplikasi di handphone, diharapkan error yang terjadi bisa teratasi. Adapun, langkah-langkah yang Anda bisa ikuti untuk membersihkan cache adalah sebagai berikut:

  1. Pertama, buka menu pengaturan di ponsel Anda
  2. Masuklah ke manajemen atau pengelola aplikasi
  3. Pilih aplikasi Instagram
  4. Jika sudah muncul, ketuk aplikasi Instagram
  5. Terakhir, ketuk penyimpanan dan hapus cache

Baca juga: Cara Menghapus Postingan Di Snack Video

5. Hapus Data

Jika menghapus cache masih belum bisa mengatasi masalah blitz pada Instagram di handphone Anda, Anda terpaksa harus melakukan cara ini. Pilihan terakhir adalah dengan menghapus seluruh data Instagram Anda.

Sebelum menerapkan cara ini, ada baiknya jika Anda mengingat password dan username terlebih dahulu. Selanjutnya, ikuti beberapa langkah dibawah ini:

  1. Pertama, buka menu pengaturan
  2. Masuklah ke pengelola aplikasi dan pilih aplikasi Instagram
  3. Kemudian, ketuk penyimpanan dan hapus data

Jika segala cara diatas sudah Anda lakukan, tapi hasilnya tetap nihil, maka Anda dapat membawa handphone ke konter. Daripada pusing memikirkan kenapa blitz IG tidak menyala, lebih baik Anda berpose ria dengan memanfaatkan aneka filter di Instagram.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *