4 Jawaban Ketika Mantan Minta Maaf, Buktikan Kamu Sudah Bahagia

  • Whatsapp
Jawaban Ketika Mantan Minta Maaf

Jawaban ketika mantan minta maaf harus dipertimbangkan dengan baik agar kamu tidak melakukan kesalahan. Karena mantan yang tiba-tiba menghubungimu dan meminta maaf bukan berarti dia ingin mengajakmu balikan.

Bisa saja dia meminta maaf untuk meluruskan permasalahan yang sebelumnya pernah terjadi. Selain itu ada kemungkinan permintaan maafnya bertujuan untuk melihat seberapa jauh kamu telah move on darinya.

Bagi sebagian orang meminta maaf bukanlah hal yang mudah. Banyak yang memilih untuk menganggap diri sendiri sebagai orang yang benar daripada harus mengalah dengan orang lain, mungkin termasuk juga dengan mantanmu.

advertisement

Oleh karenanya ketika dia berusaha meminta maaf, kamu harus lebih mengerti situasinya. Siapa tahu dia hanya ingin mengetahui kondisimu tanpa dirinya.

Karenanya kamu harus memberikan jawaban yang tepat untuk membuat dia mengerti terhadap maksud yang kamu tujukan. Agar kedepannya tidak ada kesalahpahaman di antara kalian.

Jawaban Ketika Mantan Minta Maaf

Agar kamu bisa lebih cepat move on memang dibutuhkan usaha yang lebih maksimal. Meskipun terkesan sepele, tetapi urusan hati tidak dapat diremehkan begitu saja.

advertisement

Banyak orang yang merasa tertekan karena cintanya kandas di tengah perjalanan. Ada pula yang sampai sulit percaya terhadap orang baru karena menganggapna sama seperti yang orang di masa lalunya.

Bukankah hal seperti itu juga termasuk dampak buruk dari putus cinta? Oleh karenanya bila hubunganmu telah  berakhir, sebaiknya kalian memang saling memaafkan.

Namun, kamu juga harus menggunakan kalimat yang tepat dalam memberikan jawaban ketika mantan minta maaf. Mungkin putus merupakan jalan terbaik agar kamu dapat berbahagia dengan kehidupan selanjutnya bersama orang baru.

advertisement

Lantas, apa saja yang harus dilakukan sebagai respons positif ketika mantanmu meminta maaf? Beirkut beberapa referensi jawaban yang dapat kamu ketahui.

1. Dengarkan Permintaan Maafnya dan Cukup Ucapkan Terima Kasih

Hal pertama yang harus kamu lakukan ketika dia melakukan permohonan maaf kepadamu yakni dengan mendengarkannya. Bisa jadi selama ini dia merasa bersalah karena sudah menyakiti dan tidak mampu menjaga hubungan kalian dengan baik.

Tanpa kamu ketahui mungkin saja dia sudah merenungkan setiap kejadian yang selama ini kalian lewati bersama. Sehingga dia menyadari dengan sangat bagaimana sikapnya kepadamu, termasuk kesalahan terbesarnya yang pernah dilakukan selama menjalin hubungan.

advertisement

Apabila dia sudah menjelaskan alasannya meminta maaf kepadamu, maka kamu tidak perlu merasa terlalu terkesima. Hindari salah tingkah dan sebaiknya bersikaplah dengan tenang dan elegan.

Dan sebagai balasannya, sebaiknya kamu hanya mengucapkan terima kasih dan sama-sama saling memaafkan. Dengan begitu kamu akan lebih lega karena sudah memaafkan orang yang berbuat kesalahan.

Baca Artikel Terkait: 5 Cara Menghibur Orang Galau, Kembalikan Keceriaannya dengan Segera

advertisement

2. Katakan Bahwa Kamu Sudah Melupakannya

Ketika mantanmu menghubungi dan meminta maaf baik secara langsung ataupun hanya melalui chatt, pastikan kamu membacanya dengan baik. Perhatikan poin-poin yang dia sampaikan.

Karena biasanya dia yang meminta maaf secara mendadak disebabkan oleh tuntutan hati. Bisa jadi dia sudah memahami bahwa keputusannya dalam menyikapi penyebab berakhirnya hubungan kalian adalah sebuah kesalahan.

Karenanya dia memintamu untuk memaafkan kesalahannya. Terlebih bila dia mengucapkan terima kasih, barangkali hal tersebut dia ungkapkan untuk semua kebaikan yang kamu berikan selama ini.

advertisement

Apabila demikian, kamu dapat membalas permohonan maafnya dengan mengatakan bahwa kamu sudah melupakan kesalahannya. Dan katakan pula bahwa sebaiknya kalian dapat menjalani kehidupan masing-masing tanpa mengingat masa lalu yang sudah tidak penting di saat sekarang.

Meskipun kamu masih mengingat dengan jelas kesalahan yang dia lakukan, tetapi jawaban tersebut dapat mengakhiri pembahasan tersebut agar dia tidak merasa diberi harapan lagi.

3. Buat Dia Paham Bahwa Kamu Baik-baik Saja

Biasanya mantan yang minta maaf karena ingin mengetahui bagaimana kondisimu tanpa dirinya. Hal tersebut dia lakukan karena merasa penasaran apakah kamu bahagia atau justru sebaliknya.

advertisement

Apabila dia tiba-tiba menghubungimu dan mengatakan penyesalannya, sebaiknya kamu tidak langsung menunjukkan sikap ‘terbuka’. Di mana hal itu hanya akan membuatnya berpikir bahwa kamu masih mengharapkannya.

Oleh karenanya untuk memberikan jawaban ketika mantan minta maaf kamu perlu memberikan penjelasan dengan jelas. Katakan bahwa setelah hubungan kalian berakhir kamu sangat baik-baik saja.

Buat dia mengerti bahwa kamu tidak membutuhkan kepedulian darinya lagi karena kalian sudah tidak mempunyai hubungan apa pun. Dengan begitu dia akan mengerti bahwa kamu memang sudah tidak membutuhkannya lagi.

advertisement

Baca Juga: 14+ Panggilan Sayan yang Unik dan Langka Banget, Dijamin Romantis

4. Ungkapkan Bila Kamu Sudah Lebih Bahagia

Mungkin kamu merasa percaya diri bahwa dia merindukanmu setelah putus. Atau kamu memang sudah tahu bahwa dia memang kangen kepadamu?

Meskipun demikian, kamu tidak perlu memberikan harapan kepadanya bila memang tidak bermaksud untuk balikan. Oleh karena itulah bila dia meminta maaf kamu hanya perlu mengatakan bahwa setelah hubungan tersebut berakhir, kamu sudah lebih bagia daripada sebelumnya.

advertisement

Kalimat seperti itu akan memberikan dia pelajaran bahwa mungkin selama ini sikapnya memang banyak yang salah. Dia akan lebih introspeksi diri agar kedepannya hal tersebut tidak dia lakukan lagi kepada orang lain.

Memaafkan tanpa menyimpan kebencian memang menjadi hal yang susah-susah gampang. Pasti ada rasa sakit hati yang tersimpan walaupun hanya sedikit saja.

Mengalami putus cinta merupakan hal yang cukup menyakitkan dan mungkin dapat menekan pikiran. Namun, kamu tidak boleh egois dengan terus-menerus membenci mantan.

advertisement

Apabila dia memang memiliki maksud yang baik, tak ada salahnya kamu memberikan respons yang baik pula. Dan berikan pengertian yang jelas bahwa kamu sudah bahagia tanpanya.

Itulah beberapa model jawaban ketika mantan minta maaf yang dapat kamu pahami. Untuk mendapatkan informasi terkait relationship kamu masih bisa membuka artikel lainnya di sanepo.

advertisement

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *