4 Cara Menghadapi Mantan yang Membuka Aib Kita, Wajib Waspada

  • Whatsapp
enghadapi Mantan yang Membuka Aib Kita

Menghadapi mantan yang membuka aib kita bukan perkara mudah yang bisa dilakukan dengan sembrono. Perlu pemikiran yang matang dalam menyikapinya agar tidak menimbulkan permasalahan baru.

Semua orang mengerti bila benci bisa saja menjadi cinta, tetapi hal yang sebaliknya pun bisa saja terjadi. Patah hati dan kekecewaan bahkan dapat mengubah sikap seseorang dan juga mengubah rasa cinta sebagai kebencian yang harus dibayar sampai tuntas.

Untuk mendapatkan kepuasan karena berhasil membuat orang yang dulu dicintai merasa susah, terkadang seseorang rela melakukan berbagai hal tidak terpuji. Misalnya dengan mengancam atau justru membuka aib dan kejelekan yang dia ketahui.

Lantas apa yang harus kamu lakukan untuk menghadapi mantan yang membuka aib kita? Mungkin ada beberapa orang yang baik-baik saja dengan hal seperti ini, tetapi ada pula yang merasa sangat terganggu hingga tidak bisa hidup dengan tenang.

Cara Menghadapi Mantan yang Membuka Aib Kita

Seperti apa hal-hal yang dapat kamu lakukan ketika mengetahui mantan menjelek-jelekkan kamu pada orang lain? Berikut beberapa hal yang dapat kamu pertimbangkan.

1. Jangan Memberikan Respons

Sudah jelas kamu akan merasa kesal saat mantan kekasih bukan hanya mencibir tetapi juga menyebarkan kebohongan tentangmu. Dia bersikap seakan-akan menjadi korban dalam setiap hal dan menyalahkanmu atas berbagai hal tersebut.

Namun, daripada melabrak dan memarahi dia, lebih baik kamu bersikap tenang dan tidak usah memberikan respons kepadanya. Kamu hanya perlu memantau sejauh mana dia akan bertindak.

Hal ini bertujuan agar kamu punya persiapan yang matang untuk menghadapinya bila sampai dia menceritakan kejelekan yang pernah kamu lakukan. Setiap manusia tidak ada yang sempurna, bukan? Oleh karenanya sembari memantau kamu juga harus bersiap untuk melakukan tindakan tegas saat dia sudah melewati batas.

Baca Juga: 6 Penyebab Mantan Sudah Punya Pacar Lagi Tapi Masih Menghubungi Kita

2. Berbicara Langsung Dengannya

Untuk menghadapi mantan yang membuka aib kita tentu saja kamu harus bersikap gentle. Kamu tidak bisa membiarkan dia semaunya sendiri dan merasa menang karena sudah mencemarkan nama baikmu.

Tetapi perlu diingat bahwa kamu juga tidak boleh gegabah dalam mengambil tindakan, ya! Jika memang kamu mengetahui dia membuka aibmu, cobalah untuk bertemu dan berbicara langsung dengannya.

Kamu bisa bertanya maksud dari perbuatannya itu. Siapa tahu dia memang sedang mengujimu dan menunggu kamu datang untuk meminta maaf terhadap kesalahan masa lalumu kepadanya.

3. Tetap Teguh Pendirian

Ketika mantan kekasih menyebarkan kejelakan ataupun aib yang sebenarnya tidak kamu lakukan dan berhasil mempengaruhi banyak orang, kamu harus tetap teguh pendirian.

Ketika mereka bertanya kepadamu tentang kebenarannya, kamu harus memberikan jawaban dengan jujur sesuai dengan faktanya. Tidak perlu takut dan terlalu khawatir agar kamu tidak melakukan kesalahan.

Sebab pada saat seperti itu orang lain pasti akan memahami setiap gerak-gerikmu. Sehingga kesalahan kecil yang kamu perbuat dapat dianggap sebagai ‘pembenaran’ bahwa apa yang dikatakan oleh mantanmu memang nyata. Dan mereka juga akan menganggapmu sedang menutu-nutupi kesalahan.

Karenanya kamu perlu bersikap tenang dalam menghadapi mantan yang membuka aib kita. Jika mereka memang tidak mau mendengarkanmu, biarkanlah saja dan tidak perlu mempedulikannya. Kamu hanya perlu berbuat baik pada siapa pun tanpa harus meminta pengakuan.

Baca Juga: 4 Alasan Cowok Susah Minta Maaf Padahal Baru Saja Berbuat Salah

4. Meminta Bantuan Pada Orang Terdekat

Apabila mantanmu sudah keterlaluan saat menjelek-jelekkan kamu, apalagi sampai membuka aibmu kepada banyak orang, tak ada salahnya kamu meminta bantuan kepada orang terdekat.

Kamu bisa meminta tolong kepada sahabat atau keluarga agar mereka menjadi penengah. Mereka juga bisa berbicara dengan mantanmu dan mencari penyebab yang membuatnya melakukan hal tersebut.

Bagaimana pun bila terus-terusan dijelek-jelekkan pasti rasanya sangat tidak nyaman, bukan? Jadi bila kamu khawatir dia akan semakin bertindak frontal, segeralah melakukan tindakan tegas melalui bantuan orang terdekat.

Ada baiknya juga bila langkah ini dapat membuat kalian berdamai. Sehingga kedepannya kamu dan mantan kekasih bisa sama-sama menyimpan rahasia yang seharusnya memang hanya diketahui berdua saja.

Kamu harus tetap pikirkan dengan matang tindakan seperti apa yang akan kamu lakukan, ya! Selain itu kamu juga bisa mengunjungi Sanepo untuk mendapatkan referensi relationship lainnya.

Menghadapi mantan yang membuka aib kita memang tak gampang. Terkadang kamu bisa langsung tersulut emosi saat tahu sikapnya ini. Akan tetapi bila dilawan dengan amarah, apa pun bentuk kejahatan yang dia lakukan justru akan sulit ditangani dan kamu malah terjerumus dengan permasalahan baru.

Jangan lupa juga untuk ikuti artikel terbaru dari Sanepo agar nggak ketinggalan berita menarik lainnya dengan cara mengikuti Google Berita Sanepo, Telegram @sanepo_com dan Facebook Sanepo kami.

text-center">

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *