4 Cara Menghadapi Mantan Pacar yang Mengancam, Wajib Waspada!

  • Whatsapp
Cara Menghadapi Mantan Pacar yang Mengancam

Cara menghadapi mantan pacar yang mengancam harus dilakukan dengan sikap yang tenang. Kamu tidak boleh gelisah dan gegabah dalam mengambil langkah agar tidak melakukan kesalahan.

Memang tidak semua orang bisa berdamai dan menerima keadaan setelah hubungan yang dijalaninya kandas. Segala cara bisa dilakukan untuk kembali menjalin hubungan. Tidak peduli bahwa yang dilakukannya adalah hal yang salah dan membahayakan.

Namun, masih ada yang lebih menakutkan yakni ketika mantanmu sampai memberikan ancaman atau menyebarkan berbagai hal yang terkait privasimu jika sampai kamu menolak ajakannya untuk balikan.

advertisement

Cara Menghadapi Mantan Pacar yang Mengancam

Tidak sedikit ditemukan permasalahan tentang ancaman yang dilakukan oleh mantan kekasih. Tetapi semoga saja kamu tidak pernah mengalaminya, ya!

Meski demikian, tetap ada baiknya kamu mengetahui langkah seperti apa saja yang perlu dilakukan bila sampai berada dalam kondisi sulit seperti ini. Sebaiknya kamu memang harus cerdas dan tangkas untuk menghadapi mantan yang mengancam. Beberapa hal berikut ini dapat kamu lakukan supaya dia merasa jera.

1. Jangan Hanya Pasrah

Banyak orang yang kebingungan dan tertekan karena terlalu pasrah ketika dihadapkan dengan permasalahan. Termasuk juga ketika ada mantan yang menyerang dengan berbagai ancaman.

advertisement

Ketika mantanmu mulai datang dan memberikan ancaman melalui telepon ataupun chat, katakan padanya bahwa kamu akan bersikap dengan tegas. Bersikaplah setenang mungkin dan jangan panik agar dia tidak merasa bahwa kamu sedang ketakutan.

Kamu mungkin memang merasa khawatir dan terintimidasi, tetapi sebaiknya jangan menunjukkan hal tersebut kepadanya. Apabila ingin menangis dan marah, lakukanlah ketika dia tidak menghubungimu.

Dengan begitu kamu akan lebih mudah menentukan pilihan selanjutnya, apakah ingin melaporkannya kepada pihak berwajib atau hanya mengatakannya kepada keluargamu saja. Ketenanganmu justru akan membuatnya enggan melanjutkan niat buruk itu karena kamu sendiri bahkan sudah siap untuk segala risikonya.

advertisement

Baca Juga: 4 Pertanyaan Menjebak untuk Pacar dalam Menguji Kesetiaannya

2. Melapor Pada Pihak Berwajib

Ancaman menjadi salah satu bentuk tindak kejahatan yang tidak bisa dibiarkan. Jika kamu sudah merasa terganggu dan tidak nyaman dengan ancaman mantan, cobalah untuk melaporlannya ke polisi dan katakan dengan jelas permasalahan yang kalian miliki.

Langkah ini akan menjadi cara menghadapi mantan pacar yang mengancam. Mantanmu pasti bisa terkena pidana dan mungkin akan tinggal dalam jeruji besi selama empat tahun.

advertisement

Perkara yang sepele memang bisa menimbulkan dampak yang cukup berat, termasuk ketika mantanmu memberikan ancaman kepadamu. Sebab memberikan ancaman secara tulisan ataupun lisan, memaksakan seseorang untuk memberikan barang kepemilikannya secara menyeluruh ataupun sebagian, dan juga ketika ada ancaman tentang membuka rahasia, dan berbagai ancaman lainnya, pasti akan menyeret mereka (pelaku ancaman) dalam kasus hukum.

Kamu yang dilindungi oleh hukum harus menggunakan hal ini dengan sebaik-baiknya. Memang mengurus sesuatu di kepolisian tidak semudah yang dibayangkan. Tetapi bila hal tersebut dapat menyelamatkanmu dari ketidaknyamanan yang berkelanjutan, tidak ada salahnya untuk merelakan sedikit waktu dan tenaga guna mengurusnya.

Kamu dapat menunjukkan barang bukti berupa rekaman ataupun chat berisi ancaman kepada polisi agar laporanmu dapat ditindak lanjuti. Siapa tahu dia juga akan langsung meminta maaf dan mundur karena tidak mau kamu penjarakan. Sehingga kamu bisa menjalani hidup dengan normal dan bahagia tanpa beban menakutkan lagi.

advertisement

3. Jangan Hanya Masa Bodoh

Pahamilah bahwa tidak semua ancaman mantan hanya sekadar gertakan saja. Terkadang mereka memang benar-benar memberikan ancaman agar kamu bisa menuruti semua yang mereka inginkan.

Oleh karenanya cara menghadapi mantan pacar yang mengancam adalah dengan berani bertindak tegas. Kamu tidak boleh bersikap masa bodoh dengan ancaman dari mantan sekecil apa pun itu.

Untuk mencegah terjadinya hal yang buruk, kamu dapat membicarakan permasalahan tersebut dengan sahabat ataupun keluarga terdekat. Cermati dengan baik ancaman yang mantanmu berikan sehingga kamu bisa menentukan solusinya.

advertisement

Ada baiknya juga bila kamu bisa mendiskusikan permasalahan tersebut kepada orang yang telah berpengalaman. Dengan begitu kamu bisa mendapatkan bantuan dengan mendengarkan sarannya atau bahkan orang tersebut justru memberikan bantuan lain yang lebih berharga untukmu. Jadi dengan beginilah ancaman tersebut bisa diatasi sebelum terlambat.

Baca Juga: Media Sosil Diblokir Mantan Artinya Apa? Ini 4 Alasan Logisnya

4. Berhati-hati

Ketika mendapatkan ancaman dari mantan kekasih, kamu harus bersikap hati-hati dalam setiap hal. Perhatikan dengan baik seperti apa ancaman yang dia berikan.

advertisement

Jika hal tersebut cukup menakutkan dan membahayakan hidupmu, cobalah untuk langsung mengatakannya kepada orang tuamu. Pastikan kamu tidak bepergian sendirian dan selalu ajaklah orang lain dalam keluargamu untuk menemani.

Kirimkan alamat melalui Google Map kepada orang terdekatmu setiap kali bepergian agar mereka bisa mengetahui di mana keberadaanmu. Sehingga bila terjadi hal buruk padamu, mereka akan lebih tanggap untuk mencari bantuan dan menemukanmu.

Jangan bepergian saat malam hari dan pastikan daya ponselmu selalu terisi penuh. Pilihlah nomor orang yang paling berpotensi memberikan pertolongan dan simpanlah pada “panggilan cepat” di fitur panggilan.

advertisement

Beberapa langkah ini akan menjadi cara menghadapi mantan pacar yang mengancam. Kamu pun bisa lebih berhati-hati sehingga dia tidak punya kesempatan untuk menyakitimu.

Nah, itulah beberapa cara menghadapi mantan pacar yang mengancam untuk kamu ketahui. Semoga hal-hal buruk tidak mengganggumu dalam urusan asmara, ya! Selalu kunjungi Sanepo secara berkala agar kamu bisa menemukan referensi terbaik dan up to date.

advertisement

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *