Ini Dia 19 Provinsi Terancam Banjir Bandang, Kamu Patut Waspada

  • Whatsapp
19 Provinsi Terancam Banjir Bandang
ilustrasi gambar terkait dengan 19 Provinsi Terancam Banjir Bandang

Sanepo Media – baru baru ini BMKG telah mengeluarkan peringatan pada 19 Provinsi Terancam Banjir Bandang di indonesia yang sangat berpotensi.

peringatan tersebut didasari pada curah hujan yang telah terjadi pada beberapa hari terakhir ada ke 19 Provinsi Terancam Banjir Bandang ini.

peringatan terhadap 19 Provinsi Terancam Banjir Bandang tersebut berlaku mulai 07.00 WIB pada senin tanggal 20 september sampai tgl 21 september di jam yang sama.

advertisement

19 Provinsi Terancam Banjir Bandang tersebut antara lain Aceh, Jambi, Banten, Bengkulu, Sumatera Selatan, Kalimantan Utara, Kalimantan Barat, jawa Barat.

Sulawesi Barat, Sulawesi Timur, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tengah, Gorontalo, Maluku, Papua, dan Papua Barat.

demikian beberapa wilayah provinsi yang terancam terjadinya banjir bandang yang telah di peringatkan oleh BMKG.

advertisement

pada beberapa pekan sebelumnya, BMKG juga telah memberikan peringatan dini kepada beberapa provinsi yang berpotensi terdampak banjir bandang.

kemungkinan hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang di sebagian besar provinsi di Indonesia pada Minggu (19/9).

BMKG mengeluarkan peringatan dini tersebut ke beberapa provinsi di indonesia, perovinsi tersebut antara lain, Aceh, Banten, Jawa Barat, Bengkulu, DKI Jakarta, Jambi, Jawa Timur, Kalimantan Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Lampung, dan Maluku.

advertisement

Provinsi Papua, Papua Barat, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Riau, Sumatera Barat, Sumatera Utara dan Sumatera Selatan, diperkirakan akan mengalami hujan dengan curah sedang hingga lebat.

Selain itu, BMKG juga mengeluarkan peringatan dini mengenai kemungkinan meningkatnya kecepatan angin di sebagian daerah Provinsi Nusa Tenggara Barat, antara lain Lombok Barat, Mataram, Lombok Timur, Lombok Tengah, Bima dan Sumbawa.

Sementara itu, Provinsi NTT menurut BMKG berpotensi terdampak angin kencang dan juga risiko kebakaran hutan dan lahan.

advertisement

BMKG mengingatkan pengguna jasa kelautan untuk mewaspadai gelombang tinggi yang masih berpeluang terjadi di laut selatan Jawa Barat, Jawa Tengah, hingga kawasan khusus Jogjakarta.

“Oleh karena itu, peringatan dini gelombang tinggi di Perairan Selatan Jabar – Jojakarta dan Samudera Hindia Selatan Jabar – Jojakarta hingga Minggu 19 september 2021.

Menurut analisis cuaca dari BMKG Rendi Krisnawan, tinggi gelombang baik di perairan selatan Jabar dan Jogjakarta serta Samudera Hindia bagian selatan di Jabar-Jojakarta berpotensi mencapai kisaran 4-6 meter dan termasuk dalam kategori sangat tinggi.

advertisement

Peningkatan tinggi gelombang dipengaruhi oleh adanya rezim tekanan rendah sebesar 1.008 hPa di Laut Cina Selatan sebelah timur Filipina.

“Angin di Indonesia bagian selatan bergerak signifikan dari timur ke selatan dengan kecepatan antara 5 hingga 25 knot.

Hembusan angin yang cenderung searah dengan kecepatan tinggi yang akan berdampak pada peningkatan tinggi gelombang laut.

advertisement

Kamu juga bisa melihat detail peringatan tersebut pada halaman BMKG dengan url yang dapat kamu akses melalui link ini https://signature.bmkg.go.id

selain itu BMKG juga memiliki layanan informasi cuaca yang siap sedia 24 jam yang bisa kamu hubungi melalui call center BMKG 021-196, atau melalui website resmi BMKG.

Dengan melalui website maupun call center BMKG tersebut, kamu bisa mengetahui beberapa informasi yang dapat kamu tanyakan seputar cuaca maupun yang terjadi pada beberapa hari terakhir.

advertisement

demikian informasi seputar berita mengenai 19 provinsi terancam banjir bandang yang dapat di sampaikan. Terus kunjungi sanepo media agar kamu mendapatkan informasi terbaru dan terupdate setiap harinya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *