tutorial cara menggambar bunga

SANEPO – Mempercantik dindin rumah dengan hiasan berupa gambar bunga tidak hanya akan membuat penampilannya semakin cantik tapi juga bikin penghuninya betah. Ada tutorial cara menggambar bunga di dinding yang wajib banget untuk Anda coba buat!

Selain tutorial cara menggambar bunga di dinding atau tembok rumah, SANEPO juga akan berikan tutorial menggambar bunga di batu yang bisa Anda jadikan sebagai hiasan di rumah.

Penasaran bukan, dengan tutorial cara menggambar bunga baik itu di tembok maupun batu untuk menambah keindahan di rumah? Yuk, langsung saja simak ulasannya di bawah ini!

Tutorial Cara Menggambar Bunga di Tembok dan Batu

Berikut ini adalah tutorial cara menggambar bunga di media dinding atau tembok rumah dan batu yang bisa Anda temukan di sekitar rumah:

Tutorial Cara Menggambar Bunga di Tembok

tutorial cara menggambar bunga
Tutorial Cara Menggambar Bunga di Tembok dan Batu dengan 6 Langkah yang Mudah, Wajib Bikin!

Tutorial cara menggambar bunga di tembok adalah cara kreatif untuk menghias dinding interior atau eksterior ruangan Anda. Berikut adalah tutorial sederhana tentang cara menggambar bunga di tembok:

Bahan yang Diperlukan:

  1. Cat dinding (pilih warna yang sesuai dengan latar belakang dinding)
  2. Kuas cat dinding
  3. Pensil
  4. Penghapus
  5. Kertas gambar (opsional)
  6. Alat pelindung (kain, pelindung lantai, dan lain-lain)
  7. Rujukan gambar bunga (jika Anda memerlukannya)

Langkah-langkah:

Persiapkan Dinding:

Pastikan dinding yang akan digambar bersih dan kering. Jika ada noda atau di dinding, bersihkan terlebih dahulu. Gunakan alat pelindung seperti kain, pelindung lantai, dan tape untuk melindungi area sekitar yang tidak ingin Anda cat.

Sketsa Bunga (Opsional):

Jika Anda merasa lebih nyaman dengan sketsa terlebih dahulu, gunakan pensil untuk menggambar sketsa bunga di dinding. Anda juga dapat menggunakan kertas gambar untuk menggambar sketsa bunga terlebih dahulu, lalu mentransfernya ke dinding dengan menggunakan pensil dan kertas karbon.

Mulai Menggambar:

Gunakan kuas cat dinding untuk mulai menggambar bunga. Anda dapat mulai dengan menggambar bentuk bunga secara umum, seperti lingkaran untuk kepala bunga dan kelopak bunga di sekitarnya. Jangan khawatir jika tidak sempurna pada awalnya, karena Anda dapat memperbaikinya kemudian.

Warnai Bunga:

Setelah Anda menggambar kontur bunga, gunakan kuas cat untuk memberikan warna pada bunga. Pilih warna yang sesuai dengan bunga yang ingin Anda gambar. Anda dapat menggunakan cat akrilik atau cat dinding berkualitas tinggi untuk menggambar dengan lebih baik.

Tambahkan Detail:

Setelah mengecat bunga, tambahkan detail seperti garis-garis pada kelopak bunga, serbuk sari, atau bagian dalam bunga. Ini dapat memberikan dimensi dan kehidupan pada gambar Anda.

Bersihkan Kesalahan (Jika Perlu):

Jika Anda membuat kesalahan saat menggambar atau mewarnai, Anda dapat mengoreksinya dengan cat dinding latar belakang. Pastikan cat dasar sudah kering sebelum mencoba mengoreksi kesalahan.

Biarkan Kering:

Biarkan cat kering sepenuhnya sebelum menyentuh atau menambahkan lapisan lain. Ini dapat memakan waktu beberapa jam hingga beberapa hari tergantung pada jenis cat yang digunakan.

Lapisan Pelindung (Opsional):

Jika Anda ingin melindungi gambar bunga Anda dari aus atau kerusakan, Anda dapat melapisinya dengan lapisan pelindung seperti lapisan akrilik transparan.

Nikmati Karya Seni Anda:

Sekarang, Anda dapat menikmati karya seni bunga yang Anda gambar di tembok Anda. Hal ini akan memberikan sentuhan dekoratif yang indah pada ruangan Anda.

Ingatlah bahwa menggambar di tembok memerlukan sedikit latihan, jadi jangan ragu untuk mencoba beberapa kali untuk meningkatkan keterampilan Anda. Juga, bermainlah dengan warna dan desain bunga untuk menciptakan gambar yang unik dan menarik.

Tutorial Cara Menggambar Bunga di Batu

tutorial cara menggambar bunga
Tutorial Cara Menggambar Bunga di Tembok dan Batu dengan 6 Langkah yang Mudah, Wajib Bikin!

Tutorial cara menggambar bunga di batu adalah bentuk seni yang unik dan memungkinkan Anda untuk menciptakan karya seni yang tahan lama. Berikut adalah tutorial sederhana tentang cara menggambar bunga di batu:

Bahan yang Diperlukan:

  1. Batu yang bersih dan datar (Anda bisa mencarinya di pantai, sungai, atau toko seni dan kerajinan)
  2. Pensil grafite
  3. Pensil warna atau cat akrilik
  4. Kuas (jika menggunakan cat akrilik)
  5. Cairan pembersih atau kain lembap (untuk menghapus kesalahan)

Langkah-langkah:

Pilih Batu yang Tepat:

Pilih batu yang datar, halus, dan bersih. Batu dengan permukaan yang kasar atau berlekuk mungkin lebih sulit untuk digambar.

Siapkan Batu:

Pastikan batu dalam keadaan bersih dan kering. Anda dapat membersihkannya dengan mencucinya dengan air dan mengeringkannya.

Gambar Sketsa Bunga:

Gunakan pensil grafite untuk membuat sketsa awal bunga di permukaan batu. Anda bisa mulai dengan membuat lingkaran untuk kepala bunga dan menambahkan kelopak-kelopak di sekitarnya. Jika Anda merasa sulit, Anda juga bisa mencari gambar bunga sebagai referensi.

Warnai Bunga (Opsional):

Jika Anda ingin memberikan warna pada bunga, Anda bisa menggunakan pensil warna atau cat akrilik. Pensil warna akan memberikan hasil yang lebih transparan, sementara cat akrilik akan memberikan warna yang lebih cerah dan tahan lama. Anda bisa menggunakan kuas kecil untuk mengaplikasikan cat akrilik dengan hati-hati.

Tambahkan Detail dan Bayangan:

Untuk memberikan dimensi pada gambar Anda, tambahkan detail seperti garis-garis pada kelopak bunga atau bayangan yang lembut. Ini dapat memberikan efek yang lebih realistis pada gambar Anda.

Keringkan dengan Baik:

Pastikan gambar Anda kering sepenuhnya sebelum menyimpan atau mengeksposnya pada elemen. Cat akrilik memerlukan waktu lebih lama untuk kering daripada pensil warna, jadi bersabarlah.

Bersihkan Kesalahan (Jika Perlu):

Jika Anda membuat kesalahan saat menggambar atau mewarnai, Anda dapat menggunakan cairan pembersih atau kain lembap untuk menghapusnya dengan hati-hati. Pastikan untuk melakukan ini dengan lembut agar tidak merusak gambar yang telah Anda buat.

Lindungi Gambar:

Jika Anda ingin melindungi gambar Anda dari cuaca atau goresan, Anda dapat menggunakan lapisan pelindung seperti lapisan akrilik transparan atau lapisan khusus untuk batu.

Menggambar bunga di batu adalah cara yang kreatif dan memuaskan untuk menghiasi lingkungan Anda atau memberikan hadiah yang unik. Anda bisa bermain dengan berbagai ukuran dan jenis batu, serta variasi bunga yang berbeda untuk menciptakan karya seni yang beragam. Selamat mencoba!

Editor :

Sumber : Berbagai sumber


SHARE:

Update Berita Terbaru dari Sanepo di :

Vita Suwarno

Vita, pebisnis dan tech enthusiast, suka share insight tentang cara bener berinternet.