tutorial cara membuat vas bunga dari botol bekas

SANEPO – Dalam upaya untuk mengurangi limbah plastik dan mendaur ulang bahan-bahan yang tidak terpakai, membuat vas bunga dari botol bekas adalah langkah yang kreatif dan ramah lingkungan. Apalagi kalau mengikuti tutorial cara membuat vas bunga dari botol bekas dari Sanepo.

Selain itu, proses tutorial cara membuat vas bunga dari botol bekas ini juga dapat menjadi aktivitas yang menyenangkan dan bermanfaat bagi Anda yang gemar membuat kerajinan tangan.

Penasaran bukan dengan langkah atau tutorial cara membuat vas bunga dari botol bekas? Daripada penasaran, cek langsung ulasan lengkapnya di bawah yuk!

Tutorial Cara Membuat Vas Bunga dari Botol Bekas

tutorial cara membuat vas bunga dari botol bekas
3 Tutorial Cara Membuat Vas Bunga dari Botol Bekas, Harus Tahu!

Berikut ini adalah 3 tutorial cara membuat vas bunga dari botol bekas yang bisa Anda coba buat sendiri di rumah, antara lain:

1. Vas Bunga Gantung

Bahan yang Dibutuhkan:

  • Botol plastik bekas (ukuran sesuai preferensi)
  • Gunting atau pisau cutter
  • Cat akrilik atau semprot
  • Tali atau benang

Langkah-langkah:

  1. Bersihkan botol plastik bekas dan pastikan tidak ada residu dari minuman atau label yang menempel.
  2. Potong bagian atas botol sekitar sepertiga dari bagian atasnya menggunakan gunting atau pisau cutter. Ini akan menjadi mulut vas.
  3. Jika Anda ingin, hiaslah bagian luar botol dengan cat akrilik sesuai dengan kreativitas Anda. Anda juga bisa menggunakan semprot cat untuk hasil yang lebih rata.
  4. Setelah cat kering, buat lubang kecil di bagian atas botol dekat dengan mulutnya.
  5. Masukkan tali atau benang melalui lubang tersebut dan ikatlah ujungnya sehingga Anda bisa menggantung vas di mana pun Anda suka.
  6. Isilah vas dengan air dan bunga yang Anda sukai, lalu gantung di tempat yang diinginkan.

2. Vas Bunga Meja

Bahan yang Dibutuhkan:

  • Botol plastik bekas (ukuran sesuai preferensi)
  • Gunting atau pisau cutter
  • Cat akrilik atau semprot
  • Dekorasi tambahan (opsional)
  • Tanaman hias atau bunga

Langkah-langkah:

  1. Bersihkan botol plastik bekas dan potong bagian atasnya dengan gunting atau pisau cutter sesuai keinginan tinggi vas yang diinginkan.
  2. Hiasi bagian luar botol dengan cat akrilik atau semprot, dan biarkan kering sepenuhnya.
  3. Setelah kering, Anda dapat menambahkan dekorasi tambahan seperti stiker, manik-manik, atau gambar-gambar sesuai selera.
  4. Isilah vas dengan tanaman hias atau bunga yang Anda sukai. Pastikan untuk menambahkan sedikit air ke dalamnya untuk memastikan tanaman tetap segar.
  5. Letakkan vas di atas meja atau area yang Anda inginkan sebagai hiasan indah.

3. Vas Bunga Dinding

Bahan yang Dibutuhkan:

  • Botol plastik bekas (ukuran sesuai preferensi)
  • Gunting atau pisau cutter
  • Cat akrilik atau semprot
  • Perekat dinding atau kait gantung
  • Tanaman hias atau bunga

Langkah-langkah:

  1. Bersihkan botol plastik bekas dan potong bagian atasnya dengan gunting atau pisau cutter sesuai keinginan bentuk vas yang diinginkan.
  2. Hiasi bagian luar botol dengan cat akrilik atau semprot dan biarkan kering dengan baik.
  3. Setelah kering, pasang perekat dinding atau kait gantung di belakang botol untuk melekatkannya di dinding.
  4. Setelah perekat kering dengan baik, gantung vas di dinding yang Anda inginkan.
  5. Isilah vas dengan tanaman hias atau bunga favorit Anda.
  6. Pastikan untuk merawat tanaman dengan memberikan air sesuai kebutuhan.

Keuntungan Bikin Vas Bunga dari Botol Bekas

tutorial cara membuat vas bunga dari botol bekas
3 Tutorial Cara Membuat Vas Bunga dari Botol Bekas, Harus Tahu!

Tutorial cara membuat vas bunga dari botol bekas memiliki sejumlah keuntungan yang dapat dinikmati, baik secara praktis maupun lingkungan. Berikut adalah beberapa keuntungannya:

1. Ramah Lingkungan

Membuat vas bunga dari botol bekas membantu mengurangi limbah plastik di lingkungan. Dengan tutorial cara membuat vas bunga dari botol bekas, Anda membantu mengurangi jumlah sampah plastik yang berakhir di tempat pembuangan akhir atau di lingkungan alam.

2. Hemat Biaya

Menggunakan botol bekas sebagai bahan untuk membuat vas bunga adalah solusi yang hemat biaya. Anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk membeli vas baru, melainkan menggunakan bahan yang sudah ada di sekitar Anda.

3. Kreativitas dan Personalisasi

Membuat vas bunga dari botol bekas memberikan kesempatan untuk mengekspresikan kreativitas Anda. Anda dapat mendekorasinya sesuai dengan selera dan gaya pribadi Anda, sehingga menghasilkan vas bunga yang unik dan berbeda.

4. Fleksibilitas Desain

Botol plastik memiliki berbagai ukuran dan bentuk yang berbeda, memberi Anda fleksibilitas untuk menciptakan berbagai desain vas bunga yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda. Anda dapat memotong, melukis, atau menghias botol sesuai dengan keinginan Anda.

5. Mudah Ditemukan

Botol plastik bekas mudah ditemukan di sekitar kita, baik dari rumah sendiri, restoran, kantor, atau tempat umum lainnya. Anda tidak perlu mencari bahan khusus atau melakukan pembelian tambahan, karena botol plastik umumnya tersedia secara luas.

6. Pendaur Ulang Kreatif

Tutorial cara membuat vas bunga dari botol bekas membuat vas bunga dari botol bekas merupakan contoh yang baik dari pendaur ulang kreatif. Anda memberikan barang yang sebelumnya dianggap limbah plastik baru kehidupan dan fungsi sebagai vas bunga yang menarik dan berguna.

7. Edukatif

Mengajak anak-anak atau anggota keluarga lainnya untuk ikut serta dalam proses membuat vas bunga dari botol bekas dapat menjadi pengalaman yang edukatif. Mereka dapat belajar tentang pentingnya daur ulang, kreativitas, dan cara membuat sesuatu dengan menggunakan bahan yang ada di sekitar mereka.

8. Pilihan Berkelanjutan

Dengan membuat vas bunga dari botol bekas, Anda turut berkontribusi dalam gerakan menuju gaya hidup yang lebih berkelanjutan. Anda tidak hanya membuat barang yang berguna, tetapi juga membantu mengurangi jejak karbon Anda dengan meminimalkan penggunaan bahan baru.

Dengan mempertimbangkan berbagai keuntungan ini, membuat vas bunga dari botol bekas adalah pilihan yang cerdas dan bermanfaat bagi Anda dan lingkungan.

Bagaimana, sangat mudah sekali bukan untuk mengikuti tutorial cara membuat vas bunga dari botol bekas di atas? Anda dapat membuat vas bunga yang unik dan indah dari botol plastik bekas dengan mudah. Selamat mencoba dan selamat berkreasi!

Editor :

Sumber : Berbagai sumber


SHARE:

Update Berita Terbaru dari Sanepo di :

Vita Suwarno

Vita, pebisnis dan tech enthusiast, suka share insight tentang cara bener berinternet.