5 Tips Memilih Laptop Bekas Agar Tidak Menyesal, Kamu Harus Pahami Ini!

tips memilih laptop bekas

Tips memilih laptop bekas cukup penting untuk dipahami. Sepertinya di era digital seperti sekarang ini, keberadaan laptop memang sangat membantu dan dibutuhkan banyak orang. Bukan hanya pekerja kantoran saja yang membutuhkannya, tapi juga mulai dari pelajar, mahasiswa hingga pekerja freelance, kebanyakan di antara mereka memerlukan laptop untuk membantu menyelesaikan tugas-tugas yang dimiliki.

Karena itulah sekarang jual beli laptop menjadi aktivitas yang terus meningkat dari waktu ke waktu. Baik itu laptop bekas maupun baru, keduanya sama-sama banyak dicari dan digunakan.

Tips Memilih Laptop Bekas Agar Tidak Menyesal

Laptop bekas menjadi salah satu pilihan yang tepat bagi sebagian orang, sebab harganya yang lebih terjangkau sangat meringankan pengeluaran. Pengguna bisa sedikit berhemat tapi tetap mendapatkan sarana penunjang pekerjaannya. Bisa dibilang, harga laptop bekas lebih ramah di dompet.

Meskipun demikian, memilih laptop bekas juga tidak bisa sembarangan karena ada berbagai hal yang harusnya diperhatikan agar laptop yang didapatkan sesuai dengan harga dan juga kebutuhan. Untuk itulah agar tidak menyesal, pahami beberapa tips memilih laptop bekas berikut ini.

1. Memeriksa Layar dan LCD

Saat ingin membeli laptop bekas kamu harus memeriksa kondisi layar dan LCD dan pastikan layar tersebut bisa menampilkan gambar atau tulisan dengan warna yang baik. Perhatikan juga apakah layar masih terlihat full atau terdapat bintik-bintik yang mengganggu, atau ada bagian yang justru tidak berfungsi lagi.

Perhatikan juga apakah pada layar tersebut terdapat garis-garis yang tidak perlu, juga apakah gambarnya terlihat bergelombang atau tidak. Apabila kamu menemukan gangguan atau kerusakan pada layar, ini menunjukkan bahwa kondisinya sudah tidak baik. Jika kamu biarkan pasti lambat laun kerusakannya akan semakin parah. Dan yang terburuk yaitu kamu harus mengganti layar LCD dan harganya ternyata cukup mahal. Jadi, kamu mungkin akan menyesalinya.

2. Memeriksa Segel

Tips memilih laptop bekas yang selanjutnya yaitu dengan memastikan sagel masih terpasang dengan baik. Setiap laptop pasti mempunyai segel di salah satu lubangnya. Apabila segel tersebut masih tertutup dengan baik, itu artinya laptop tersebut memang belum pernah dibongkar sama sekali. Keberadaan segel berguna untuk memastikan apakah laptop tersebut sudah pernah dibongkar atau belum.

Karenanya jika kondisi segel sudah rusak atau terbuka, ini bisa menjadi tanda kalau laptop tersebut sudah pernah dibongkar. Kamu harus memperhatikan hal ini, walaupun terkesan sepele tapi ini akan berdampak untuk penggunaan laptopmu di kemudian hari. Sebab bisa jadi laptop yang pernah dibongkar memang sudah pernah rusak, atau justru ada bagiannya yang diganti.

3. Memeriksa Keseluruhan Laptop

Kamu harus memeriksa keseluruhan body laptop walaupun tidak mempunyai pengetahuan secara mendalam tentang laptop. Memeriksa kondisi body laptop bertujuan untuk mengetahui apakah laptop tersebut dalam kondisi baik atau justru sebaliknya.

Misalnya dengan memeriksa apakah terdapat goresan atau kerusakan pada bagian-bagian tertentu. Apabila tidak ada, besar kemungkinan laptop tersebut memang dirawat dengan hati-hati oleh pemilik sebelumnya. Akan tetapi jika terdapat bagian yang kurang  baik atau rusak, mungkin saja laptop itu pernah terbentur atau terjatuh. Hal semacam ini tentu akan berpengaruh terhadap kualitas dan kondisi bagian dalam laptop dan bisa saja kamu justru harus memperbaikinya padahal belum lama menggunakan laptop tersebut.

Baca Juga: 4 Tips Memilih Flashdisk yang Awet dan Bagus, Jangan Tergiur Harga Murah!

4. Periksa Kondisi Charger dan Batrai

Tips memilih laptop bekas yang tepat salah satunya dengan memeriksa kondisi  charger dan batrainya. Seperti dengan memperhatikan jumlah presentase batrai yang tersisa, kemudian dalam beberapa belas menit kemudian lihat lagi jumlah batrainya. Kamu bisa melihat berapa jumlah batrai yang telah berkurang. Apabila jumlah pengurangannya terlalu banyak, ini artinya laptop tersebut batrainya sudah boros.

Selain itu kamu juga harus memperhatikan apakah charger bisa digunakan dengan baik atau tidak. Apabila tidak tersambung, ini mungkin ada bagian di dalamnya yang terputus atau justru memang sudah rusak. Hal ini akan membuatmu repot ketika menggunakannya. Dengan memperhatikan charger dan penggunaan daya batrai, kamu bisa menjadikannya sebagai bahan pertimbangan ketika membeli.

Baca Juga: 5 Aplikasi untuk Memotong dan Menggabungkan Lagu Terbaik di Android

5. Periksa Sambungan Wifi dan Speakernya

Apa yang harus diperhatikan saat membeli laptop bekas? Jika kamu berpikir demikian, itu artinya kamu harus ingat untuk memeriksa sambungan Wifi-nya. Pastikan masih bisa terhubung dengan baik, sebab apabila Wifi bermasalah dan tidak bisa digunakan, ini akan merepotkan kamu nantinya. Karena kamu pasti membutuhkan koneksi internet ketika menyelesaikan pekerjaan.

Selain itu kamu juga harus memperhatikan speaker-nya, di mana kamu harus memastikan bahwa ini bisa berfungsi dengan baik. Dengan begitu kamu akan tetap bisa mendengarkan kualitas suara musik atau suara dalam video dengan baik.  

Demikianlah beberapa tips memilih laptop bekas ketika ingin membelinya. Pastikan kamu tidak membeli barang yang sudah rusak, ya! Dan jika kamu membutuhkan artikel terkait lainnya, kamu bisa mengunjungi Sanepo.com.