4 Motivasi Menabung Di Celengan yang Bikin Kamu Hemat Uang

  • Whatsapp
Motivasi Menabung Di Celengan

Motivasi menabung di celengan ternyata memang diperlukan. Dengan begitu kamu akan lebih semangat untuk menyisihkan dan menyimpan uang.

Menabung sudah menjadi kegiatan yang diajarkan oleh orang tua kepada anak-anaknya sejak dini. Bahkan di lingkungan sekolah pun para guru memberi ajakan kepada murid-murid untuk membiasakan menabung.

Hal tersebut bertujuan agar anak-anak dapat terbiasa melakukan kegiatan menabung hingga mereka dewasa. Sehingga mereka bisa memiliki kondisi keuangan yang baik dan berkecukupan pada waktu mendatang.

advertisement

Motivasi Menabung Di Celengan, Menginspirasi Banget!

Motivasi menabung seperti apa yang pernah kamu miliki? Mungkin dahulu kamu melakukannya karena ingin menambah uang jajan saat sekolah.

Akan tetapi setelah dewas]\\\\ kamu pasti mempunyai tujuan lain yang mengarah kepada berbagai hal yang lebih serius. Apa pun tujuannya tentu akan membuatmu berjuang agar tidak boros dalam menggunakan uang.

Sebab meskipun terlihat biasa-biasa saja, tetapi membiasakan diri untuk menabung ternyata sangatlah sulit. Banyak kendala yang mungkin saja menghadang maksud baikmu dalam menghemat uang.

advertisement

Oleh karenanya kamu membutuhkan motivasi menabung di celengan supaya kamu selalu semangat untuk menyimpan uang. Berikut beberapa motivasi kuat yang harus kamu ketahui.

1. Menabung Setiap Hari Senin

Menabung di celengan dapat menjadi solusi agar kamu terbiasa menyisihkan serta menyimpan uang. Biasanya orang-orang akan menabung sisa dana pada akhir bulan setelah seluruh kebutuhan terpenuhi.

Mungkin juga kamu berpikir bahwa di akhir bulan uangmu akan memiliki sisa yang cukup banyak. Akan tetapi kenyataannya hal tersebut jarang sekali terjadi karena banyak sekali godaan dan kebutuhan yang membuatmu menghabiskan uang sebelum ditabung.

advertisement

Oleh sebab itulah sebaiknya kamu mulai mengubah kebiasaan tersebut dengan menabung setiap hari Senin. Usahakan untuk menyisihkan uang setiap minggu dan bukan satu bulan sekali.

Cara ini akan mengajarkanmu untuk disiplin dalam menabungkan uang yang dimiliki. kamu dapat menggunakan celengan sebagai sarana untuk menyimpan uang.

Dengan begitu kamu juga masih bisa menyisihkan uang pada hari lainnya walaupun nominal yang disimpan tidak terlalu banyak. Dan kamu tidak perlu malu karena kegiatan menabung di celengan yang kamu lakukan tidak diketahui oleh siapa pun.

advertisement

Baaca Juga: 15 Ucapan Semangat untuk Teman yang Penuh Makna

2. Jadikan Menabung Sebagai Suatu Keharusan

Agar kamu tetap semangat untuk menabung, kamu harus lebih dahulu menjadikan menabung sebagai suatu keharusan yang tidak boleh ditinggakan. Karena menjadikannya sebagai hal yang wajib, maka kamu harus selalu melakukannya walaupun banyak tantangan yang harus dilalui.

Kamu perlu mengingat lagi keuntungan yang akan didapatkan setelah berhasil menabung dalam jumlah banyak. Cara tersebut dapat menjadi motivasi menabung di celengan yang akan membantumu terlindungi dari berbagai godaan dalam pemakaian uang.

advertisement

Karena kamu akan sangat menyesal jika sampai melewatkan jadwal menabung sebab telah menghabiskan semua uang yang dimiliki untuk hal-hal yang kurang diperlukan.

3. Menetapkan Target

Banyak orang merasa gagal dalam menabung karena mereka menghabiskan uangnya untuk membeli berbagai hal yang sebenarnya kurang penting. Karenanya kamu harus menetapkan target dan tujuan menabung.

Dengan begitu kamu akan lebih fokus untuk mendapatkan hal penting yang diinginkan. Uang tabungan pun tidak akan kamu belanjakan secara cuma-cuma karena sudah mempunyai target tersendiri.

advertisement

Misalnya menabung untuk membeli kompor, untuk membeli laptop, dan untuk membeli kulkas. Maka ketika kamu hampir tergoda memakai uang tabungan untuk berbelanja, kamu akan kembali mengingat tujuan awal menabung.

Sehingga setelah uang tabungan tersebut mencukupi, kamu akan langsung menggunakannya untuk membeli sesuatu yang sudah diinginkan sejak lama. Kamu pun akan merasa puas dan sangat bersyukur karena berhasil menahan diri demi mendapatkan yang kamu inginkan.

Baca Juga: 4 Cara Menyemangati Pacar yang Sibuk, Tunjukkan Kepedulianmu

advertisement

4. Segala Sesuatu Membutuhkan Uang

Tentu saja uang bukan segalanya, tetapi segala sesuatu membutuhkan uang. Semua yang kamu ingin miliki selalu membutuhkan perjuangan dan pengorbanan, dan di balik semua itu terdapat uang yang menjadi salah satu pendorongnya.

Karena itulah dengan menabung walaupun hanya di celengan saja, kamu telah berusaha menyelamatkan dirimu sendiri di waktu mendatang. Ketika suatu ketika kamu memiliki kebutuhan dan benar-benar tidak mempunyai penghasilan lagi, kamu masih bisa menggunakan uang tabungan tersebut untuk memenuhinya.

Tidak mungkin kamu akan meminta bantuan orang tuamu selamanya, sering meminjam uang ke teman, atau selalu mendapatkan penghasilan lebih. Kamu akan mengalami masa di mana semua hal yang kamu butuhkan harus kamu penuhi tanpa meminta bantuan kepada orang lain.

advertisement

Karena itulah kamu harus semangat untuk menabung agar uang simpananmu dapat membantumu di masa mendatang.

Menabung memang bukan hal yang mudah, tetapi tidak berarti kamu akan selalu gagal ketika melakukannya. Semuanya tergantung kepada niat yang ada dalam hatimu. Sudahkah kamu yakin ingin menabung?

Motivasi menabung di celengan ini sangat sederhana. Kamu dapat mencobanya mulai dari sekarang untuk memanajemen keuangan dengan baik. Dan jangan lupa selalu mengunjungi Sanepo untuk membaca artikel-artikel menarik lainnya.

advertisement

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *