4 Cara Menjadi Percaya Diri dan Tidak Pemalu, Gampang Dilakukan!

  • Whatsapp
Cara Menjadi Percaya Diri dan Tidak Pemalu

Cara menjadi percaya diri dan tidak pemalu ternyata banyak yang mudah dilakukan. Kamu tidak membutuhkan keahlian khusus untuk melakukannya. Hanya dibutuhkan kesungguh-sungguhan bila memang kamu mau menghilangkan sifat pemalu tersebut hingga menjadi percaya diri.

Sebenarnya menjadi pendiam dan pemalu bukanlah suatu kesalahan yang perlu dibenci ataupun ditakuti. Akan tetapi, bila melihat sulitnya menjadi seseorang yang mempunyai sifat pemalu dan tidak percaya diri mungkin kamu punya keinginan untuk mengubahnya.

Cara Menjadi Percaya Diri dan Tidak Pemalu Paling Simpel

Terkadang mungkin kamu pernah berharap untuk menjadi orang yang lebih berani atau juga ingin tampil di depan banyak orang tapa rasa minder. Bahkan kamu juga ingin terlihat percaya diri dalam setiap hal, tetapi semua itu tidak mudah dicapai karena terhalang sifat pemalu yang kamu miliki.

advertisement

Berikut ini beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk menjadi percaya diri dan juga tidak pemalu.

1. Tunjukkan Kelebihan yang Kamu Miliki

Biasanya orang yang pendiam dan pemalu sulit sekali menunjukkan keunikan ataupun kelebihan yang dimiliki. Mungkin kamu juga cenderung malu untuk membanggakan sesuatu yang menarik dari dirimu.

Apabila terus dipertahankan hal seperti ini akan membuatmu semakin takut untuk bersaing dan tampil percaya diri. Maka dari itu sebaiknya kamu mulai memberikan kepercayaan pada dirimu sendiri dan hargailah beberapa kelebihan dan sisi menarik yang ada padamu.

advertisement

Apabila ada orang yang bertanya tentang dirimu, sebaiknya kamu berani menunjukkan dengan tulus kelebihan yang kamu punya. Lakukan dengan sewajarnya sehingga sikapmu tidak berlebihan.

Jika kamu tidak pernah mengakui pencapaian ataupun kelebihanmu, tak heran bila selamanya tidak banyak orang yang mengetahuinya. Pada akhirnya kamu hanya bisa merenungi ketidakberanianmu dalam berbaur dengan banyak orang. Dan kamu akan merasa bahwa kehidupan ini terlalu pahit dan sulit.

2. Mengubah Pemikiran Negatif

Cara menjadi percaya diri dan tidak pemalu yang perlu sekali untuk dilakukan dengan segera yakni dengan mengubah pola pikir negatif yang bersarang dalam benakmu.

advertisement

Pada umumnya orang yang mempunyai sifat pemalu dan tidak percaya diri kerap kali merendahkan dan menyalahkan diri sendiri. Bahkan banyak pikiran negatif yang dipertahankan dengan anggapan hal tersebut akan menyelamatkan diri sendiri dari kejadian tak diharapkan.

Mungkinkah kamu juga memikirkan penilaian orang lain terhadap dirimu? Pada kenyataanya pemikiran seperti ini memang akan membuatmu menjadi sangat khawatir. Bahkan sekadar untuk melakukan aktivitas harian pun kamu selalu merasa waswas.

Karena itulah kamu perlu mengubah pemikiran-pemikiran negatif tersebut. Tanamkan pola pikir yang suportif sehingga akan mudah bagimu untuk mengubah diri.

advertisement

Sadari bahwa kamu juga berhak merasa bahagia tanpa berpikir akan diawasi oleh orang lain. Kamu juga perlu memperlakukan diri sendiri dengan sebaik-baiknya seperti halnya kamu bersikap baik kepada temanmu. Jadi buanglah pikiran negatif itu mulai dari sekarang.

Baca Selengkapnya: 4 Cara Menghilangkan Sifat Pemalu dan Pendiam yang Paling Mudah Diterapkan

3. Mencoba Melakukan Hal yang Kamu Takuti

Mencoba melakukan hal yang kamu takuti dapat menjadi cara yang baik dalam melatih rasa percaya dirimu. Seperti halnya yang sudah banyak diketahui bahwa ketakutan akan menjadi sumber kekuatan terbesar bila kamu berkeinginan menaklukkannya.

advertisement

Kamu dapat mencoba untuk melakukannya mulai dari ketakutan yang paling kecil. Apabila dirasa ketakutanmu sedikit berkurang, maka kamu dapat mencobanya lagi dalam beberapa waktu kedepan.

Kamu bahkan bisa mencoba menaklukkan ketakutan terbesar yang selama ini menjadi momok dalam hidupmu. Alihkan pemikiran negatif tentang ketakutan tersebut sehingga kamu akan lebih berani lagi untuk mengalahkannya.

Termasuk juga ketakutan akan cibiran orang lain. Kamu tidak perlu terlalu memikirkannya karena tidak semua orang akan mempunyai sudut pandang yang sama dengan dirimu. Yang artinya kamu tidak dapat memaksa mereka harus menyukaimu saat itu juga.

advertisement

Jadi kamu tidak perlu takut dihakimi oleh mereka. Anggap saja perkataan menyakitkan yang orang lain lontarkan hanyalah pendapat biasa. Kamu cukup mendengarkannya dan tetaplah berusaha untuk menjadi lebih baik daripada sebelumnya.

Buktikan bahwa kamu jauh lebih baik dari apa yang sudah orang pikirkan. Sehingga lambat laun kamu akan menjadi sangat berani dan tidak pemalu lagi.

Baca Juga: 4 Penyebab Anak Menjadi Pemalu dan Tidak Percaya Diri, Waspadai!

advertisement

4. Bertahanlah Sebentar Saja

Orang yang pemalu sering sekali merasa tidak nyaman dan tidak aman ketika berada dalam lingkungan sosial. Rasa takut dan waswas selalu saja menyelimuti sehingga ingin rasanya segera mengakhiri ketidaknyamanan tersebut.

Akan tetapi bila kamu ingin mencoba cara menjadi percaya diri dan tidak pemalu lagi, cobalah untuk menahan rasa ketidaknyamanan itu lebih lama daripada biasanya.

Kamu pasti mampu melalui rasa tidak nyaman dan kecanggungan itu. Mencoba berbaur ataupun ikut nimbrung akan membuatmu lebih akrab dengan orang-orang di sekitar. Dan kamu tidak akan tampak sebagai orang yang pemalu.

advertisement

Sikap seperti ini akan melatih keberanian dan rasa percaya dirimu. Sehingga lambat laun kamu akan merasa nyaman dan “biasa” saja dalam menjalani setiap aktivitas, walaupun harus terlibat dengan banyak orang.

Temukan inspirasi lainnya yang dapat membuatmu semakin semangat dalam menjalani hidup dengan mengunjungi Sanepo. Begitu pula dengan cara menjadi percaya diri dan tidak pemalu ini, kamu dapat mencobanya secara bertahap dan yakinlah bahwa semuanya akan baik-baik saja.

advertisement

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *