15 Cara meningkatkan kecepatan download aplikasi file media dll

  • Whatsapp

Banyak hal yang dapat berkontribusi pada kecepatan download yang lambat dan mencari tahu masalah mendasar pada koneksi Anda yang lambat terkadang bisa rumit. Meskipun ini mungkin perbaikan sederhana seperti memeriksa kecepatan internet Anda atau memulai ulang komputer Anda, beberapa solusi lebih kompleks.

Kecepatan download mengacu pada berapa megabit (Mbps) per detik yang dibutuhkan server Anda untuk mengdownload data ke perangkat Anda. File, video, gambar, dan teks adalah semua bentuk downloadan. Aplikasi apa pun yang Anda gunakan di perangkat Anda, seperti Spotify, Instagram, dan YouTube, semuanya mengharuskan Anda mengdownload data.

Menurut Panduan Kecepatan Broadband dari Federal Communication Commission (FCC), kecepatan download minimal 25 Mbps dianggap sebagai kecepatan download yang baik. Tetapi bagaimana Anda dapat meningkatkan kecepatan downloadan jika kecepatan Anda lambat?

advertisement

Penting untuk dicatat bahwa jumlah perangkat dan pengguna internet yang Anda miliki di rumah dapat memengaruhi kecepatan downloadan Anda. Jika penggunaan rumah tangga Anda sedang hingga tinggi, artinya Anda menjalankan lebih dari 3 atau 4 perangkat sekaligus, Anda mungkin perlu meningkatkan kecepatan hingga melebihi 25 Mbps.

Baca terus untuk mengetahui 15 cara berbeda untuk meningkatkan kecepatan download apapun di hp android, IOS, atau laptop

1. Restart perangkat

Sebelum Anda menyelami metode lain, coba restart lama yang bagus. Terkadang Anda mungkin memiliki aplikasi yang berjalan di android, ios, atau komputer yang di gunakan untuk mendownload, yang tidak Anda ketahui masih digunakan atau Anda mungkin membuka terlalu banyak browser sekaligus. Cukup restart komputer, hp android, atau ios Anda dan mulai download dengan hanya satu browser yang terbuka.

2. Uji kecepatan internet Anda

Jika masalahnya bukan pada perangkat, mungkin masalah ini dari kecepatan internet Anda. Kecepatan internet Anda diukur dengan jumlah data yang dapat ditransfer koneksi Anda per detik. Cara termudah dan tercepat untuk meningkatkan kecepatan downloadan Anda adalah dengan menjalankan tes kecepatan. Ini dapat dilakukan dengan memasukkan “tes kecepatan internet” ke Google. Klik tombol “jalankan tes kecepatan” untuk mengukur kecepatan downloadan Anda saat ini.

advertisement

Jika skor kecepatan Anda cepat — sekitar 100-200 Mbps — ini menunjukkan bahwa kecepatan download Anda yang lambat tidak ada hubungannya dengan internet. Jika skor kecepatan Anda rendah — di bawah 100 Mbps — ini bisa menjadi indikasi bahwa internet mungkin menjadi masalahnya. Ingatlah bahwa kecepatan Anda bervariasi tergantung pada jumlah pengguna yang ada di jaringan Anda pada suatu waktu.

3. Tingkatkan kecepatan internet

Tergantung pada penyedia layanan Anda, koneksi internet Anda mungkin tidak dapat menangani downloadan besar. Kecepatan download yang lambat dapat membuat frustasi dan mungkin layak untuk meningkatkan ke paket dengan kecepatan lebih tinggi, terutama jika rumah tangga Anda memiliki banyak orang dan perangkat. Jelajahi pilihan Anda dan lihat apakah ada paket yang tersedia yang dapat mendukung volume data yang lebih tinggi. Artikel cara meningkatkan koneksi internet ini mungkin bisa membantu

4. Nonaktifkan perangkat lain yang terhubung ke router wifi atau hospot Anda

Semakin banyak orang dan perangkat yang Anda hubungkan ke internet, semakin lambat koneksinya. Saat mendownload, coba putuskan sambungan perangkat lain, seperti smart TV , iPad, dan ponsel untuk sementara waktu. Ini dapat meningkatkan kecepatan internet dan downloadan Anda secara signifikan.

advertisement

5. Nonaktifkan aplikasi yang tidak digunakan

Demikian pula, Anda harus menonaktifkan aplikasi apa pun di perangkat Anda saat mengdownload. Aplikasi yang Anda jalankan di komputer Anda dapat menghabiskan sebagian besar bandwidth Anda, yang dapat berkontribusi pada kecepatan yang lebih lambat. Misalnya, layanan streaming video seperti Netflix menggunakan banyak bandwidth. Nonaktifkan sementara aplikasi dan lihat apakah itu membantu.

6. download satu file pada satu waktu

Saat mendownload banyak file sekaligus, tidak jarang downloadan Anda gagal. Ini mungkin karena perangkat Anda tidak kompatibel dengan mengdownload file besar. Agar lebih mudah, coba download file satu per satu. Meskipun ini mungkin tampak berlawanan dengan intuisi, hal ini dapat menghemat waktu.

7. Uji atau ganti modem atau router wifi Anda

Jika Anda ingin menghubungkan beberapa perangkat ke internet rumah Anda, Anda perlu menghubungkan router ke modem Anda. Router tidak hanya memungkinkan Anda menghubungkan beberapa perangkat, tetapi juga berfungsi sebagai antena untuk memperluas jangkauan Wi-Fi di seluruh rumah Anda.

Bacaan Lainnya
advertisement

Modem yang Anda miliki biasanya disediakan oleh penyedia layanan Anda. Terkadang perbaikannya bisa sesederhana memulai ulang modem Anda. Jika kecepatan download Anda sangat lambat dan Anda tidak melihat perubahan kecepatan setelah memulai ulang, mungkin sudah waktunya untuk modem baru.

Cara terbaik untuk memeriksa kekuatan sinyal modem Anda adalah dengan mendekatkan perangkat Anda. Jika kecepatan Anda meningkat saat Anda berada tepat di sebelah modem, ini pertanda baik, dalam hal ini router Anda mungkin menjadi masalah. Seperti disebutkan, router memungkinkan Anda untuk memperluas jangkauan konektivitas Anda. Jika perangkat Anda terlalu jauh dari router, ini dapat memengaruhi kecepatan downloadan Anda.

8. Ubah lokasi router Anda

Lokasi router Anda dapat berdampak besar pada kecepatan downloadan Anda juga. Perhatikan di mana Anda menempatkan router Anda karena beberapa area di rumah Anda mungkin tidak memiliki sinyal konektivitas yang kuat. Jika Anda memiliki rumah besar, pertimbangkan untuk mendapatkan perpanjangan Wi-Fi yang dapat meningkatkan jangkauan dan meningkatkan kecepatan internet Anda.

advertisement

Hindari meletakkan router Anda di ruang bawah tanah, kamar mandi, lemari, di lantai, atau di dekat microwave dan peralatan rumah lainnya. Router Anda harus berada di lokasi sentral sehingga koneksi dapat menjangkau seluruh rumah.

9. Gunakan kabel ethernet

Terkadang Wi-Fi bisa rumit, dalam hal ini menghubungkan ke kabel Ethernet dapat dengan cepat meningkatkan kecepatan downloadan Anda. Untuk melakukan ini, sambungkan Ethernet dari modem Anda ke perangkat Anda. Karena ini adalah bawaan dan Anda tidak harus bergantung pada Wi-Fi, opsi ini dapat memberikan koneksi tercepat untuk kecepatan download Anda.

10. Tingkatkan kabel Anda

Jika Anda memilih solusi cepat dengan menggunakan kabel Ethernet tetapi tetap tidak melihat perubahan dalam kecepatan download, Anda mungkin perlu memeriksa kabelnya. Jika kabel terlalu panjang atau sudah usang, coba tingkatkan ke kabel yang lebih pendek dan berkualitas lebih tinggi. Terkadang perubahan kecil ini dapat membuat semua perbedaan.

advertisement

11. Pindai virus

Virus pada perangkat Anda dapat menyebabkan banyak masalah. Virus ini dapat berjalan di latar belakang, menggunakan internet Anda dan meningkatkan penggunaan bandwidth Anda, yang menghasilkan kecepatan download yang lambat. Untuk mencegahnya, pertimbangkan untuk menginstal perangkat lunak antivirus untuk melindungi diri Anda dari virus, malware, dan ancaman online lainnya.

12. Batasi penggunaan bandwidth

Selain menginstal pemindai virus, Anda mungkin juga ingin membatasi berapa banyak bandwidth yang digunakan pada perangkat Anda. Bandwidth adalah ukuran yang mengacu pada jumlah data yang dapat ditransfer dalam jaringan. Semua aplikasi, downloadan, dan pembaruan yang terjadi di jaringan kami dapat menghabiskan bandwidth kami, menyebabkan kecepatan downloadan tiba-tiba melambat. Jika demikian, nonaktifkan pembaruan otomatis secara manual dengan membuka preferensi sistem perangkat Anda. Anda juga dapat secara manual membatasi berapa banyak bandwidth yang digunakan dengan memperbarui pengaturan perangkat Anda.

13. Kosongkan cache Anda

Cache adalah tempat menyimpan data internet Anda untuk membantu peramban situs web dan aplikasi memuat lebih cepat. Terkadang cache browser Anda akan penuh dan dapat menyebabkan kecepatan download menjadi lebih lambat. Meskipun Anda mungkin tidak ingin menghapus cache sepenuhnya, Anda dapat memilih data apa yang akan dihapus. Anda dapat menghapus riwayat penjelajahan, cookie komputer , serta gambar dan file yang disimpan dalam cache.

advertisement

Masuk ke pengaturan browser Anda, centang kotak dengan data yang ingin Anda hapus, dan tekan “hapus data.” Anda juga dapat mengdownload plugin browser untuk membantu membersihkan cache secara teratur.

14. Perbarui firmware

Firmware router Anda harus sering diperbarui untuk menjaga kinerja dan kecepatan perangkat Anda tetap normal. Seiring waktu, kinerja perangkat lunak dapat mulai menurun, sehingga penting untuk memperbarui secara teratur. Anda dapat melakukan ini dengan mengakses pengaturan router Anda melalui halaman web merek. Setelah Anda masuk, perbarui pengaturan saat ini dan Anda mungkin dapat memperbaiki masalah apa pun yang terkait dengan kecepatan downloadan.

15. Temukan pengaturan terbaik router wifi Anda

Saat masuk ke akun penyedia layanan internet Anda untuk memperbarui firmware, Anda juga dapat memeriksa pengaturan yang berbeda. Pengaturan default yang diatur pada router Anda seringkali bukan yang terbaik. Buka halaman web penyedia Anda untuk mempelajari lebih lanjut tentang pengaturan apa yang paling cocok untuk router Anda dan kecepatan download.

advertisement

Kesimpulan

Kecepatan download yang lambat membuat frustrasi, terutama karena tidak ada satu perbaikan sederhana. Selalu pertahankan kecepatan internet Anda secara normal dan pastikan perangkat Anda kompatibel dengan paket ISP Anda saat ini. Dengan tips dan trik yang disebutkan dalam artikel ini, Anda seharusnya dapat memperbaiki apa pun yang menyebabkan kecepatan download Anda lambat dalam waktu singkat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *