Cara Menghitung Nilai Rata Rata di Excel dengan Rumus Mudah

Cara Menghitung Nilai Rata Rata di Excel

SANEPO.COM – Pengetahuan tentang bagaimana cara menghitung nilai rata rata di excel akan sangat bermanfaat sekali bagi kamu.

Jika kamu adalah seorang guru, maka kamu dapat mengelola atau rekap nilai raport dengan cepat dengan cara menghitung nilai rata rata di excel menggunakan rumus yang mudah.

cara menghitung nilai rata rata di excel pada dasarnya sama saja seperti halnya kamu sedang menghitungnya dengan cara manual.

Yang jadi masalahnya lagi adalah ketika kamu sedang menghitungnya dengan cara manual, maka kamu akan memakan banyak waktu.

Oleh sebab itu, banyak sebagian orang yang ingin mengetahui bagaimana menghitung nilai rata-rata, tapi saat ini lebih mengandalkan bantuan dari microsoft excel.

Selain tidak menyita waktu yang sangat banyak, menghitung nilai rata-rata dengan menggunakan excel dapat memperkecil kemungkinan kesalahan dalam perhitungan.

Kami dapat menggunakan cara ini untuk menghitung nilai rata-rata pada raport, menghitung nilai rata-rata gaji karyawan, menghitung data keuangan, dan masih banyak lagi.

Cara Menghitung Nilai Rata Rata di Excel

Cara menghitung nilai rata-rata di excel ini dapat kamu gunakan pada aplikasi microsoft excel versi apapun.

Yang perlu kamu persiapkan adalah file excel yang berisi data dari nilai yang ingin kamu hitung rata-ratanya.

Ada 2 rumus untuk dapat mencari jumlah rata-rata di excel. Yang pertama adalah kamu akan mencari rata-rata dari nilai sesuai baris. Sedangkan yang kedua adalah dengan mencari nilai rata-rata dari kolom.

Berikut ini ulasan singkat terkait menjumlahkan nilai di microsoft excel sehingga kamu mendapatkan nilai rata-rata secara mudah dan juga cepat.

Cara Menghitung Rata-Rata di Baris Excel

Cara hitung nilai rata-rata di baris excel ini berarti data yang akan kamu cari dalam bentuk baris dari atas hingga ke bawah. Berikut ini langkah-langkah menerapkan rumus rata-rata excel.

  1. Silahkan kamu buatlah baris baru untuk mengisi nilai rata-rata.
  2. Ketikkan di baris yang baru dengan rumus =average(C2:C11).
  3. Terakhir, kamu tinggal tekan tombol Enter pada keyboard.

Selesai, maka kamu sudah mendapatkan nilai rata-rata di excel sesuai data baris. Sesuaikan dengan rumus tersebut dengan baris yang ada di data excel kamu sendiri.

Sedangkan jika kamu memiliki data dalam jumlah banyak kolom, maka kamu dapat klik tahan lalu geser ke arah samping untuk mendapatkan rumus yang sama dengan cara cepat.

Cara Menghitung Rata-Rata di Kolom Excel

Untuk mencari nilai rata-rata data dalam bentuk kolom pada dasarnya tidak jauh berbeda dari cara yang diatas dalam bentuk baris. Namun, posisi rumus harus kamu letakkan di bagian kolom baru.

  1. Silahkan kamu buat kolom yang baru untuk tempat nilai rata-rata.
  2. Ketikkan rumus berikut di baris yang baru =average(C2:G2).
  3. Terakhir, kamu tinggal tekam tombol Enter pada keyboard.
  4. Selesai.

Setelah kamu menekan tombol Enter, maka nilai rata-rata akan muncul sesuai dengan data yang ada pada kolom. Cukup dengan tentukan rumus yang sesuai dengan data yang ada di file excel.

Jika kamu memiliki data dalam jumlah banyak baris, maka kamu dapat klik tahan lalu geser ke arah bawah untuk mendapatkan rumus perhitungan rata-rata yang sama secara cepat.

Penutup

Demikianlah sedikit ulasan singkat yang bisa kami sampaikan mengenai cara menghitung nilai rata rata Di Excel semoga pembahasan kali ini bisa bermanfaat untuk kamu. Terimakasih