4 Cara Membasmi Sifat Malu yang Berlebihan, Tidak Mustahil untuk Diubah

  • Whatsapp
Sifat Malu yang Berlebihan

Sifat malu yang berlebihan bisa menjadi permasalahan bagi beberapa orang. Setiap orang memang mempunyai rasa malu, tetapi yang menjadikannya berbeda adalah tingkatan rasa malu tersebut.

Sebaiknya kamu tidak berlebihan dalam setiap hal, termasuk juga dengan merasa minder dan malu untuk bersosialisasi. Biasanya orang-orang yang mempunyai sifat pemalu dikarenakan adanya pikiran bahwa dirinya masih ‘kurang’ dibandingkan dengan orang lain yang hampir semuanya tampak sempurna di matanya.

Pada akhirnya hal tersebut menjadikan seseorang semakin sering membanding-bandingkan anatara dirinya sendiri dengan orang lain.

advertisement

Cara Mengatasi Sifat malu yang Berlebihan, Kamu Harus Bahagia!

Apakah kamu adalah salah satu orang yang mempunyai sifat pemalu yang berlebihan? Cobalah untuk berusaha mengurangi rasa malu tersebut karena sesuatu yang berlebihan akan menimbulkan banyak kerugian bagimu.

Tanpa disadari sifat pemalu ini akan membuat kamu kehilangan momen, kehilangan kesempatan, dan kurang merasa senang dengan berjalannya hidup, bahkan tak sedikit muncul perasaan dikucilkan dari hubungan sosial.

Namun demikian, kamu tidak perlu merasa cemas dan berkecil hati. Jangan sampai kamu terus-terusan dirugikan karena kamu juga berhak bahagia. Masih ada beberapa cara yang dapat kamu gunakan untuk membasmi rasa malu yang berlebihan tersebut. Check it out!

advertisement

1. Mencintai Diri Sendiri Terlebih Dahulu

Sebaiknya sebelum kamu mencintai orang lain, cintailah dirimu sendiri terlebih dahulu. Dengan mencintai diri sendiri artinya kamu harus bisa menerima setiap kekurangan dan kelebihan yang ada dalam dirimu. Tidak merendahkan diri sendiri karena mempunyai kekurangan akan menjadikanmu lebih berani untuk bersosialisasi dengan orang lain.

Percayalah bahwa tidak ada manusia yang sempurna, begitu juga dengan dirimu. Jadi berhenti untuk menyalahkan kekurangan yang terdapat pada dirimu dan jangan membencinya.

Menerima kekurangan diri sendiri dapat membuat perasaanmu menjadi lebih nyaman karena kamu tidak perlu khawatir akan dicemooh orang lain. Meskipun hal buruk tersebut terjadi, kamu tidak akan lagi merasa kaget dan minder karena sebelumnya kamu sudah berhasil menerima dan berdamai dengan kekurangan tersebut.

advertisement

Sehingga apa pun yang orang lain katakan tidak akan menjadikan keberanianmu berkurang. Kamu akan menjadi lebih percaya diri dan lebih berani untuk terus menjalin pertemanan dengan banyak orang tanpa khawatir lagi.

Baca Artikel Terkait: 4 Cara Menjadi Percaya diri dan Tidak Pemalu, Coba Lakukan!

2. Jangan Terlalu Memikirkan Pandangan Orang Lain Terhadapmu

Apakah kamu sering kali merasa malu karena terlalu memikirkan pandangan orang lain terhadapmu? Percayalah bahwa tidak semua orang bisa memahami bagaimana kondisi yang kamu alami. Kebanyakan dari mereka hanya senang menilik kekurangan dan kesalahan yang ada pada dirimu.

advertisement

Bahkan banyak pula yang bersikap masa bodo dengan kehidupanmu karena berpikir bahwa terlalu peduli dengan kehidupan orang lain hanya akan membuang-buang waktu. Mereka lebih memikirkan dirinya sendiri dan bagaimana caranya agar bisa hidup lebih baik daripada orang lain.

Kebanyakan orang memang lebih memaksimalkan fokusnya untuk diri sendiri, termasuk juga dengan dirimu. Mereka tidak mempunyai banyak waktu hanya untuk mengurusi kehidupanmu.

Jadi berhentilah merasa takut akan dipandang buruk dan dicemooh oleh orang lain. Karena hal semacam ini hanya akan membuatmu merasa rugi. Jadilah apa adanya dan jalani kehidupanmu dengan semestinya tanpa kahwatir akan dipermalukan.

advertisement

Jangan merasa serba salah dalam bertindak karena tidak semua orang akan memperhatikanmu. Dan tidak semua dari mereka memikirkan sesuatu tentangmu.

3. Orang Lain juga Berhasil Mengubah Sifat Pemalunya

Di dunia ini bukan hanya kamu yang mempunyai sifat pemalu berlebihan. Banyak juga yang merasa minder ketika berada di lingkungan baru, tidak nyaman saat bertemu teman baru, atau tampak gugup saat berhadapan dengan orang lain.

Akan tetapi mereka yang mempunyai sifat sepertimu bahkan sudah berhasil untuk mengubahnya. Tidak sedikit orang yang berhasil menyembunyikan keraguan terhadap dirinya sendiri.

advertisement

Jadi, yakinlah bahwa kamu akan baik-baik saja sehingga semua yang akan kamu lakukan tidak menjadi serba salah. Dengan begini kamu akan lebih mudah untuk mengurangi sifat malumu secara perlahan.

baca Juga: 4 Cara Menghilangkan Sifat Pendiam dan Pemalu yang Harus Segera Dilakukan

4. Orang Lain Pasti Bisa Menoleransi

Sifat pemalu yang berlebihan mungkin menghadirkan pemikiran-pemikiran negatif dalam benakmu. Tak jarang kamu berpikir bahwa sangat kecil kemungkinan orang lain bisa menerima keberadaanmu.

advertisement

Apabila kamu merasa malu untuk melakukan sesuatu di hadapan orang banyak, mulai sekarang yakinlah bahwa masih banyak orang yang bisa memakluminya. Sebagian besar dari mereka sudah mempunyai titik tertentu untuk ditempuh sehingga mereka akan lebih fokus pada kehidupannya sendiri dan mengabaikanmu pada waktu tertentu.

Atau justru bisa jadi merekalah yang akan memberikan dukungan dan motivasi untukmu. Oleh sebab itulah kamu harus percaya pada kemampuan yang dimiliki dan yakinlah jika orang lain pasti bisa menoleransi sesuatu yang ada dalam dirimu.

Mulai sekarang  berhentilah merasa malu secara berlebihan. Karena di dunia ini tidak ada satu orang pun yang sempurna. Kamu perlu menerima segala hal yang ada dalam dirimu.

advertisement

Berhenti berpikiran negatif dan menakut-nakuti diri sendiri dengan berbagai hal buruk yang belum tentu akan terjadi. Di Sanepo juga kamu bisa menemukan referensi lainnya dengan cara yang mudah dan akses yang cepat. Semoga sifat pemalu yang berlebihan dapat kamu atasi dengan segera, ya!

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *