Wajib Tahu! Inilah Cara Menggunakan Shazam di Instagram

  • Whatsapp
Wajib Tahu! Inilah Cara Menggunakan Shazam di Instagram
Wajib Tahu! Inilah Cara Menggunakan Shazam di Instagram

cara menggunakan Shazam di Instagram – Kini, aplikasi Shazam memiliki fitur yang mampu mengidentifikasi suara di smartphone atau aplikasi, misalnya saja Instagram. Karena mencari judul lagu secara manual tentu cukup sulit, dengan mengetahui cara menggunakan Shazam di Instagram, maka pencarian judul lagu akan lebih mudah untuk Anda

Sekilas Tentang Aplikasi Shazam

Untuk Anda yang belum familiar dengan aplikasi ini pasti bertanya-tanya, apa itu Shazam? Secara umum, Shazam adalah aplikasi milik Apple Inc yang mampu mengidentifikasi musik, film, iklan dan acara televisi berdasarkan sampel yang diputar menggunakan mikrofon pada perangkat Anda.

Aplikasi canggih ini kini telah hadir untuk sistem operasi Android. Pengembang asli aplikasi ini adalah Shazam Entertainment Limited, didirikan pada tahun 1999 oleh Chris Barton, Philip Inghelbrecht, Avery Wang, dan Dhiraj Mukherjee.

advertisement

Pada 24 September 2018, perusahaan tersebut di akuisisi (penggabungan antara dua perusahaan) oleh Apple senilai 400 juta dolar. Cara kerja Shazam adalah dengan mengidentifikasi lagu berdasarkan tanda audio yang memiliki grafik frekuensi waktu yang disebut spektogram.

Cara Menggunakan Shazam di Instagram

Cara Menggunakan Shazam di Instagram
Cara Menggunakan Shazam di Instagram

Baca juga: Cara Nonton Iflix Gratis dengan Indihome dan Paket Indosat Ooredoo Stream On

Cara Mencari Judul Lagu di Shazam dari Instagram

Menemukan judul lagu tidak pernah semudah ini karena Shazam sudah bisa mengenali judul lagu dari aplikasi lain seperti Instagram. Artinya, Anda tetap bisa mencari judul lagu meski sedang menggunakan headphone.

advertisement

Jadi, sekarang, fitur pencarian judul lagu Shazam berfungsi untuk semua aplikasi di smartphone, termasuk di Instagram. Jika Shazam diinstall pada smartphone, aplikasi ini dapat mendengar musik apapun yang diputar oleh aplikasi lainnya.

Agar Shazam selalu berfungsi ketika Anda membuka Instagram, berikut beberapa langkah yang harus dilakukan:

  1. Masuk ke menu pengaturan di smartphone Android Anda
  2. Aktifkan fitur pop up di menu pengaturan
  3. Izinkan aplikasi Shazam muncul di atas aplikasi Instagram
  4. Tunggu hingga tombol Shazam muncul di layar Anda
  5. Saat Anda mendengar suatu lagu di Instagram (misalnya lagu latar di trailer film atau iklan) yang   ingin Anda ketahui, cukup ketuk tombol tersebut dan Shazam akan langsung menemukan judulnya.

Hasil pencarian juga akan disimpan di dalam aplikasi Shazam. Jadi, Anda bisa menemukannya lagi nanti. Mudah, bukan?

advertisement

Baca juga: Cara Nonton Film di We TV Indonesia

Kegunaan Lain Aplikasi Shazam

Saat ini, kegunaan aplikasi Shazam lebih dikenal sebagai pemindai musik. Cukup dengarkan bagian musik yang Anda ingin ketahui kepada Shazam, maka Shazam akan memberikan informasi lengkap tentang lagu tersebut.

Namun, kedepannya, kemampuan Shazam digadang-gadang tidak akan berhenti di sana karena aplikasi ini sedang dikembangkan untuk juga bisa mengenali sebuah item atau objek. Cara kerjanya pun masih sama.

Bacaan Lainnya
advertisement

Cukup pindai item yang Anda inginkan informasinya kepada Shazam, kemudian aplikasi Shazam akan memberitahu Anda informasi mengenai item yang dimaksud. Namun, tentunya pemindaian yang dilakukan tidak hanya mengandalkan mikrofon, melainkan juga melalui kamera ponsel Anda.

Misalnya, jika Anda mengarahkan Shazam ke kotak sereal, maka aplikasi akan menginformasikan kandungan nutrisinya. Sedangkan jika mengarahkan Shazam ke arah kemasan DVD, maka Anda akan mendapatkan daftar lagu dari DVD tersebut beserta opsi pembelian.

Begitulah informasi terkait bagaimana cara menggunakan Shazam di Instagram sebagai aplikasi untuk mengidentifikasi sebuah lagu. Rasakan kemudahan dalam menggunakan aplikasi Shazam dan selamat mencoba!

advertisement

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *