Cara Mengatasi HP Gerak Sendiri Tanpa Aplikasi

  • Whatsapp
Cara Mengatasi HP Gerak Sendiri Tanpa Aplikasi
Cara Mengatasi HP Gerak Sendiri Tanpa Aplikasi

Cara Mengatasi Hp Gerak Sendiri Tanpa Aplikasi – Semakin berkembangnya zaman, maka semakin berkembang pula teknologi yang diciptakan. Namun, perkembangan teknologi tersebut tak membuatnya tidak memiliki kekurangan.

Karena nyatanya, sampai saat ini pengguna smartphone diresahkan oleh bergeraknya layar hp secara tiba-tiba dan tidak tahu bagaimana cara mengatasi hp gerak sendiri.

Ini tentu menjadi masalah bagi mereka jika hp mengalami kerusakan sementara ada hal penting yang harus segera dilakukan di hp.

Berbagai cara pun ditempuh agar hp bisa kembali seperti semula lagi dan tanpa aplikasi tentu saja. Karena dapat memudahkan penggunanya dalam menangani hp secara mandiri dan tanpa aplikasi. Lantas bagaimana caranya??

Cara Mengatasi HP Gerak Sendiri Tanpa Aplikasi

Cara Mengatasi HP Gerak Sendiri Tanpa Aplikasi
Cara Mengatasi HP Gerak Sendiri Tanpa Aplikasi

1. Restart / Matikan Hp

Penyebab utama yang bisa menjadikan hp gerak sendiri adalah overheat atau kepanasan. Hal ini bisa disebabkan oleh penggunaan hp yang terlalu lama tanpa henti dan banyak aplikasi yang dibuka sekaligus.

Ini tentu saja akan memicu kerusakan sistem pada hp karena tidak memberikan waktu hp istirahat.

2. Pastikan Charger Hp Berfungsi

Saat hp sedang mengisi daya, alangkah baiknya kalau hp didiamkan atau dimatikan saja. Ini dilakukan agar daya bisa benar-benar terisi dengan benar dan hp juga mendapat waktu untuk istirahat.

Bacaan Lainnya

Karena jika hp digunakan saat sedang mengisi daya, maka hp akan error dengan bergeraknya layar secara sendiri atau kerusakan lainnya.

Jika dalam keadaan hp mati atau tidak digunakan saat mengisi daya tetapi masih error, maka gantilah charger dengan yang baru. Karena kemungkinan socket charger juga sudah rusak sehingga membuat layar hp bergerak sendiri tanpa disentuh.

3. Bersihkan Screen Protector

Kebersihan screen protector juga harus selalu dijaga dari kotoran, minyak, debu dll. Karena jika screen protector hp berminyak atau kotor, maka akan mempengaruhi kestabilan layar ketika digerakkan.

Pastikan juga pemasangan screen protector anda terpasang dengan tepat dan tidak asal-asalan agar tidak ada kemungkinan kotoran yang masuk.

4. Ganti Baterai

Cara mengatasi hp gerak sendiri yang selanjutnya adalah dengan mengganti baterai lama dengan yang baru.

Karena baterai yang sudah rusak atau bengkak bisa menekan layar LCD hp hingga membuat layarnya bergerak sendiri. Jadi, sebaiknya baterai diganti dengan yang baru agar hp bisa kembali normal.

Baca juga: 5 Aplikasi Musik iPhone Offline Terpopuler 2021

5. Factory Reset

Factory reset merupakan langkah untuk mereset hp dari awal lagi seperti baru. Langkah ini dilakukan karena di hp terdapat bug yang dapat merusak sistem hp dan membuat layar hp bergerak sendiri.

Namun, saat melakukan factory reset, maka semua data-data yang ada di hp akan hilang, jadi harus dicadangkan terlebih dahulu data-datanya.

Baca juga: 5 Aplikasi Edit Video Transisi yang Tidak Akan Mengecewakan

6. Bawa Ke Tempat Service

Setelah melakukan berbagai langkah di atas tetapi hp masih tetap bergerak sendiri, maka bawalah hp ke tempat service.

Itu artinya hp mengalami kerusakan sistem yang parah dan membutuhkan bantuan dari orang yang sudah ahli.  Bisa juga membawa ke tempat service yang resmi, agar garansi hp yang masih berlaku bisa digunakan sehingga tidak memakan banyak uang.

Itulah beberapa cara mengatasi hp gerak sendiri tanpa aplikasi yang bisa diterapkan sendiri di rumah. Cara-cara itu merupakan cara termudah dan paling umum digunakan orang-orang untuk mengatasi kerusakan hp.

Namun, dari sekian banyaknya cara dan tetap tidak berhasil, maka langkah selanjutnya yang bisa ditempuh adalah membawanya ke tempat service agar segera ditangani.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *