4 Cara Berbicara yang Baik dan Sopan, Jangan Ragu untuk Memperbaiki Diri!

  • Whatsapp
Cara Berbicara yang Baik dan Sopan

Cara berbicara yang baik dan sopan rasanya sangat diperlukan oleh setiap orang. Penerapan tersebut bertujuan agar kita bisa menjadi seseorang yang lebih baik dari hari ke hari.

Komunikasi yang baik dan tepat menjadi hal yang tidak boleh diabaikan karena perannya sangatlah besar dalam kehidupan ini. Sebagai makhluk sosial, komunikasi menjadi perantara yang sangat pokok antar sesama.

Baik menggunakan alat ataupun secara langsung, komunikasi memang perlu diperhatikan sekaligus dijaga untuk menyampaikan maksud dan tujuan tertentu sehingga tidak terjadi kesalahpahaman.

Bagaimana pun komunikasi akan selalu digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Tetapi terkadang masih banyak yang kurang memperhatikan etika ataupun sopan santun dalam berbicara.

Cara Berbicara yang Baik dan Sopan untuk Menjaga Hubungan Antar Sesama

Seperti halnya komunikasi, etika juga menjadi bagian penting dalam kehidupan sosial. Dengan menerapkan etika yang baik kamu akan terhindar dari berbagai permasalahan dan juga dari perilaku buruk yang tidak dapat diterima oleh lingkungan sekitar.

Dengan begitu pula kamu akan dikenal sebagai sosok yang baik dan sopan. Tak heran  bila akhirnya kamu disenangi dan bisa dekat dengan lebih banyak orang.

Namun, untuk  mendapatkan hal tersebut kamu juga perlu berlatih soal etika dalam kehidupan, termasuk juga soal berbicara ataupun berkomunikasi dengan orang lain. Berikut adalah beberapa cara berbicara yang baik dan sopan kepada orang lain.

1. Jangan Terlalu Mendominasi

Berbicara dengan orang lain mempunyai arti bahwa kamu akan menjadi pembicara dan juga pendengar. Karenanya kamu harus seimbang dalam kedua hal tersebut agar komunikasi bisa tetap efektif.

Hindari terlalu mendominasi ketika sedang berbicara dengan orang lain. Kamu juga tidak boleh memotong perkataan lawan bicara.

Sebaiknya tunggulah orang tersebut menyelesaikan pembicaraannya. Ini adalah penerapan cara berbicara yang baik dan sopan yang cukup mempengaruhi pandangan orang lain terhadapmu.

Tanpa kamu ketahui, perbuatan sepele dengan memotong perkataan orang lain ini dapat menimbulkan kesalahpahaman.

Bahkan tak jarang lawan bicaramu menjadi kesal karena merasa dirinya tidak kamu hargai. Jadi, mulai sekarang cobalah untuk lebih bersabar untuk berbicara sesuai dengan giliran.

Mendominasi hanya akan membuatmu kurang pemahaman dan kurang pengetahuan. Seharusnya kamu mendapatkan banyak ilmu dari mereka, tetapi karena terlalu banyak bicara kamu jadi kehilangan kesempatan tersebut.

Baca Juga: 4 Cara Membentuk Akhlak yang Baik dan Mulia untuk Memperbaiki Diri

2. Jangan Berbohong

Sadarkah kamu bila berbicara merupakan anuegrah dari Tuhan yang harus disyukuri dan digunakan dengan sebaik-baiknya? Oleh sebab itu kamu harus berbicara dengan baik dan jangan melakukan kebohongan kepada siapa pun.

Berbohong hanya akan membuatmu puas dalam waktu yang singkat. Akan tetapi selanjutnya kamu akan dikejar dengan rasa bersalah dan kecemasan karena takut orang yang telah kamu bohongi dapat mengetahui kebenarannya.

Berbicara dengan baik menjadi wujud rasa syukurmu kepada Tuhan. Sebab itulah kamu harus berpikir dengan matang sebelum berbicara. Bahkan sebaiknya tetaplah diam jika kamu khawatir dapat mengeluarkan perkataan dusta.

Jangan sampai apa yang kamu katakan justru mengecewakan orang lain. Dan ada baiknya bila sebelum berpisah, ucapkanlah permohonan maaf agar kesalahan yang tak sengaja kamu perbuat dapat dimaafkan oleh mereka. Ini adalah etika yang baik ketika kamu berkomunikasi dengan orang lain.

Baca Juga: 4 Cara Berbisnis dengan Baik dari Nol Agar Usaha Cepat Sukses

3. Berusaha Menghindari Perdebatan

Cara berbicara yang baik dan sopan salah satunya dengan berusaha menghindari perdebatan. Meskipun tak dapat dimungkiri bahwa dalam pembicaraan terkadang terdapat perbedaan yang mampu memicu munculnya perdebatan.

Sedangkan perdebatan bisa mengakibatkan datangnya rasa sakit hati dan kebencian antara yang satu dengan lainnya. Maka dari itu sebaiknya kamu menghindari perdebatan tersebut agar perdamaian bisa tetap terjaga antar sesama.

Lantas bagaimana ketika kalian mempunyai perbedaan pendapat? Jika memang demikian, sebaiknya selesaikanlah dengan melakukan musyawarah. Temukanlah solusinya dengan  berbicara dari hati ke hati agar tidak terjadi perdebatan di antara kalian.

Bukan hanya untuk menjaga perasaan satu sama lain, tetapi menghindari perdebatan juga akan menjadikan kalian sebagai seseorang yang berakhlak terpuji. Dengan begitu pula kamu akan disayangi oleh banyak orang dan juga lebih mudah bersosialisasi dengan lingkungan baru.

4. Membuat Pembicaraan yang Ringkas

Cara berbicara yang baik dan sopan juga dapat dilakukan dengan menjadikan pembicaraan lebih ringkas dan juga efektif. Maksudnya yakni dengan menyampaikan pesan secara singkat serta sederhana sehingga orang lain dapat memahaminya dengan cepat dan mudah.

Hindarilah untuk memberikan informasi dengan bertele-tele karena hal tersebut bisa menimbulkan rasa tak nyaman bagi lawan bicara. Namun, dengan membicarakan sesuatu dengan jelas dan ringkas justru akan membantumu mendapatkan solusi dan respons yang lebih baik.

Bahkan, orang lain dapat memberikan bantuan bila kamu membutuhkannya. Hal ini tidak mustahil terjadi karena mereka berhasil menerima maksud dari perkataanmu dengan baik.

Seperti apa cara berbicara yang baik dan sopan yang pernah kamu lakukan? Jika selama ini kamu masih mengabaikan etika berkomunikasi, mulai sekarang cobalah untuk memperbaikinya. Dengan demikian kamu akan menjadi orang yang beruntung sebab hidupmu kini menjadi lebih baik daripada sebelumnya. Jangan sudahi kegiatan membacamu, di Sanepo masih banyak referensi lainnya yang akan membuatmu lebih diuntungkan. Selamat membaca dan menjelajahi Sanepo.com!

Jangan lupa juga untuk ikuti artikel terbaru dari Sanepo agar nggak ketinggalan berita menarik lainnya dengan cara mengikuti Google Berita Sanepo, Telegram @sanepo_com dan Facebook Sanepo kami.

text-center">

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *