6 Cara Agar Penyimpanan Tidak Penuh yang Paling Mudah, Lakukan Sebelum Terlambat!

cara agar penyimpanan tidak penuh

Cara agar penyimpanan tidak penuh bisa dilakukan dengan cukup mudah. Tentunya memori internal ponsel yang terlalu penuh akan sangat mengganggu, bukan? Pastinya kamu langsung mencari cara untuk mengatasinya agar smartphone bisa menyimpan berbagai file kembali.

Akan tetapi ada beberapa kasus di mana memori smartphone cepat sekali penuh, padahal kamu sudah menghapus aplikasi dan foto yang ada. Karena itulah kamu harus tahu bagaimana cara yang tepat untuk mengosongkan ruang ponsel ataupun membuat penyimpanan agar tidak cepat penuh.

Cara Agar Penyimpanan Tidak Penuh Terbukti Ampuh!

Kamu bisa melakukan  cara agar penyimpanan tidak penuh sendiri tanpa bantuan orang lain. Jika memori ponselmu tidak penuh, otomatis smartphone yang kamu gunakan bisa berfungsi dengan baik tanpa adanya kendala. Nah, berikut beberapa cara yang dapat kamu lakukan agar enyimpanan tidak penuh.

1. Menghapus Aplikasi Bawaan atau Bloatware

Aplikasi bloatware diartikan sebagai aplikasi yang memang telah terpasang sejak pertama kamu membeli ponsel. Akan tetapi sering kali aplikasi bawaan justru tidak terlalu mempunyai fungsi yang penting. Karenanya tak jarang aplikasi itu hanya memenuhi memori internal dari smartphone.

Oleh sebab itulah agar penyimpanan tidak penuh, kamu bisa menghapus aplikasi bawaan dari smartphone. Akan tetapi bila aplikasi tersebut tidak bisa dihapus atau uninstall, kamu dapat menonaktifkannya saja. Caranya dengan membuka menu “Pengaturan” lalu klik bagian “Aplikasi”, setelah itu pilih bagian menu “Semua”, dan kamu dapat memilih aplikasi yang ingin dimatikan dengan tap opsi “nonaktifkan”.

2. Bersihkan Cache dan File Junk

Kamu perlu membersihkan cache dan file junk di dalam smartphone. File tersebut dapat dikatakan sebagai ‘sampah’ dalam smartphone. Biasanya file yang tak penting ini akan selalu muncul walaupun telah dibersihkan.

Karenanya cara agar penyimpanan tidak penuh yang paling penting yaitu dengan rutin membersihkan ataupun menghapus cache dan file junk. Kamu bisa membuat jadwa rutin untuk membersihkan keduanya sehingga memori ponselmu tidak akan mudah penuh.

3. Tidak Menginstal Aplikasi yang Berat

Apakah kamu sering kali menginstal aplikasi game, media sosial, dan aplikasi edit foto? Perlu diwaspadai, kebiasaan tersebut bisa membuat memori smartphone kamu lebih cepat penuh. Sebab, biasanya apilikasi yang ‘berat’ mempunyai grafis yang tinggi.

Ini artinya aplikasi tersebut lebih membutuhkan banyak file gambar dengan ukuran yang super besar. Hal tersebutlah yang menyebabkan kinerja ponsel jadi semakin lambat dan memori akan cepat penuh.

Baca Juga: Terbukti Ampuh! Ini Dia 5 Cara Membersihkan Laptop Bagian Luar