Tutorial sulam pita bunga mawar

SANEPO – Belum banyak yang tahu dengan asal muasal dari seni sulam, namun tutorial sulam pita bunga mawar sudah bisa ditemukan dengan mudah di banyak platform atau media sosial.

Sebelum memasuki cara atau tutorial sulam pita bunga mawar, tidak ada salahnya bila Anda ketahui dulu asal muasal seni sulam ini!

Penasaran bukan dengan asal mula seni yang melibatkan daya konsentrasi dan teknik serta daya imajinasi tersebut? Simak ulasannya sampai akhir dan temukan tutorial sulam pita bunga mawar setelahnya!

Asal Mula Seni Sulam

Tutorial sulam pita bunga mawar
8 Langkah atau Tutorial Sulam Pita Bunga Mawar Berikut denganAsal Muasal Seni Sulam yang Harus Diketahui!

Seni sulam telah ada selama ribuan tahun dan merupakan kegiatan yang melibatkan pembuatan pola atau dekorasi pada kain dengan mengguna jarum dan benang. Meskipun sulam umumnya terkait dengan pekerjaan tangan wanita dalam budaya Barat, sulam sebenarnya memiliki sejarah yang panjang dan berasal dari berbagai budaya di seluruh dunia. Berikut adalah gambaran umum mengenai asal mula kegiatan sulam:

1. Sulam di Mesir Kuno:

Sulam diyakini berasal dari Mesir Kuno, dan ada bukti bahwa sulam telah dilakukan sejak sekitar 5000 tahun yang lalu. Sulam digunakan untuk menghiasi pakaian, kain, dan linen yang digunakan dalam pemakaman bangsawan Mesir.

2. Sulam di Tiongkok Kuno:

Tiongkok Kuno juga memiliki tradisi sulam yang kaya. Sulam di Tiongkok digunakan untuk menghiasi pakaian, selimut, dan perhiasan rumah. Pola sulam sering kali mencerminkan simbol-simbol budaya dan mitologis.

3. Sulam di Romawi dan Yunani Kuno:

Di zaman Romawi dan Yunani Kuno, sulam dianggap sebagai keterampilan mewah dan digunakan untuk menghiasi pakaian yang digunakan oleh orang-orang kaya dan bangsawan. Sulam sering kali menggambarkan adegan mitologis atau flora dan fauna.

4. Sulam di Eropa Abad Pertengahan:

Selama Abad Pertengahan, sulam menjadi bagian integral dari kehidupan kaum bangsawan dan gereja. Sulam digunakan untuk menghiasi pakaian liturgis dan bendera gereja. Wanita-wanita bangsawan sering kali menghabiskan waktu mereka dengan sulam sebagai bentuk pekerjaan tangan dan hiburan.

5. Sulam di Renaisans:

Pada periode Renaisans, seni sulam mencapai puncaknya dalam hal kompleksitas dan keindahan. Sulam digunakan untuk membuat panel dinding, pakaian mewah, dan karya seni dekoratif lainnya. Sulam menjadi simbol status sosial dan kemampuan artistik.

6. Sulam di Asia:

Di Asia, khususnya di India dan Timur Tengah, sulam memiliki tradisi yang sangat kaya. Sulam sering kali mencerminkan warisan budaya dan menggambarkan motif-motif tradisional. Contohnya adalah sulam Kasuti di India dan sulam Palestina yang terkenal.

7. Sulam di Abad Modern:

Selama Abad ke-19 dan ke-20, seni sulam mulai berkembang di kalangan wanita borjuis yang memiliki lebih banyak waktu luang. Sulam menjadi bentuk seni dan ekspresi pribadi, dan wanita menghabiskan waktu untuk menciptakan karya seni sulam yang rumit.

Dengan perubahan tren dan gaya, seni sulam terus berkembang dan beradaptasi. Saat ini, sulam dapat ditemui dalam berbagai bentuk dan digunakan dalam berbagai konteks, dari hobi pribadi hingga industri fashion dan seni rupa.

Tutorial Sulam Pita Bunga Mawar

Tutorial sulam pita bunga mawar
8 Langkah atau Tutorial Sulam Pita Bunga Mawar Berikut denganAsal Muasal Seni Sulam yang Harus Diketahui!

Tutorial sulam pita bunga mawar adalah seni menyesuaikan pita menjadi berbagai bentuk dan pola dengan menggunakan jarum dan benang. Untuk membuat bunga mawar dengan sulam pita, Anda akan membutuhkan beberapa bahan dan alat. Berikut adalah panduan langkah-demi-langkahnya:

Bahan-Bahan:

  1. Pita satin atau pita sutra (berbagai warna, tergantung pada warna bunga mawar yang diinginkan)
  2. Jarum sulam
  3. Benang sulam
  4. Kain atau kanvas (sebagai media sulam)
  5. Hapus pensil atau marker air yang dapat hilang
  6. Gunting
  7. Benang dan jarum untuk menjahit (opsional)

Langkah-langkah:

Langkah 1: Persiapkan Media Sulam

  • Potong kain atau kanvas sesuai dengan ukuran yang diinginkan untuk media sulam Anda.

Langkah 2: Rencanakan Desain

  • Gunakan pensil atau marker air yang dapat hilang untuk merencanakan desain bunga mawar pada media sulam. Pilih warna pita yang sesuai.

Langkah 3: Mulai Menyulam Bunga Mawar

  • Potong sepotong pita yang cukup panjang. Inilah yang akan Anda gunakan untuk membuat kelopak bunga mawar pertama.
  • Lipat pita di ujungnya dan jahit ke media sulam untuk membentuk kelopak pertama.
  • Terus jahit kelopak-kelopak tambahan dengan cara yang sama. Lipat dan jahit pita baru untuk setiap kelopak.

Langkah 4: Bentuk Bunga

  • Lanjutkan menambah kelopak-kelopak hingga bunga mawar mencapai ukuran yang diinginkan. Sesuaikan bentuk dan ukuran kelopak sesuai keinginan Anda.

Langkah 5: Tambahkan Batang

  • Untuk menambahkan batang bunga mawar, gunakan pita hijau dan jahit atau ikatkan ke bagian bawah bunga.
  • Lanjutkan menyulam atau mengikat pita hijau untuk membentuk batang yang diinginkan.

Langkah 6: Selesaikan Sulaman

  • Setelah selesai, pastikan semua jarum dan benang tersembunyi dengan baik. Jika Anda ingin, Anda juga bisa menjahit beberapa daun ke batang bunga menggunakan kain hijau.

Langkah 7: Rapihkan dan Gantung atau Tempelkan

  • Rapihkan sulaman dan pastikan semuanya terlihat rapi dan seimbang.
  • Gantung atau tempelkan bunga mawar sulam pita di dinding, tas, atau pakaian sesuai keinginan Anda.

Tips Tambahan:

  • Gunakan pita dengan lebar yang berbeda untuk menciptakan efek yang beragam pada kelopak bunga.
  • Eksperimen dengan warna pita yang berbeda untuk membuat mawar yang penuh warna.
  • Tambahkan beberapa bead ke tengah bunga untuk memberikan efek yang lebih menarik.

Dengan mengikuti tutorial sulam pita bunga mawar diatas, Anda dapat membuat bunga mawar yang indah dengan teknik sulam pita. Sesuaikan warna dan desainnya sesuai selera Anda!

Editor :

Sumber : Berbagai sumber


SHARE:

Update Berita Terbaru dari Sanepo di :

Vita Suwarno

Vita, pebisnis dan tech enthusiast, suka share insight tentang cara bener berinternet.