tutorial menggambar bunga mawar

SANEPO – Siapa bilang menggambar bunga mawar di atas kue sulit untuk dilakukan? Buktinya tutorial menggambar bunga mawar di atas kue tart di bawah ini bisa banget untuk Anda tiru loh!

Penasaran bukan dengan cara atau tutorial menggambar bunga mawar di atas kue tart seperti apa? Simak ulasannya sampai akhir dan temukan langkah-langkahnya yuk!

Tutorial Menggambar Bunga Mawar di Kue Tart

Untuk menggambar kue tart bagi pemula bisa menggunakan dua bahan yang mana keduanya bisa Anda temukan dengan sangat mudah sekali di toko bahan kue atau TBK. Adapun bahan yang dimaksud adalah fondant dan krim.

Seperti apa tutorial menggambar bunga mawar dengan fondant dan krim di atas kue tart? Simak yuk!

Tutorial Menggambar Bunga Mawar dengan Fondant

tutorial menggambar bunga mawar
2 Tutorial Menggambar Bunga Mawar di Kue Tart dengan Fondant dan Krim, Wajib Coba!

Menggambar bunga mawar dengan fondant di atas kue tart adalah cara yang indah untuk menghias kue yang kreatif. Fondant adalah bahan yang cocok untuk mengukir berbagai bentuk dan menghasilkan tampilan yang halus. Berikut adalah tutorial langkah demi langkah untuk menggambar bunga mawar dengan fondant di atas kue tart:

Bahan yang Anda butuhkan:

  1. Kue tart yang sudah dipersiapkan dan di atasnya sudah diolesi dengan lapisan dasar fondant.
  2. Fondant berwarna yang Anda inginkan untuk membuat bunga mawar. Anda bisa memilih warna seperti merah, pink, atau putih, sesuai dengan preferensi Anda.
  3. Alat pemotong fondant atau pisau tajam.
  4. Lem fondant atau air (untuk merekatkan elemen fondant).
  5. Gulungan fondant atau rolling pin.
  6. Pisau kecil atau spatula fondant untuk mengukir dan membentuk fondant.
  7. Pewarna makanan (opsional, untuk memberi detail warna pada bunga).
  8. Glitter atau taburan perhiasan makanan (opsional, untuk efek kilau).

Langkah-langkah:

1. Persiapkan Fondant:

Mulailah dengan mengambil fondant berwarna yang akan Anda gunakan untuk membuat bunga mawar. Gulung fondant ini menjadi lapisan tipis dengan menggunakan rolling pin. Pastikan permukaannya diberi tepung maizena atau gula halus untuk mencegah lengket.

2. Buat Kelopak Bunga:

Gunakan alat pemotong fondant atau pisau tajam untuk memotong fondant menjadi bentuk seperti hati. Ini akan menjadi kelopak bunga mawar. Buat beberapa kelopak dengan ukuran yang berbeda.

3. Buat Pusat Bunga:

Bentuk sedikit fondant berwarna yang berbeda menjadi bola kecil untuk menjadi pusat bunga mawar.

4. Bentuk Kelopak Bunga:

Letakkan kelopak bunga di sekitar pusat bunga, dengan ujung kelopak menutupi bagian bawah pusat bunga. Bentuk dan tekuk kelopak sedikit untuk memberi dimensi pada bunga. Pastikan fondant merekat dengan baik dengan fondant di dasar kue tart. Anda dapat menggunakan lem fondant atau air untuk membantu fondant menempel.

5. Buat Lapisan Kelopak Tambahan:

Lanjutkan dengan menambahkan lapisan kelopak yang lebih besar dan lebih luar ke bunga mawar Anda. Ini akan membuat kelopak-kelopak terlihat lebih penuh. Pastikan untuk menempatkan kelopak yang lebih besar di sekitar kelopak yang lebih kecil.

6. Tambahkan Rincian:

Gunakan pisau kecil atau spatula fondant untuk menambahkan detail pada kelopak seperti lipatan dan garis-garis halus yang serupa dengan kelopak mawar yang nyata.

7. Opsional: Tambahkan Pewarna atau Kilauan (Glitter):

Jika Anda ingin memberi bunga mawar warna tambahan atau efek kilauan, Anda dapat menggunakan pewarna makanan atau glitter perhiasan makanan untuk menghiasnya.

8. Selesaikan Dekorasi Kue:

Setelah Anda selesai membuat bunga mawar, lengkapi dekorasi kue tart Anda dengan bunga ini dan tambahkan elemen dekoratif lainnya sesuai keinginan Anda.

Menggambar bunga mawar dengan fondant di atas kue tart memerlukan sedikit kesabaran dan keterampilan, tetapi hasil akhirnya pasti akan membuat kue Anda terlihat luar biasa. Selamat mencoba tutorial menggambar bunga mawar dengan fondant yah!

Tutorial Menggambar Bunga Mawar dengan Krim

tutorial menggambar bunga mawar
2 Tutorial Menggambar Bunga Mawar di Kue Tart dengan Fondant dan Krim, Wajib Coba!

Menggambar bunga mawar dengan krim di atas kue tart adalah teknik dekorasi kue yang indah. Berikut adalah tutorial langkah demi langkah tentang cara menggambar bunga mawar dengan krim di atas kue tart:

Bahan yang Anda butuhkan:

  1. Kue tart yang sudah dipersiapkan dan didinginkan.
  2. Krim mentega yang sudah siap (bisa berwarna putih atau dicampur dengan pewarna makanan).
  3. Kantong segitiga untuk mengaplikasikan krim (piping bag).
  4. Spuit atau ujung nozzle bunga mawar (biasanya berbentuk bintang).
  5. Pewarna makanan (opsional, untuk memberi warna pada krim).
  6. Spatula tajam atau pisau kue (untuk membentuk krim).

Langkah-langkah:

Persiapkan Krim:

Jika Anda ingin memberi warna pada krim, tambahkan beberapa tetes pewarna makanan ke dalam krim mentega dan aduk hingga merata. Anda dapat memilih warna yang sesuai dengan bunga mawar yang ingin Anda gambar.

Isi Kantong Segitiga:

Masukkan krim yang sudah disiapkan ke dalam kantong segitiga yang telah dilengkapi dengan spuit atau nozzle bunga mawar.

Buat Pusat Bunga:

Mulailah dengan menggambar lingkaran kecil di tengah kue tart sebagai pusat bunga mawar. Ini akan menjadi titik awal dari bunga mawar Anda.

Buat Kelopak Bunga Pertama:

Gunakan kantong segitiga dan spuit dengan nozzle bunga mawar untuk membuat kelopak pertama. Mulai dari pusat bunga, buat kelopak yang melingkar dengan gerakan melingkar searah jarum jam.

Tambahkan Kelopak-Kelopak Lain:

Terus tambahkan kelopak bunga mawar lainnya dengan gerakan yang serupa, mengelilingi kelopak pertama. Buat beberapa lapisan kelopak untuk memberikan dimensi pada bunga mawar Anda. Kelopak yang lebih dalam harus lebih kecil dari yang di luar.

Bentuk Kelopak:

Jika perlu, gunakan spatula tajam atau pisau kue untuk membentuk dan merapikan kelopak-kelopak agar terlihat lebih alami dan rapi.

Opsional: Tambahkan Daun atau Tangkai (Opsional):

Jika Anda ingin menambahkan daun atau tangkai pada bunga mawar, gunakan krim berwarna hijau dan nozzle yang sesuai (biasanya berbentuk daun atau rumput) untuk membuat daun dan tangkai.

Selesai:

Setelah Anda selesai menggambar bunga mawar dan mungkin daunnya, kue tart Anda siap untuk disajikan.

Tutorial menggambar bunga mawar dengan krim di atas kue tart memerlukan latihan untuk mendapatkan bentuk dan tekstur yang diinginkan. Jangan ragu untuk berlatih dan eksperimen dengan warna dan ukuran bunga yang berbeda untuk menciptakan hasil yang sempurna. Selamat mencoba!

Editor :

Sumber : Berbagai sumber


SHARE:

Ikuti Sanepo di media sosial untuk berita terbaru tentang Teknologi, Anime, Gadget, dan lainnya setiap hari! Jangan lewatkan konten menarik kami. Follow sekarang di:
FacebookSanepo
InstagramSanepo
Google NewsSanepo.com
PinterestSanepo
Twitter@sanepo_com
Telegram ChannelSanepo Updates
WhatsApp ChannelSanepo Media

Vita Suwarno

Vita, pebisnis dan tech enthusiast, suka share insight tentang cara bener berinternet.