Inilah 4 Hal Penting Dalam Membuat Resume Lulusan Teknik Sipil

Inilah 4 Hal Penting Dalam Membuat Resume Lulusan Teknik Sipil
Inilah 4 Hal Penting Dalam Membuat Resume Lulusan Teknik Sipil
4.0 Transitional//EN" "http://www.w3.org/TR/REC-html40/loose.dtd">

Untuk melamar pekerjaan sebagai lulusan teknik sipil, pastinya Anda membutuhkan resume teknik sipil yang baik. Resume lulusan teknik sipil ini berguna sebagai penunjang untuk mengekspresikan kemampuan dan prestasi yang Anda miliki selama mengemban pendidikan di bidang teknik sipil.

Bagi Anda yang merupakan lulusan program studi teknik sipil tentunya ingin bekerja di bidang yang sama, ‘kan? Beruntungnya peluang sebagai pekerja teknik sipil ini terbuka lebar untuk Anda yang merupakan lulusan di bidang ini. Namun Anda tetap harus memiliki kualifikasi yang mumpuni agar mudah digaet oleh recruiter.

Bekerja di bidang ini harus memiliki soft skill teknik sipil dan juga hard skill yang berkualitas. Pasalnya pekerjaan ini akan berhubungan langsung dengan pekerjaan yang berat dan bisa berkaitan dengan nyawa manusia jika Anda tidak serius menjalani pekerjaan ini. 

Agar bisa kompeten di bidang ini, Anda wajib menguasai kemampuan atau skill seperti yang akan kami bahas di bawah ini. Langsung saja simak ulasannya untuk mendapatkan jawaban tentang skill apa saja yang dibutuhkan saat bekerja di bidang teknik sipil.

Kuasai Skill Ini Agar Bisa Bekerja Sebagai Pekerja Teknik Sipil yang Handal

Ada beberapa skill yang wajib Anda kuasai agar saat mencari lowongan kerja, recruiter akan dengan mudah tertarik kepada Anda. Lalu apa saja kemampuan yang dibutuhkan? Let’s check this out!

  1. Public Speaking

Meskipun anak teknik terkenal sebagai kalangan pendiam yang lebih serius mengerjakan proyeknya dibandingkan mahasiswa dari jurusan lain. Namun kemampuan public speaking ini tetap menjadi point plus. Pasalnya kemampuan ini akan digunakan untuk memberikan pemaparan yang terstruktur di dunia kerja.

  1. Software Teknik

Software teknik dapat menjadi salah satu skill yang bisa dimasukan ke dalam resume lulusan teknik sipil. Keahlian ini merupakan keharusan yang wajib dimiliki karena sangat dibutuhkan dalam dunia kerja seperti untuk mempercepat proses perencanaan, membuat permodelan, menganalisa struktur, hingga melakukan manajemen proyek.

  1. Fisik yang Kuat

Meskipun tidak harus masuk ke dalam CV, tetapi sebagai pegawai teknisi Anda wajib memiliki fisik yang kuat karena nantinya pekerjaan yang dihadapi tidak mudah. Pekerja di bidang ini umumnya akan bekerja menghancurkan batu spil, menangani agregat, hingga mengayak untuk mendapatkan gradasi sehingga ketahanan tubuh sangat diperlukan.

  1. Keterampilan Menggambar

Salah satu contoh hard skill teknik sipil yang tidak boleh Anda lewatkan adalah keterampilan menggambar. Bahkan skill yang satu ini dapat menjadi alat komunikasi yang dipakai oleh para engineer. Walaupun sekarang Anda bisa menggunakan software gambar, tetapi skill menggambar tetap wajib Anda kuasai.

fyp" style="margin-left: auto; margin-right: auto; text-align: center; " id="sanep-1070042840">fyp sanepo

  1. Kuat dalam Hitungan

Tidak hanya menggambar, sebagai seorang lulusan teknik sipil Anda juga harus kuat dalam hitungan. Saking pentingnya keahlian ini juga bisa dimasukan ke dalam resume lulusan teknik sipil. Usahakan untuk tidak terpaku pada kalkulator saat menghitung karena nantinya kualitas otak Anda akan berkurang saat menghitung sesuatu.

Jika dilihat dari apa yang harus dikuasai teknik sipil di atas, apakah Anda memiliki salah satunya? Jika belum, sebaiknya segera dikembangkan sekarang agar skill tersebut dapat dimasukan ke dalam resume lulusan teknik sipil.

Jika Anda memiliki sejumlah skill tersebut, dijamin pihak HRD tidak akan segan untuk merekrut Anda sebagai pegawai. Namun sebelum itu, Anda juga harus tahu apa saja hal penting dalam membuat resume teknik sipil yang baik. 

4 Hal Penting Dalam Membuat Resume Lulusan Teknik Sipil untuk Fresh Graduate

Saat membuat sebuah resume untuk melamar pekerjaan di bidang teknik sipil, tentunya Anda harus menggunakan effort tinggi dan jangan asal-asalan karena resume ini akan menjadi gerbang karir Anda di masa depan. Dengan demikian, simak 4 hal penting dalam membuat CV ini.

  1. Desain yang Menarik

Resume lulusan teknik sipil yang mudah digaet oleh HRD adalah yang memiliki desain menarik. Dalam artian desain ini tidak terlalu mencolok dan tidak terlalu sederhana juga. Anda bisa menggunakan desain secukupnya dengan tampilan dan warna yang hangat.

  1. Data Diri Seperlunya

Banyak pelamar yang sering salah dalam menjelaskan data diri mereka. Tidak jarang pula yang terlalu berlebihan mendeskripsikan informasi pribadi sehingga tidak menarik HRD. Sebaiknya cantumkan informasi seperlunya seperti nama lengkap, nomor telepon, alamat, dan juga email yang aktif.

  1. Pengalaman Terbaru

Inti dari resume teknik sipil adalah pengalaman. Anda wajib mencantumkan pengalaman terbaru agar dinilai aktif dan memiliki kompetensi yang tinggi di mata recruiter. Jika bisa, jangan masukan pengalaman yang lebih dari 3 tahun karena tidak akan menarik perhatian HRD.

  1. Skill di Bidang Teknik Sipil

Karena Anda akan melamar pekerjaan di bidang teknik sipil, maka skill yang dicantumkan pun harus sejalan dengan bidang ini. Masukkanlah beberapa kemampuan yang Anda miliki dan telah dipelajari selama menjadi mahasiswa di program studi teknik sipil.

Jika Anda mengikuti keempat hal yang telah dibahas di atas, dijamin resume lulusan teknik sipil yang Anda buat akan dipertimbangkan oleh pihak HRD. Jangan lupa juga untuk terus mengembangkan kemampuan yang dimiliki agar resume teknik sipil yang Anda buat tidak monoton dan penuh dengan pengalaman serta skill.

video" id="sanep-1277046784">