Inilah Cara Mereset Wifi IndiHome yang Bisa Dicoba

  • Whatsapp
Inilah Cara Mereset Wifi IndiHome yang Bisa Dicoba
Inilah Cara Mereset Wifi IndiHome yang Bisa Dicoba

Cara Mereset Wifi IndiHome – Memasuki era digital, internet menjadi kebutuhan pokok yang dicari semua orang. Untuk mengakses jaringan secara lancar, banyak warganet yang memanfaatkan WiFi IndiHome.

Namun, tidak sedikit pula yang mengalami masalah ketika menggunakannya, sehingga diharuskan melakukan reset. Cara mereset WiFi IndiHome bisa dilakukan dengan beberapa trik yang bisa dicoba secara otodidak.

Kini, proses reset tidak perlu teknisi, melainkan bisa diusahakan oleh masing-masing individu.

advertisement

Untuk melakukan reset WiFi IndiHome, dibutuhkan beberapa peralatan pendukung. Di antara peralatan tersebut yakni laptop atau  Smartphone.

Adapun cara-cara yang akan dibagikan yakni mengacu pada WiFi 4G LTE yang umum digunakan yakni ZTE dan Fiberhome. Berikut ini beberapa cara yang bisa dicoba untuk melakukan reset WiFi IndiHome:

Cara Mereset Wifi IndiHome
Cara Mereset Wifi IndiHome

1.  Menyalakan Modem/ Router

Cara mereset WiFi IndiHome yang pertama yakni menyalakan modem/ router. Tekan tombol power yang tersedia sampai lampu indikatornya menyala dengan normal.

advertisement

Selanjutnya, di samping router terdapat lubang reset yang bisa ditusuk dengan menggunakan tusuk gigi dan semacamnya. Lakukan penekanan selama beberapa detik pada lubang reset hingga terdengar bunyi klik.

2.  Menekan Tombol Reset

Cara Mereset Wifi IndiHome yang kedua dengan menekan tombol reset. Jika modem sudah menyala, selanjutnya lakukan reset dengan cara ditekan. Pasalnya, tombol reset pada modem IndiHome yang sudah 4G LTE berbentuk lubang.

Dibutuhkan alat, berupa peniti kecil, jarum pentul, atau pun tusuk gigi. Lakukan dengan cara menekannya beberapa detik sampai lampu indikatornya mati semua. Selanjutnya, lepaskan tombol reset, jika router sudah berhasil menyala kembali (restart).

advertisement

3.  Menyalakan Ulang

Cara Mereset Wifi IndiHome selanjutnya, cobalah untuk menyalakan kembali modem yang ingin direset. Pastikan router dan  lampu indikator semuanya menyala dengan normal.

Secara normal, lampu indikator yang menyala, yaitu Internet, Power, Wifi, PON, dan lampu lainnya. Selanjutnya, dibutuhkan koneksi internet dalam melakukan reset WiFi IndiHome.

4.  Membuka Browser

Setelah melakukan cara mereset WiFi IndiHome di atas, selanjutnya terdapat tahapan lainnya yang harus dilakukan. Aktifkan WiFi, lalu bukalah browser pada laptop maupun Smartphone yang digunakan.

Bacaan Lainnya
advertisement

Pastikan koneksi jaringannya bagus, guna menunjang kelancaran dalam melakukan tata reset WiFi.

Baca juga: 7 Aplikasi Wajah Mirip Artis Terbaik di Android

5.  Login di Bagian Dashboard Admin

Tahapan selanjutnya, lakukan login pada bagian dashboard admin. Masukkan username serta password yang digunakan user/ admin.

advertisement

Di bagian bawah router biasanya tertulis username dan password bawaan suatu WiFi. Pada WiFi IndiHome ZTE,  login dilakukan dengan cara memasukkan alamat IP (192.168.1.1), pada browser yang digunakan. Selanjutnya, gantilah nama dan password sesuai yang diinginkan.

Baca juga: 6 Cara Setting Router Lewat HP secara Manual di Rumah

6.  Lakukan Pengaturan yang Tepat

Setelah berhasil mengganti password, cobalah logout dan masuk kembali menggunakan password baru. Cobalah buka menu setting guna mengatur beberapa pengaturan terkait WiFi.

advertisement

Untuk mengganti nama WiFi, bisa masuk ke bagian menu Networkà SSID Settingsà SSID Name. Selanjutnya, nama WiFi bisa diganti sesuai yang diinginkan.

Ketika berhasil mengatur nama WiFi, secara otomatis WiFi akan terputus. Selanjutnya, bisa disambungkan kembali WiFi dengan nama yang sudah diganti. Jika tahapan di atas sudah dilakukan, selanjutnya WiFi IndiHome bisa digunakan kembali.

Demikianlah ulasan singkat terkait cara mereset WiFi IndiHome yang bisa dicoba tanpa bantuan teknisi. Melakukannya secara mandiri, sebagai salah satu langkah untuk bisa belajar dan meningkatkan pengalaman.

advertisement

Namun, jika dirasa kebingungan dan ragu untuk mencobanya, bisa manfaatkan layanan jasa dari teknisi yang sudah ahli. Hal ini sebagai alternatif agar tidak menimbulkan masalah lain pada WiFi IndiHome yang digunakan. Selamat mencoba!

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *