6 Cara Setting Router Lewat HP secara Manual di Rumah

  • Whatsapp
6 Cara Setting Router Lewat HP secara Manual di Rumah
6 Cara Setting Router Lewat HP secara Manual di Rumah

Cara Setting Router Lewat HP secara Manual di Rumah – Keberadaan WiFi memang semakin dibutuhkan dalam berbagai tempat, mulai dari lembaga pendidikan, tempat kerja, hingga rumah masing-masing.

Pada masa pandemi, dapat ditemukan masyarakat yang memutuskan untuk memasang router WiFi di rumah kesayangan. Bahkan tidak sedikit pula orang yang semakin mencari tahu cara setting router lewat HP karena dianggap lebih sederhana.

Pada umumnya, setting router WiFi memang dilakukan dengan bantuan media PC atau komputer tertentu yang disediakan oleh para profesional.

advertisement

Padahal sebenarnya setting router tersebut dapat dilakukan dengan cara manual yang lebih mudah, yaitu melalui handphone. Untuk memenuhi rasa ingin tahu, simak ulasan berikut:

Cara Setting Router Lewat HP
Cara Setting Router Lewat HP

1. Memastikan Router Telah Menyala

Cara Setting Router Lewat HP yang pertama adalah memiliki router WiFi pribadi di rumah masing-masing memang memberikan kelebihan berupa akses internet yang lebih hemat dan terjamin.

Jika sudah menentukan dan mendapatkan router WiFi yang diinginkan dari jasa profesional tertentu, maka router bisa segera dipasang. Siapkan tempat yang diinginkan untuk router namun tidak mengganggu aktivitas-aktivitas lainnya di rumah.

advertisement

Usahakan untuk meletakkan router pada posisi yang tinggi untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan terjadi dan merusak router WiFi.

Selain itu, pastikan posisi router memang dekat dengan posisi pusat aliran listrik yang memang sudah ada di rumah. Setelah itu, segera pasang router WiFi kemudian tekan tombol tertentu untuk menyalakan router.

2. Menyambungkan HP dengan WiFi yang Akan Diatur

Jika router WiFi sudah dipastikan terpasang dengan tepat dan sudah menyala, maka langkah kedua ini berfokus pada handphone.

advertisement

Cara setting router lewat HP ini sebaiknya dilakukan pada HP yang memang dalam kondisi baik dan baterai yang aman. Melalui Android, buka Settings dan temukan menu yang berhubungan dengan Network atau Internet.

Setelah menu tersebut ditemukan, maka pilih sub menu Hotspot and Tethering kemudian tekan pilihan yang bernama Portable Hotspot.

Jika HP yang digunakan adalah iPhone, maka setelah Settings, dapat secara langsung menekan menu Personal Hotspot. Kemudian pastikan bahwa jaringan WiFi yang dipilih memang sesuai dengan router yang akan diatur.

Bacaan Lainnya
advertisement

3. Menentukan Nama Jaringan yang Diinginkan

Cara Setting Router Lewat HP yang ketiga, pada HP Android, dapat memilih menu lanjutan yang bernama Configure Hotspot kemudian melakukan pengaturan nama jaringan yang diinginkan.

Sedangkan pada HP iPhone, harus dipastikan bahwa koneksi Bluetooth pada HP berada dalam keadaan mati. Setelah itu, dapat melakukan setting nama jaringan WiFi sesuai dengan nama yang direncanakan.

4. Melakukan Log In Melalui Browser Tertentu

Langkah selanjutnya untuk melakukan pengaturan mengenai Cara Setting Router Lewat HP adalah dengan memanfaatkan aplikasi browser yang tersedia.

advertisement

Gunakan browser yang memang biasanya dimanfaatkan sehari-hari untuk memperlancar proses log in dan pengaturan. Kemudian tulis alamat Internet Protocol pada browser dengan teliti dan pastikan tidak ada kesalahan angka kemudian lakukan log in.

Baca juga: Cara Mengganti Nama Facebook yang Sudah Tidak Bisa Diganti

5. Mengatur Username dan Password yang Lama

Setelah log in jaringan WiFi dapat dilakukan dengan lancar, maka hal yang seharusnya dilakukan selanjutnya adalah memperbarui username dan password.

advertisement

Hal ini merupakan hal yang penting untuk menjaga keamanan dari jaringan WiFi yang telah dimiliki di rumah masing-masing. Selain itu, gunakan username dan password baru yang sesuai dengan kesepakatan bersama.

Baca juga: 5 Aplikasi Desain Spanduk Online Terbaik 2021

6. Mengubah Pengaturan-Pengaturan Lainnya

Melakukan setting router melalui HP masing-masing tepatnya melalui bantuan browser juga dapat dimanfaatkan selain dalam memperbarui username dan password.

advertisement

Masih melalui browser yang sama, lakukan pengaturan pembatasan pengguna WiFi sesuai dengan keinginan. Pembatasan tersebut dapat dilakukan melalui bantuan menu Network kemudian Maximum Clients setelah berhasil log in.

Memiliki router WiFi pribadi di rumah masing-masing bisa dikatakan sebagai idaman dari sebagian masyarakat Indonesia pada masa pandemi.

Ditambah lagi, dapat mempraktikkan cara setting router lewat HP sesuai yang dijelaskan di atas dengan tepat. Hal ini selain dapat menghemat biaya juga tidak menghabiskan waktu yang tidak cukup lama.

advertisement

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *