5 Cara Mengatasi Telegram Tidak Bisa Dibuka Paling Cepat

Telegram tidak bisa dibuka

Telegram tidak bisa dibuka tentu mempunyai penyebab. Karenanya kamu harus mengetahui penyebabnya terlebih dahulu sebelum mengatasinya.

Telegram merupakan salah satu apliksi chat yang saat ini telah banyak digunakan. Selain itu Telegram termasuk aplikasi chat yang fokus pada keamanan dan kecepatan. Yang mana Telegram dipercaya sebagai aplikasi yang terbilang cukup sederhana, sementara tingkat keamanannya lebih tinggi.

Cara Mengatasi Telegram Tidak Bisa Dibuka

Aplikasi Telegram bisa kamu gunakan secara grartis dan tanpa iklan. Akan tetapi, walaupun mempunyai banyak keunggulan, terkadang ada masanya Telegram tidak bisa dibuka. Tentu saja ini menjadi peermasalahan khusus bagi kamu sebagai pengguna.

Berikut ini beberapa cara mengatasi Telegram tidak bisa dibuka yang harus kamu ketahui.

1. Memastikan Koneksi Internet Sudah Stabil

Cara pertama untuk mengatasi akun Telegram yang sulit dibuka adalah dengan memastikan akses internet yang akan digunakan sudah stabil.

Apabila terjadi permasalahan terkait internet, berikut beberapa hal yang dapat kamu lakuklan.

  • Aktifkan data seluler atau jaringan internet. Kemudian setelah aktif kamu perlu menonaktifkannya terlebih dahulu dan segera aktifkan kembali
  • Setelah itu lihatlah indikator pada jaringan (contohnya 3G, 2G, H, atau 4G). Indikator tersebut memperlihatkan kecepatan dan kekuatan jaringan internet pada ponsel yang kamu gunakan
  • Apabila masih saja bermasalah, coba aktifkan mode pesawat pada ponsel dalam beberapa menit. Setelah itu nonaktifkan mode tersebut dan lihat apakah indikator jaringan di ponselmu sudah berubah.

2. Update Aplikasi Telegram

Salah satu cara mengatasi Telegram tidak bisa dibuka ialah dengan melakukan update aplikasi Telegram tersebut di Google Play Store. Dengan begitu performa dan stabilitas aplikasi saat digunakan akan meningkat.

Tidak hanya itu saja terkadang update aplikasi terdapat penambahan layanan dan fitur terbaru sehingga akan lebih maksimal saat aplikasi telah dijalankan. Karena itulah bila kamu belum melakukan update, segera lakukan pembaruan aplikasi saat menemukan kendala semacam Telegram tidak bisa dibuka.
Berikut beberapa cara yang bisa diolakukan.

  • Membuka aplikasi Google Play Store
  • Kemudian Searching aplikasi Telegram
  • Setelah itu lakukan “Update” dan tunggulah hingga beberapa saat hingga pembaruan selesai

3. Bersihkan Cache Aplikasi

Cara mengatasi Telegram tidak bisa dibuka selanjutnya adalah dengan membersihkan cache aplikasi. Meskipun ada yang mempercayai cache dapat mempercepat saat penggunaan aplikasi atau saat membuka fitur tersebut, tetapi kebanyakan cache juga dapat menyebabkan aplikasi sulit dibuka.


Jumlah cache yang semakin menumpuk akan menyebabkan memori internet smartphone menjadi semakin berat.
Apabila kamu ingin membersihkan cache, berikut beberapa langkah yang dapat kamu lakukan.

  • Membuka menu “Pengaturan”
  • Kemudian buka “Aplikasi & notifikasi” lalu klik “Aplikasi”
  • Kamu dapat memilih “Aplikasi Telegram”
  • Setelah itu akan muncul informasi mengenai aplikasi Telegram dan kamu perlu memilih bagian “Penyimpanan”
  • Pilih opsi “Hapus Tembolok” atau “Bersihkan Cache” untuk menghapus file sampah ataupun cache di aplikasi Telegram
  • Terakhir klik “OK” sebagai konfirmasi

Perlu diingat kalau setiap smartphone mempunyai cara pembersihkan cache yang berbeda-beda. Karenamnya kamu hanya perlu menyesuaikan dengan merek ponsel yang dimiliki untuk membersihkan cache pada aplikasinya.

Baca Juga: 5 Cara Daftar Telehram dengan Nomor HP Termudah dan Gratis!

4. Menghapus Data dari Aplikasi Telegram

Apabila aplikasi Telegram tidak bisa dibuka dan masih tidak bisa digunakan setelah cache dibersihkan. kamu masih bisa melakukan cara lainnya yaitu dengan membersihkan data aplikasi.

Tertkadang memang bisa terjadi permasalahan error yang menyebabkan aplikasi Telegram susah digunakan. OLeh sebab itulah dengan membersihkan data aplikasi Telegram semua pengaturan dan preferensi Telegram akan terhapus, termasuk cokies, cache, data login, dan lain sebagainya. Akan tetapi kamu tidak perlu khawatir, karena nantinya kamu tetap bisa login dengan nomor yang sama. Berikut beberapa langklah yang dapat kamu lakukan.

  • Langkah pertama buka “Pengaturan” kemudian pilih bagian “Aplikasi & notifikasi” dan lanjutkan pilih “Aplikasi”
  • Setelah itu pilih aplikasi yang dituju, dalam hal ini tap “Telegram”
  • Kemudian kamu bisa melihat informasi aplikasi telegram, lalu pilih “Penyimpanan” dan “Kelola ruang”
  • Klik lagi “Hapus Pangkalan Data Local” untuk bisa menghapus data aplikasi Telegram
  • Setelah itu klik “Hapus” untuk melakukan konfirmasi penghapusan.
  • Tunggulah beberapa saat hingga proses penghapusan selesai

Apabila kamu sudah selesai melakukan pembersihan data aplikasi, lakukanlah login kembali dengan nomor yang sama. Dengan begitu Telegram secara otomatis akan mengirimkan kode verifikasi melalui SMS ke nomor telepon yang sudah terdaftar.

Setelah kamu selesai login,. nantinya grup ataupun channel yang kamu ikuti akan terlihat kembali. Bahkan, pesan Telegram yang sebelumnya juga akan kembali terlihat karena semua data Telegram sudah tersimpan di cloud.

Baca Juga: 5 Cara Menghilangkan Online di Telegram Terbaru dan Termudah

5. Melakukan Restart Ponsel

cara selanjutnya untuk mengatasi Telegram tidak bisa dibuka adalah dengan melakukan restart ponsel. Langkah ini cukup bisa diandalkan saat kamu kesulitan membuka aplikasi Telegram.

Dengan melakukan restart ponsel. secara otomatis perangkat akan direboot ulang sehingga sistem di dalamnya akan lebih optimal saat digunakan.
Hal tersebut biasanya dikarenakan aplikasi yang eror terjadi akibat kinerja sistem ponsel yang tidak maksimal.

Nah, itulah beberapa cara mengatasi Telegram tidak bisa dibuka yang dapat kamu lakukan. Apabila masih saja belum dapat diakses dengan mudah kamu bisa melakukan instal ulang aplikasi. Semoga dengan begitu kamu dapat mengunakan aplikasi Telegram dengan lebih baik lagi. Akan tetapi bila kamu membutuhkan referensi lainya terkait teknologi dan aplikasi silakan kunjungi sanepo.com sekarang juga!