4 Cara Mengatasi Rasa Malas Belajar yang Sangat Menantang

  • Whatsapp
Cara Mengatasi Rasa Malas

Cara mengatasi rasa malas belajar cukup menantang untuk dilakukan. Rasa malas memang kerap kali datang dengan berbagai macam alasan yang menyertainya.

Namun demikian, tidak berarti kamu harus selalu menuruti rasa malas tersebut. Sebab jika kamu terus-terusan memanjakannya maka rasa malas itu akan berubah menjadi suatu kebiasaan.

Dengan begitulah rasa malas akan mengganggu aktivitas belajarmu. Tanpa kamu sadari, hal tersebut pasti akan sangat merugikanmu di kemudian hari. Oleh karenanya kamu perlu mewaspadai rasa malas yang tiba-tiba mengecoh semangatmu.

advertisement

Cara Mengatasi Rasa Malas Belajar yang Gampang

Tidak sedikit orang yang berpikir untuk menjadi yang terbaik di kelasnya. Sayangnya tidak semuanya bisa mewujudkan keinginan tersebut karena kurangnya perhatian dalam kegiatan belajar.

Mungkin kamu juga pernah berpikir apa yang semestinya dilakukan ketika tiba-tiba dilanda rasa malas. Kamu tidak perlu merasa cemas karena ada beberapa tips termudah yang dapat kamu terapkan untuk mengatasinya. Check it out!

1. Kerjakan Tugasmu Sekarang Juga

Apabila kamu memiliki banyak tugas yang harus diselesaikan, sebaiknya jangan menunda sampai kamu merasa siap. Kamu harus segera menyelesaikannya walaupun deadline yang menanti masih cukup lama.

advertisement

Hindari mengandalkan hari esok atau waktu berikutnya sampai benar-benar terdesak. Sebab hal tersebut akan membuatmu merasa tertekan ketika tidak mampu mengatasinya dalam satu waktu.

Jika memang demikian, pastinya kamu akan menjadi malas dan enggan untuk menyelesaikannya. Karena itulah kamu harus segera mengerjakan tugas tersebut sekarang juga selagi pikiranmu masih jernih. Dengan begitulah kamu tidak akan cepat merasa lelah.

2. Kenali Alasan dan Dampak dari Rasa Malasmu

Cara mengatasi rasa malas yang perlu kamu perhatikan yakni dengan mengenali dan memahami alasan dan dampak dari rasa malas itu. Tanyakan pada dirimu sendiri mengapa kamu malas sekali untuk belajar.

advertisement

Setelah itu ketahuilah dampak negatif yang akan kamu peroleh ketika terus-terusan menuruti rasa malas tersebut. Mungkin kedua hal tersebut tidak terlihat penting, tapi tanpa disadari hal-hal sepele dan sederhana seperti ini juga turut menentukan keberhasilanmu lho!

Dengan kamu mengetahui berbagai alasan yang menjadikanmu malas sekali belajar, kamu akan lebih gampang menemukan solusi untuk mengurangi dan mengatasi rasa malas tersebut.

3. Membuat jadwal

Cara mengatasi rasa malas yang selanjutnya akan menantang kedisiplinanmu. Proses yang diperlukan untuk membiasakan diri mengatasi rasa malas memang susah-susah gampang.

advertisement

Bahkan setiap orang memiliki trik yang berbeda dalam mengatasi masalah ini. Akan tetapi salah satu hal yang bisa kamu coba yaitu dengan membuat jadwal kapan kamu harus sedikit bersantai dan kapan waktunya kamu harus rajin belajar.

Kamu perlu menetapkan waktu-waktu tertentu untuk membiarkan tubuhmu rileks dan berhenti dalam beberapa saat dari segala kepenatan yang dirasakan saat kamu belajar. Sesekali kamu dapat menghibur diri sendiri dan melakukan hal yang menyenangkan.

Selain itu kamu juga harus mengikuti jadwal yang telah dibuat dengan rutin. Jadi mulai sekarang cobalah untuk membuat jadwal belajar itu sehingga kamu tidak kebanyakan membuang-buang waktu dengan bersantai. Karena dengan begitulah kamu akan mengetahui target belajarmu dengan benar.

advertisement

4. Mencari Hal Positif yang Dapat Meningkatkan Semangat Belajar

Kamu perlu mencoba untuk mencari berbagai hal positif yang dapat membantumu lebih semangat belajar. Hal ini adalah salah satu cara mengatasi malas belajar yang cukup menantang.

Sebab hal-hal positif yang kamu ketahui tersebut biasanya akan mengurangi rasa malas. Hal ini dikarenakan kamu telah termotivasi sehingga pikiranmu dipenuhi dengan berbagai hal yang bernilai baik.

Dengan begitulah kamu akan lebih gampang mengalahkan rasa malas yang mengganggu. Kamu dapat mencari hal-hal positif itu terlebih dahulu sebelum belajar. Salah satu yang dapat dicoba yaitu dengan menonton video inspirasi.

advertisement

Kamu bisa menonton perjalanan hidup orang lain yang dapat meraih kesuksesan berkat kerja kerasnya. Atau kamu dapat melihat video renungan yang sesuai dengan penyebab kemalasanmu kali itu.

Dengan begitu kamu akan lebih tersadar bahwa menuruti rasa malas bukanlah perkara yang baik. Sebab tanpa usaha yang maksimal, ‘perubahan’ dan ‘perbaikan’ yang kamu inginkan tidak akan terwujud dengan mudah.

Pada awalnya mungkin beberapa cara mengatasi rasa malas belajar ini terkesan sulit. Akan tetapi bila kamu mau mencobanya, maka tidak menutup kemungkinan kamu akan berhasil mengalahkan rasa malas tersebut dengan proses yang cepat. Jadi jangan ragu untuk mencobanya, ya! Dan jangan lupa untuk selalu membaca artikel terbaru dari sanepo agar hari-harimu lebih bersemangat.

advertisement

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *