Cara Mengatasi Hotspot Tidak Tersambung di Perangkat Lain

  • Whatsapp
Cara Mengatasi Hotspot Tidak Tersambung di Perangkat Lain
Cara Mengatasi Hotspot Tidak Tersambung di Perangkat Lain

Cara Mengatasi Hotspot Tidak Tersambung di Perangkat Lain – Pernahkah Anda mengalami trouble pada saat menyambungkan hotspot pada perangkat lain? Misalnya saja hotspot mendadak tidak bisa tersambung.

Jika Anda pernah mengalami kendala ini, coba ikuti cara mengatasi hotspot tidak tersambung di perangkat lain dalam artikel ini.

Bacaan Lainnya

Mengatasi Hotspot Pribadi Tidak Terdeteksi

Masalah yang paling sering terjadi yakni hotspot tidak dapat terhubung, padahal setting hotspot sudah dalam posisi ON. Kenapa ini bisa terjadi? Tentu ada beberapa penyebab yang harus diatasi secara tepat.

Jangan buru-buru membawanya ke tukang service, ada baiknya Anda harus tahu dulu cara  mengatasi hotspot tidak tersambung di perangkat lain berikut ini:

1. Cek Kuota Internet

Hotspot dapat terhubung dengan perangkat lain jika ada internet kuota di data seluler milik Anda. Untuk itu, Anda perlu memeriksa apakah kuota internet Anda masih ada.

Jika kuota internet habis, tentu saja Anda tidak bisa melakukan koneksi tethering hotspot ke perangkat lain. Selain kuota, Anda juga harus memastikan bahwa sinyal harus kuat.

2. Restart Perangkat

Cara ini juga berlaku ketika Anda menyalakan hotspot namun tidak bisa connect dengan perangkat lain. Bisa jadi, sistem perangkat terkadang mengalami error.

Sehingga Anda harus memulai ulang perangkat Anda dengan cara melakukan restart.

3. Ganti Kata Sandi dan Nama Hotspot

Cara lain yang bisa Anda coba adalah dengan mengganti hotspot dari kata sandi yang lama dengan kata sandi yang baru.

Untuk mengaturnya, bukalah pengaturan lalu ketuk network dan internet, pilih Wifi, kemudian ganti bagian nama hotspot dan password hotspot.

Penyebab perangkat lain tidak terhubung dengan jaringan Wifi Anda, biasanya karena lupa masih menggunakan hotspot yang tertaut dengan kata sandi atau password yang lama.

Mintalah pengguna perangkat lain untuk mengganti dengan kata sandi yang baru.

4. Hotspot Melalui Bluetooth

Jika dengan cara sebelumnya masalah koneksi hotspot belum dapat teratasi, maka Anda boleh mencoba melalui cara sambungan bluetooth.

Mungkin, bagi sebagian belum tahu jika ternyata hotspot juga bisa disambungkan melalui bluetooth.

Langkah yang harus dilakukan adalah mengaktifkan bluetooth dan data seluler pada perangkat yang meminta koneksi internet.

Bukalah pengaturan, ketuk menu penambatan dan hotspot, centang di bagian penambatan bluetooth, ketuk nama wifi, centang pada akses internet

Mengatasi Hotspot iPhone yang Tidak Terhubung pada Windows 10

Selain pada perangkat, hotspot pribadi juga dapat dihubungkan ke komputer. Anda dapat menghubungkannya dengan beberapa cara. Ikuti beberapa langkah agar hotspot dapat terhubung dengan laptop berikut ini:

1. Hapus Hotspot dan Hubungkan Ulang

Cara ini cukup sederhana, pertama ketuk ikon Wifi di laptop Windows 10 Anda. Kemudian, temukan nama hotspot perangkat iPhone. Lalu, ketuk kanan pada nama hotspot tersebut. Biasanya, akan muncul beberapa pilihan.

Pilih “forget network”, kemudian komputer akan menghapus kata sandi untuk jaringan itu. Silahkan, mulai mencoba untuk menghubungkan kembali pada hotspot yang tadi dengan cara memasukkan kata sandi ulang.

2. Cek Network Troubleshooter

Pada Windows 10, memiliki pemecah masalah pada jaringan yang bisa mendeteksi letak masalah “tidak dapat terhubungnya hotspot”. Caranya, tekan bersamaan Windows + I kemudian menu pengaturan akan terbuka.

Setelah terbuka, ketuk pada “jaringan & internet”. Setelah itu, pilih “status” lalu geser ke bawah sedikit dan temukan “network troubleshooter” lalu tekan.

Kemudian, ikuti instruksi yang diberikan di layar. Dengan ini, Windows 10 akan menawarkan solusi jika mendeteksi adanya kesalahan.

Baca juga: Arti Kata Prone di FF: Ini Dia Arti Sebenarnya!

3. Ganti Nama Perangkat iPhone

Terkadang, Windows tidak dapat mendeteksi nama perangkat iPhone. Biasanya, perangkat masih menggunakan nama karakter non-ASCII. Hal ini dapat diatasi dengan mengganti nama perangkat pada iPhone.

Bukalah pengaturan, kemudian pilih “general” lalu ketuk “tentang”. Jika sudah, ketuk di bagian nama dan ubahlah menggunakan nama baru.

Gunakan huruf dan juga angka untuk menamai perangkat. Setelah berhasil mengubah nama, coba untuk menyambungkan hotspot secara ulang.

Baca juga: Cara Mendapatkan Uang di Aplikasi ClipClaps dengan Mudah

4. Restart dan Ganti Kata Sandi

Cara lainnya, yaitu dengan memulai ulang (restart) perangkat untuk memperbarui sistem. Cobalah untuk mulai ulang iPhone dan juga Windows 10. Setelah dua perangkat tersebut reboot, coba untuk sambungkan ulang hotspot.

Cara mengatasi hotspot tidak tersambung di perangkat lain telah dijelaskan dalam beberapa langkah sederhana. Jika semua langkah tidak bisa bekerja dengan baik, kemungkinan ada masalah dalam mesin atau software di dalamnya. 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *