Banyak yang Bingung, Begini Cara Melihat Jadwal Pelatihan Prakerja

  • Whatsapp
Begini Cara Melihat Jadwal Pelatihan Prakerja
Begini Cara Melihat Jadwal Pelatihan Prakerja

Cara Melihat Jadwal Pelatihan Prakerja – Prakerja merupakan layanan dari pemerintah terhadap para pencari kerja dengan menyediakan program pelatihan bagi calon pekerja untuk mengembangkan keterampilan mereka. Pada artikel ini Anda akan mengetahui cara mengecek status hingga cara melihat jadwal pelatihan Prakerja.

Perlu digaris bawahi untuk jangan menyebarkan nomor Prakerja Anda kepada orang lain agar tidak ada kemungkinan disalahgunakan. Hal ini dikarenakan nomor tersebut akan Anda pakai untuk mendaftar, membeli pelatihan dan mencairkan insentif pasca pelatihan.

Bacaan Lainnya

Cara Mengetahui Lolos atau Tidak Prakerja

Bagi Anda yang mendaftarkan diri dalam seleksi Kartu Prakerja mungkin masih belum mengerti terkait cara mengetahui apakah Anda dinyatakan lolos atau tidak. Terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengetahui status pendaftaran Anda, antara lain:

1. Melalui SMS

Biasanya peserta yang lolos seleksi Prakerja akan mendapatkan SMS notifikasi berupa pengumuman. SMS ini disampaikan melalui nomor telepon yang  Anda daftarkan saat membuat akun Prakerja. Pastikan nomor yang Anda daftarkan valid dan masih aktif.

2. Melalui Dashboard

Jika Anda tak sabar menanti SMS, maka Anda dapat segera mengecek status kelolosan Anda melalui laman resmi pendaftaran Kartu Prakerja www.prakerja.go.id. Lakukan login terlebih dahulu dan cek notifikasinya.

Baca juga: Sering Bingung, Kenapa Army disebut Fandom Toxic?

Cara Membeli Pelatihan

Setelah dinyatakan lolos dan mendapatkan nomor identitas Prakerja, maka Anda dapat mencairkan dana tersebut untuk mengikuti pelatihan sesuai dengan minat dan bakat Anda. Sebelum menuju ke cara melihat jadwal pelatihan Prakerja, ada beberapa langkah yang wajib Anda lakukan.

  1. Pastikan dan cek jumlah dana pelatihan yang Anda dapatkan melalui dashboard Prakerja
  2. Sebelum memutuskan untuk membeli pelatihan, tonton dahulu video tentang Prakerja yang dapat Anda temukan di dashboard
  3. Mencari informasi pelatihan di berbagai mitra penyelenggara Prakerja sesuai dengan jumlah dana yang Anda dapatkan. Kemudian pilih pelatihan yang sesuai dengan kebutuhan Anda
  4. Beli dan bayar pelatihan tersebut dengan mengisi nomor identitas Prakerja Anda. Batas waktu pembelian adalah 30 hari setelah menerima notifikasi lolos seleksi Prakerja.
  5. Usahakan beli pelatihan Anda dalam kurun waktu tersebut agar status kepesertaan Anda tidak terancam dicabut. Jika Anda sudah terdaftar sebagai peserta pelatihan, maka pastikan bahwa Anda tahu cara melihat jadwal pelatihan Prakerja.

Baca juga: Apa Arti BBG di RP Telegram? Jadi Begini Penjelasannya

Cara Melihat Jadwal Pelatihan Prakerja

Cara Melihat Jadwal Pelatihan Prakerja
Cara Melihat Jadwal Pelatihan Prakerja

Setelah berhasil membeli pelatihan, pastikan Anda menyelesaikannya pada rentang waktu yang telah ditetapkan oleh penyedia pelatihan sesuai jadwal yang disediakan. Hal ini perlu dilakukan demi memastikan Anda dapat mengklaim sertifikat dan uang insentif pasca pelatihan.

Bentuk pelatihan biasanya berupa konten video pembelajaran yang dapat Anda ikuti secara self-pace atau dapat diikuti kapanpun dan dimanapun. Adapun cara melihat jadwal pelatihan Prakerja ialah sebagai berikut:

  1. Buka menu drop-down “Pelatihan Saya” pada dashboard Prakerja untuk mengetahui berbagai informasi tentang pelatihan yang akan Anda ikuti
  2. Selanjutnya menuju ke situs pelatihan sesuai pilihan dan cek email Anda
  3. Ketuk link atau tautan penukaran untuk masuk ke situs pemberi pelatihan atau mitra Prakerja
  4. Masuk atau Daftar akun Anda pada website pelatihan tersebut
  5. Tukar voucher dari platform pelatihan yang sudah dibeli, selanjutnya akan muncul informasi kelas yang akan Anda ikuti
  6. Ketuk kelas tersebut dan lihat jadwal dan materi–materi yang tersedia. Selanjutnya, Anda hanya perlu mempelajari materi dan menyelesaikan pelatihan sebelum waktu habis.

Dengan mengikuti cara melihat jadwal pelatihan Prakerja, diharapkan Anda dapat lebih mudah dalam melakukan kegiatan ini. Manfaatkan fasilitas yang ada untuk meningkatkan potensi diri supaya lebih siap saat memasuki dunia kerja nantinya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *