Cara Cek Refresh Rate Layar HP Semua Tipe dengan Mudah

  • Whatsapp
Cara Cek Refresh Rate Layar HP Semua Tipe dengan Mudah
Cara Cek Refresh Rate Layar HP Semua Tipe dengan Mudah

Cara cek refresh rate layar hp – Semua tipe HP termasuk Samsung, Xiaomi, OPPO, vivo, realme, Infinix, iPhone, Advan dan merk lainnya pasti memiliki refresh rate masing masing.

Keaneka ragaman HP kini membuat banyak orang merasa bingung dalam memilih HP, karena memang kebutuhan seseorang memang berbeda.

Bacaan Lainnya

Ada yang mementingkan ram untuk multitasking, ada yang mementingkan kamera untuk berfoto, ada juga yang mementingkan hal lain salah satunya adalah refresh rate sebuah HP demi kenyamanan mata.

Maka dari itu pada kesempatan kali ini Admin Sanepo akan memberikan informasi terkait dengan cara cek refresh rate layar hp yang mungkin Anda belum tahu.

Refresh Rate Layar HP

Refresh Rate merupakan sebuah jumlah frame atau gambar yang bisa diambil dalam setiap detiknya, semakin tinggi refresh rate tersebut maka akan semakin halus tampilan tersebut.

Sama halnya dengan refresh rate sebuah HP, mungkin Anda pernah merasakan saat HP Anda dulu entah sekarang mengalami lag, Pasti akan terasa kasar dalam segi transisi atau saat scroll.

Nah itu menandakan pada saat itu refresh rate HP Anda rendah, yang menyebabkan tampilan layar terasa “grak-grek” yang jelas kurang nyaman saat dipandang.

Pada umumnya, refresh rate hp Android dan iOS di kelas menengah kebawah memiliki rentan refresh rate antara 30Hz-60Hz, yang mana itu sudah enak untuk dipandang.

Baca juga: 1 Panggilan Tak Terjawab Shopee: Begini Penjelasannya

Akan tetapi dizaman sekarang ini HP dengan kelas menengah keatas juga sudah memiliki rentan refresh rate antara 60Hz-120Hz yang mana itu sudah sangat halus sekali.

Akan tetapi perkembangan zaman semakin pesat, membuat teknologi semakin mudah untuk dikenal, lalu bagaimana cara cek refresh rate layar hp? Simak ulasan berikut ini.

Cara Cek Refresh Rate Layar HP

Jika saat ini Anda memiliki HP Android, dan Anda tidak tahu sebenarnya refresh rate maksimal di hp Anda itu berapa Anda bisa melakukan cara ini untuk memeriksanya.

  1. Pastikan Anda sudah memiliki Aplikasi Screen Info di Google Playstore.
  2. Setelah itu Anda bisa buka aplikasi tersebut.
  3. Saat pertama kali Anda membuka aplikasi tersebut maka akan langsung muncul info dari HP Anda.
  4. Terdapat 3 kolom yang bisa Anda periksa.
  5. Mulai dari Dimensi, Density dan Refresh Rate.
  6. Selesai.
Cara Cek Refresh Rate Layar HP
Cara Cek Refresh Rate Layar HP

Dimensi merupakan lebar layar dari tinggi sampai dengan lebar, biasanya bukan dalam bentuk inch akan tetapi lebih ke besarnya sebuah layar.

Baca juga: Cara Menghapus Akun Helo Permanen Semua Login

Density merupakan kerapatan piksel setiap 1 inch di HP Anda, density biasanya di nyatakan dalam satuan ppi (pixel per inch) yang mana dalam setiap 1 inch terdapat sebuah nilai ppi yang mempengaruhi ketajaman sebuah layar.

Untuk Refresh Rate sudah seperti yang Admin Sanepo jelaskan diatas tadi, jadi dengan menggunakan aplikasi tersebut Anda bisa memeriksa 3 poin tersebut termasuk refresh rate layar HP.

Itulah tadi informasi terkait dengan cara cek refresh rate layar hp yang dapat sanepo.com sampaikan, semoga bisa memberikan manfaat kepada Anda dan terimakasih.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *