10 Langkah Membuat Absen Menggunakan Google Classroom

Cara Membuat Absen Menggunakan Google Classroom bisa Anda lakukan dengan mudah. Google Classrom memberikan fitur ini memang salah satunya untuk menunjang proses belajar mengajar.

Banyak diantara Anda mungkin sedang mencari Cara Membuat Absen Menggunakan Google Classroom ini. Mak dari itu Admin Sanepo akan memberikah tutorial bagaimana cara Membuat Absen Menggunakan Google Classroom dengan mudah dan simpel.

Membuat Absen Menggunakan Google Classroom bisa bermanfaat bagi Anda para guru ataupun pengajar yang sedang melakukan pembelajaran secara online atau biasa di sebut dengan daring.

Di masa sekarang memang lagi banyak yang menggunakan metode daring guna untuk mematuhi aturan dari pemerintah. Sebelum masuk ke bagaimana cara Membuat Absen Menggunakan Google Classroom ini, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu fungsi dari Google Classroom sendiri.

Baca juga: GoSensi APK Terbaru FF

Fungsi dari Google Classroom

Selain berfungsi sebagai membuat absen, Google Classroom juga memiliki banyak sekali fungsi. Admin Sanepo akan coba menjelaskan beberapa fungsi dari Google Classroom yang mungkin bisa bermanfaat untuk Anda.

  • Berbagi materi pelajaran atau silabus
  • Memberikan atau mengirimkan tugas
  • Mengadakan ujian atau kuis
  • Tanya jawab secara interaktif
  • Melihat tugas mendatang lewat Google Calendar

Banyak kan? Anda bisa mengembangkan fungsi dari Google Classroom sesuai dengan kreatifitas Anda masing masing. Anda juga bisa membuat absen menggunakan Google Classroom dengan cara berikut ini.

Baca juga: Cara Daftar E-Form BRI dan Cek BLT UMKM

Cara Membuat Absen Menggunakan Google Classroom

 

Cara Membuat Absen menggunakan Google Classroom
Cara Membuat Absen menggunakan Google Classroom

Untuk menunjang kelancaran proses belajar mengajar, Anda bisa mengikuti langkah-langkah yang akan Admin Sanepo sampaikan dalam membuat Absen menggunakan Google Classroom sebagai berikut ini.

  1. Bukalah aplikasi Google Classroom yang telah Anda unduh.
  2. Pilih menu Tugas Kelas.
  3. Lalu Ketuk tanda + (plus).
  4. Silahkan pilih Pertanyaan. Anda bisa memberikan nama pertanyaan, lalu beri petunjuk.
  5. Setelah itu, pilih Poin – silahkan ganti ke tidak dinilai / upgraded, lalu simpan.
  6. Untuk bagian batas waktu, anda bisa mengaturnya sendiri.
  7. Absen bisa diisi sesuai dengan Topik atau Materi.
  8. Ganti menu Jawaban Singkat ke Pilihan Ganda di bagian bawah.
  9. Pada bagian Opsi 1 silahkan ganti Hadir.
  10. Matikan slide pada siswa dapat melihat ringkasan kelas. Lalu silahkan Ketuk post di bagian kanan atas.

Sangat mudah bukan? sebenarnya ini merupakan fitur kuis di Google Classroom namun bisa dikembangkan menjadi fitur absen yang sederhana tapi tertarget. Tunjukkan kreatifitas Anda dalam mengembangkan fitur dari Google Classroom ini untuk menunjang pekerjaan Anda.

Baca juga: Filter IG Masker Hitam

Penutup

Itulah tadi informasi tentang Cara Membuat Absen menggunakan Google Classroom yang dapat Admin Sanepo sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga bisa memberikan manfaat kepada Anda khususnya yang sedang mencari Cara Membuat Absen menggunakan Google Classroom tersebut, sekian dan terimakasih!

Tinggalkan komentar

close